Mengintip Pemandian Kerajaan Tamansari Yogyakarta

Tamansari Yogyakarta atau yang juga disebut dengan Taman Sari Water Castle Jogja adalah sebuah situs yang dahulu dimiliki oleh Keraton Yogyakarta. Taman Sari Jogja memiliki beberapa fungsi di masa lampau yaitu sebagai tempat istirahat, area meditasi, tempat pertemuan, area pertahanan kerajaan, dan tempat persembunyian. Kawasan Taman Sari Jogja adalah situs peninggalan dunia sehingga tempat ini adalah satu yang harus dikunjungi ketika bertandang ke Jogja. Jika anda ingin pergi ke Taman Sari di Yogyakarta anda bisa gunakan jasa sewa motor dan mobil dari Pamitran Rental Motor. Juga ada paket-paket wisata Jogja lainnya yang bisa anda ambil.

tamansari yogyakarta

photo by @overrated_outcast

Yang Menarik dari Taman Sari Wisata Jogja

Berbicara tentang yang menarik dari Taman Sari wisata Jogja tidak bisa lepas dari Tamansari Jogja sejarah. Nama Taman Sari Yogyakarta diambil dari bahasa Jawa taman yang berarti kebun dan sari yang berarti bunga-bunga. Taman Sari Jogja tempo dulu adalah sebuah kebun bunga yang cantik yang juga diisi oleh kompleks pemandian yang digunakan oleh keluarga kerajaan untuk mandi dan bermain air. Taman Sari Kraton Jogja dibangun pada abad ke 18 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dan selesai di masa Sultan Hamengkubuwono II.

Pemandian Taman Sari Jogja menjadi sebuah kompleks yang luas setelah selesai dibangun, terdiri dari 59 bangunan termasuk ruang meditasi, masjid di taman sari jogja, kolam pemandian, 18 kebun air dan paviliun denga danau buatan. Kampung Taman Sari Jogja dibangun dengan gaya klasik Jawa dan juga beberapa arsitektur yang terinspirasi gaya Eropa dibawah tangan arsitektur pertamanya Tumenggung Mangundipura. Namun sayangnya setelah gempa dahsyat, wisata di tamansari jogja hanya menyisakan kompleks pemandiannya.

tamansari yogyakarta

photo by @siucok

Isi Taman Sari Jogja dibagi menjadi empat area. Yang pertama disebut dengan Danau Segaran. Kemudian yang kedua adalah kompleks pemandian Umbul Binangun. Bagian ketiga hilang dan yang keempat berada di timur Umbul Binangun. Namun saat ini tempat yang termasuk pada tour Taman Sari di Jogja adalah kompleks pemandian dan danau buatan, terowongan panjang yang menuju masjid, Sumur Gumuling (terowongan bawah tanah), dan runtuhan Pulo Kenongo yang berada dekat dengan Pasar Ngasem.

tamansari yogyakarta

photo by @sptdian

Fasilitas Taman Sari Jogja cukup lengkap. Anda bisa menemukan beberapa merchandise yang dijual di dekat kompleks ini. Anda pun bisa membeli sejumlah lukisan dan batik yang dijual oleh seniman kampung Tamansari. Juga ada terbaru yang unik yaitu kaos lukis yang juga merupakan hasil tangan kreatif para seniman Jogja. Ada beberapa restoran di taman sari jogja dan cafe kecil untuk menampung makan siang anda setelah lelah berjalan di sekitar kompleks. Bagi anda yang ingin foto prewedding di taman sari Jogja juga bisa. Silahkan ijin terlebih dahulu pada pengurus tempat ini.

tamansari yogyakarta

photo by @addy_addy13

Tamansari Jogja Jam Buka

Tamansari Jogja opening hours adalah dari Senin sampai Minggu pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Tamansari Jogja Alamat

Bagi anda yang bingung bagaimana ke Taman Sari Jogja, caranya cukup mudah kok. Taman Sari Jogja lokasi ada di selatan Keraton Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 1 km dari Alun-Alun Selatan. Anda bisa berjalan kaki atau juga dengan menggunakan becak atau andong. Ke Taman Sari Jogja dari Malioboro bisa dengan menggunakan becak yang bisa sekaligus mengantar anda ke Keraton, pabrik bakpia, dan tempat beli oleh-oleh lainnya. Untuk ke Taman Sari Jogja dari Stasiun Tugu anda bisa gunakan taman sari jogja naik trans jogja. Terdapat banyak shelter Trans Jogja yang akan mengantar anda pada tujuan.

tamansari yogyakarta

photo by @kieranmccallion

Jika anda ingin sewa kendaraan pribadi, anda bisa memesannya di Pamitran Rental Motor. Anda bisa pesan berbagai macam armada motor dan mobil sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Nantinya kalau masih belum jelas mengenai rute taman sari anda bisa tanya saja pada orang Jogja asli dimana lokasi Taman Sari.

Taman Sari Jogja Harga Tiket

Taman Sari Jogja tiket masuk hanya sekitar Rp 5.000. Cukup murah bukan? Dengan harga tiket masuk Taman Sari Jogja itu anda bisa berkeliling hingga puas di kompleks yang cukup luas ini sambil melihat perkampungan warga sekitar.

tamansari yogyakarta

photo by @cellinajvnnd