Taman Sungai Mudal Jogja: Kedamaian Air Terjun dan Sungai yang Mengalir Tenang

Apa yang terbersit ketika membicarakan Taman Sungai Mudal Jatimulyo Kulon Progo? Apa sih yang dimaksud dengan taman sungai ini? Taman Sungai Mudal adalah sebuah tempat yang pantas untuk menggambarkan surga dunia. Berupa sebuah taman yang masih sangat alami terdapat di balik hutan dan perbukitan dan digenapi oleh air terjun-air terjun dibeberapa bagian serta sungai yang mengalir dari hulu ke hilir.

Taman Sungai Mudal Girimulyo sudah terkenal keindahannya di seantero Jogja. Meski berada di kawasan yang gersang, nyatanya Taman Sungai Mudal jatimulyo girimulyo ada dan menjadi penyegar bersama dengan wisata air terjun lainnya yaitu Kembang Soka, Kedung Pedut, dan Air Terjun Setawing.

Penasaran seperti apa kecantikan sungai taman mudal progo? Simak dibawah ini.

taman sungai mudal jogja

photo by @rafirss

Pesona Panorama Ekowisata Taman Sungai Mudal

Apa yang menarik dari wisata ini adalah dirinya sendiri. Di sepanjang aliran sungai yang mengalir dari atas ke bawah dijadikan lokasi wisata. Seperti Air Terjun Kedung Pedut saudaranya, wisata Taman Sungai Mudal tentu memiliki kolam-kolam yang terbentuk secara alami. Kolam-kolam taman air sungai mudal ini kemudian dipercantik dengan jembatan-jembatan bambu dan kayu-kayu di bagian pinggir kolam sehingga bisa dipakai untuk duduk menikmati pemandangan.

Dari pintu masuknya saja anda sudah bisa bertemu dengan kolam wisata alam taman sungai mudal. Semakin masuk ke dalam anda akan menemukan air terjun-air terjun kecil hingga air terjun utama dan tentu kolam-kolam lainnya.

taman sungai mudal jogja

photo by @tamansungaimudal

Jika anda ingin berenang tinggal pilih saja kolam di taman sungai mudal girimulyo kulon progo. Ada juga yang tersembunyi di balik pepohonan sehingga sangat cocok untuk tema berendam di sungai tropis. Kedalaman taman sungai mudal kolamnya berbeda-beda. Ada yang cocok untuk anak-anak dan ada juga yang cukup dalam untuk orang dewasa.

Baca juga: Sweet Escape Sejenak di Wisata Kalibiru Kulon Progo

Sejarah Taman Sungai Tuk Mudal

Taman Sungai Mudal berawal dari inisiatif warga sekitar yang tadinya berasal dari kegiatan bersih desa dan bersih sungai. Warga kemudian menyadari bahwa jika mereka giat membersihkan dan mengelola sungai serta air terjun ini dapat membuka potensi wisata di Kulonprogo yang terbilang masih sedikit.

Hanya dengan sedikit sentuhan disana-sini warga berusaha menghadirkan konsep taman dan ekowisata air terjun sungai Mudal. Air di taman sungai mudal kulon progo tak pernah kering, berasal dari mata air Mudal di perbukitan dan masih digunakan untuk mengairi sawah serta konsumsi air bersih warga.

Rekomendasi: Air Terjun di Yogyakarta Terpopuler dan Tercantik

taman sungai mudal jogja

photo by @agriaryoko

Kegiatan Wisata dan Objek Wisata di Sekitar Taman Sungai Mudal

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan di wisata Taman Sungai Mudal Yogyakarta mulai dari: berenang, trekking, flying fox, river tubing, camping di taman sungai mudal, dan photo hunting. Refreshing disini pun juga cukup sederhana. Hanya dengan duduk-duduk santai di sekitar gazebo sudah bisa melepas letih.

taman sungai mudal jogja

photo by @tamansungaimudal

Seolah menghadirkan kesan rumah tarzan muncul dalam benak, panorama Taman Sungai Mudal Yogyakarta ini liar. Namun tidak hanya air terjun ini saja yang dapat anda kunjungi dalam perjalanan ke Kulon Progo. Ada yang lainnya seperti:

Artikel terkait: Tempat Wisata yang Ada di Kulon Progo (Full Day Tour ke Kulon Progo)

taman sungai mudal jogja

photo by @shanti_andria

Lokasi dan Rute Taman Sungai Mudal yang Mudah Diikuti

Kalau sudah membahas yang lain-lain sekarang saatnya anda tahu dimana lokasi dan letak persisnya Taman Sungai Mudal ini. Alamat Taman Sungai Mudal ada di Pedukuhan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Lokasi Taman Sungai Mudal tidak susah dicapai dari kota Jogja. Akses jalan menuju taman sungai mudal juga sudah baik. Dan rute Taman Sungai Mudal dari Jogja adalah sebagai berikut:

Perempatan Tugu Jogja (menuju ke barat) – Perempatan Demak Ijo di Ring road barat – Jalan Godean, lurus – Ikuti penunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo – Ambil arah jalan menuju Goa Kiskenda – Pertigaan Goa Kiskenda, lurus – Pertigaan hutan pinus belok kiri, ke arah Kokap – Anda tinggal mengikuti papan penunjuk jalan ke Taman Sungai Mudal.

Mau mudah dan cepat? Hubungi Pamitran Rental Motor Jogja untuk kebutuhan sewa mobil, motor dan bus anda. Kami menyediakan yang terbaik mulai dari sewa mobil jogja matic, sewa mobil jogja dan supir, maupun sewa mobil jogja lepas kunci.

Jika anda sedang mencari rental mobil jogja full day atau sewa mobil jogja bulanan bisa menghubungi kami. Begitu juga dengan rental motor Jogja murah dan sewa bus jogja terpercaya.

 

Biaya Masuk Taman Sungai Mudal (Harga Tiket Masuk)

Anda penasaran apakah htm tempat wisata ini mahal atau tidak, mengingat tempatnya cukup unik dan bagus? Ternyata, tiket masuk Taman Sungai Mudal masih seperti yang lainnya, murah, yaitu Rp 4.000. Selain dari tiket taman sungai mudal ada juga tiket parkir yang harus dibayar sebesar Rp 2.000/motor, Rp 5.000/mobil, dan Rp 10.000/bus.

Sementara untuk flying fox membayar Rp 15.000, sewa pelampungnya hanya Rp 5.000 saja. Masih terjangkau kan harga semuanya?

Yuk segera ke Taman Sungai Mudal untuk mencoba wisata baru di Yogyakarta. Pastikan anda tidak lupa untuk menyewa transport di Pamitran Rental Motor dan ambil juga paket wisata Jogja seru di Pamitran Tours.

Selengkapnya baca: Rental Motor di Jogja Terbaik dan Nomor Satu, Pamitran Rental Motor