Ingin Nge-Camp? Ini Tempat Camping di Jogja Favorit Wisatawan

Mau camping pas lagi ke Jogja? Nggak perlu khawatir, Jogja punya banyak camping ground buatmu. Tempat camping di Jogja ini pun jadi favorit karena punya pemandangan alam yang masih sangat alami dan cantik. Beberapa disebut sebagai hidden paradise-nya Jogja. Nggak sabar ingin camping? Lihat dulu wisata camping di Jogja berikut.

Rekomendasi Tempat Camping di Jogja Terbaik

Gunung Nglanggeran

tempat camping di jogja

photo by papabackpacker

Bagi yang suka trekking dan camping, Gunung Nglanggeran adalah wisata gunung Jogja yang wajib dikunjungi. Gunung ini memiliki jalur trekking yang mudah dan bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja. Setelah kamu menemukan puncak dan puas hiking, kamu bisa memilih spot untuk campingmu. Berkemah disini hanya membayar Rp 10.000. Dan tentunya Gunung Nglanggeran ini jadi tempat camping terbaik di Jogja dengan view spektakuler dan desa wisata yang memamerkan keunikannya.

Lokasi: Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, Jogja.

Sinolewah

Bertema alami khas lereng Merapi, Sinolewah sering banget dijadikan tempat camping pemuda bahkan pramuka. Sinolewah memang tempat camping ground di Jogja. Keadaannya yang masih cukup alami dan berada di tengah hutan jadi daya tarik tersendiri. Kalau kamu camping disini kamu akan bisa dengan mudah menemukan tempat wisata menarik di sekitar Merapi. Udara yang masih sejuk dan jauh dari kebisingan bikin asyik kalau malam-malam mengadakan api unggun bersama kawan. Dan tempat ini sudah punya fasilitas lengkap. Cocok buat yang masih belajar camping.

Lokasi: Dusun Gondang, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman.

Bukit Klangon

tempat camping di jogja

photo by wisata jogja terbaru

Masih berada di lereng Merapi, jika kamu cari yang lebih menantang, datanglah ke Bukit Klangon. Tempat wisata ini cukup baru namun sudah sering jadi incaran tempat camping yang bagus di jogja. Jaraknya yang cukup dekat dengan puncak Merapi membuatmu merinding, antara ngeri dan takjub. Tempat ini juga merupakan pintu masuk bagi yang ingin mendaki Gunung Merapi hingga mencapai puncaknya.

Bukit Kosakora

Bukit Kosakora menampilkan pemandangan pantai di depan mata. Dari atas perbukitan Kosakora yang terkenal sebagai tempat selfie ini, kamu bisa ber-camping. Jarang-jarang kan camping di bukit dengan pemandangan Samudera Hindia nan luas? Bagi pecinta camping wajib cobain spot satu ini.

Lokasi: Desa Ngestiharjo, Kec. Tanjungsari. Kab. Gunung Kidul, Jogja.

Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal jogja

photo by @idris_789

Pionirnya camping pinggir pantai di Jogja adalah Pantai Pok Tunggal. Pantai ini terkenal dengan sunset yang paling menawan di Yogyakarta. Banyak orang yang camping disini ketika liburan. Pantainya sendiri masih sepi, sangat alami, namun sejumlah fasilitas sudah tersedia. Asyik banget menyaksikan senja sambil bermain gitar atau bebakaran di malam harinya.

Pantai Kesirat

Mirip-mirip dengan Kosakora, Pantai Kesirat ini sebenarnya adalah sebuah tanjung, bukit dengan pemandangan samudera di depan mata. Pantai ini masih sepi. Tapi sering digunakan untuk camping. Apalagi yang memang ingin menjauh dari keramaian kota. Kamu bisa merasakan asyiknya campping, ber-api unggun, hingga memancing ditemani warga lokal yang memang sering cari ikan disini.

Lokasi: Ds. Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Ngrumput

photo by liburmulu.com

Pantai Ngrumput ini masih jarang dikunjungi orang, meski begitu view sunsetnya sebenarnya sangat indah. Dan itulah kenapa Pantai Ngrumput jadi salah satu tempat camping di pantai jogja terbaik. Belum lagi pantai ini dikelilingi perbukitan hijau dengan air laut yang masih begitu jernih. Dengan keindahan tiada dua seperti itu mana mungkin ada yang menolak untuk camping disini? Kamu mau?

Lokasi: Desa ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab, Gunung Kidul. Jogja.

Pantai Greweng

Bayangkan sunrise menyambutmu, dengan kaki yang menjejak ke pasir putih, dan debur ombak yang membangunkan jiwa. Semua ini bisa kamu dapatkan di Pantai Greweng. Pantai ini punya pemandangan sunrise yang menarik dan pantai yang masih sangat alami. Nggak heran banyak yang ingin camping disini.

Lokasi: Jeptu, Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

Lokasi Tempat Camping di Jogja

Pantai Jogan

Menemui air terjun plus pantai yang indah dengan sunset tiada dua di Jogja, dimana lagi kalau bukan di Pantai Jogan. Dan buat kamu yang ingin coba camping disini ada tempat yang tersedia. Kamu bisa bandingkan pemandangan sunset dan sunrise di Pantai Jogan. Bermain bersama air terjun di bibir pantai sambil memandangi oceania yang menyambutmu. Perfect!

Pantai Sanglen

tempat camping di jogjaCamping ala private beach? Yuk ke Pantai Sanglen. Pantai yang masih perawan ini benar-benar membawamu ke petualangan yang sesungguhnya. Tidak ada warung disini. Semuanya masih sangat alami. Sepi dan tidak banyak yang berwisata ke sini. Kapan lagi bisa dapat private beach gratis kalau nggak waktu ke pantai tempat camping di jogja ini?

Lokasi: Kemadang, Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Jogja.

Pantai Jungwok

Lokasi yang satu ini masih cukup baru. Pantai Jungwok sendiri termasuk hidden beach di Jogja. Kamu nggak boleh melewatkan keindahannya. Dengan camping disini kamu juga akan merasakan sensasi private beach.

Pantai Wohkudu

Kalau kamu bertanya pantai yang jadi langganan camping di jogja, Pantai Wohkudu pasti masuk daftar. Pantai ini masih jarang digunakan untuk wisata sehingga sering dijuluki sebagai hidden paradise. Diapit oleh tebing-tebing yang tinggi, membuatmu serasa bersembunyi dari dunia luar ketika camping disini. Pantainya? Jangan diragukan lagi keindahannya.

Lokasi: Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Desa Girikerto, Kab. Gunung Kidul, Jogja.

Pantai Seruni

Satu lagi camping ala private beach, di Pantai Seruni. Pantai ini cukup cantik dan terkenal dengan sunset indahnya. Seruni masih jarang dikunjungi orang. Jadi kamu bisa leluasa camping. Serasa seluruh pantai jadi milik pribadi.

Pantai Butuh

photo by bakpia mutiara jogja

Salah satu pantai yang cocok untuk camping adalah Pantai Butuh. Cocok untuk berkemah bersama teman bahkan keluarga karena pantainya cukup aman. Tenda bisa didirikan cukup jauh dari bibir pantai dan ombak yang datang nggak terlalu besar karena terhalang dua bukit karang raksasa. Viewnya memukau abis!

Lokasi: Krambilsawit, Saptosari, Kab. Gunung Kidul.

Pantai Siung

Satu lagi pantai yang cocok untuk camping di Jogjakarta, adalah Pantai Siung. Pantai ini terkenal dengan aktivitas rock climbing. Selain rock climbing yang bisa kamu coba, kamu bisa jelajah pantai yang indah dan tenang, dan tentunya camping di area yang cukup luas. Cocok juga untuk tempat camping keluarga di Jogja.

Puncak Becici

photo by wmaulidya78.blogspot.com

Siapa bilang hutan pinus nggak bisa buat camping? Justru wisata yang lagi hits ini sasarannya tempat camping di jogja selain pantai recommended. Kamu bisa banget camping manis di hutan pinus tepatnya di Puncak Becici. Ada camping ground yang sengaja disediakan buat kamu yang ingin menikmati senja hingga bermalam bersama teman maupun keluarga. Fasilitasnya juga lengkap karena ada warung dan toilet. Gardu pandang dan hammock adalah sekelumit hal yang bisa kamu nikmati saat bercamping disini.

Lokasi: Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Lintang Sewu

Mau camping murah? Di kawasan hutan pinus ada sebuah spot wisata bernama Lintang Sewu. Tempat ini spot sunset dan selfie. Tapi punya camping ground. Kalau Puncak Becici dan kawan-kawannya dikenal dengan hutan pinus, Lintang Sewu adalah tempat camping murah di jogja yang dikitari hutan kayu putih. Pemandangannya nggak perlu diragukan lagi. Selalu jadi favorit wisatawan kok.

Bukit Pengilon

photo by bosndeso

Kalau kamu mau camping di perbukitan dengan pemandangan laut dan pantai, Bukit Pengilon bisa jadi sasaran tempat camping daerah jogja yang sempurna. Wisata ini masih cukup baru tapi sudah meramaikan jagad sosial media. Tentunya udah mulai banyak yang kemari. Untuk bisa menikmati keindahannya kamu harus trekking dulu menuju puncka bukit lalu ber-camping disana.

Kalibiru

Kalibiru yang hits dengan spot foto rumah pohonnya ternyata bisa dipakai camping. Kalibiru memang sebenarnya kawasan konservasi hutan. Jadi buat kamu yang suka jelajah hutan dan camping di tengah hutan, bisa mencoba izin untuk camping di Kalibiru.

Waduk Sermo

tempat camping di jogja

photo by piknikdong.com

Siapa mau camping di pinggir waduk terbesar di Jogja? Ternyata camping nggak hanya bisa di gunung dan pantai saja. Kamu bisa menemukan tempat wisata camping di jogja asyik yaitu di Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo. Waduk ini indah banget dengan suasana sunrise yang cantik. Pemandangan alami sekitar akan menghipnotismu. Belum lagi kamu bisa mampir ke destinasi wisata favorit di Kulon Progo seperti Kalibiru, Air Terjun Kedung Pedut, Taman Sungai Mudal, dan lain-lain.

Gunung Kukusan

Yang satu ini mungkin akan jadi camping yang paling tak terlupa buat kamu. Gunung Kukusan merupakan perbukitan yang berada di perbatasan Kulon Progo, Jogja dengan Jawa Tengah. Dikenal sebagai spot sunrise yang menawan. Trekking ke bagian puncaknya pun nggak akan membuatmu bosan karena disana kamu bisa melihat luasnya Kebun Teh Nglinggo, dan 8 puncak gunung di sekitar Jogja yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Ungaan, Gunung Perahu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro! Camping ground juga sudah tersedia. Sebuah tempat yang cocok untuk camping di jogja kan?

Bukit Paralayang

Kemah di Bukit Paralayang Parangtritis memang kegiatan yang masih cukup baru. Bukan berarti nggak bisa dan nggak menarik. Justru disitulah keindahannya. Bukit Paralayang yang berada di Parangtritis ini, sesuai dengan namanya adalah spot untuk mencoba aktivitas paralayang atau paragliding. Tetapi disini pun kamu bisa mencoba camping. Perbukitan dengan pemandangan laut lepas di selatan Jogja pastinya takkan terlupa.

Lokasi: Ds. Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Hutan Wanagama

Mau camping seru di tengah hutan? Hutan Wanagama luasnya 600 hektar. Tempat untuk camping di jogja ini merupakan hutan reboisasi seorang profesor pada masa kolonial, akan membuat campingmu makin seru karena banyak pohon jati dan tanaman lain yang bisa kamu temukan dan nikmati disana. Saat ini pun sudah jadi lokasi wisata dengan fasilitas cukup memadai.

Lokasi: Desa Banaran, Kec. Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jadi gimana? Kamu mau camping dimana? Mau dimanapun tempat buat camping di jogja yang kamu pilih, untuk urusan transport yang akan mengantarmu kesana percayakan saja sama Pamitran Rental Motor Jogja. Karena ke tempat-tempat tersebut nggak bisa pakai transportasi umum, maka kamu harus rental motor di Jogja atau rental mobil Jogja murah. Kami menyediakan semua itu. Harga yang murah dengan fasilitas lengkap dan jaminan terbaik bisa kamu dapat. Selain itu ada paket wisata Jogja yang juga bisa kamu pilih. Itung-itung semakin melengkapi liburanmu ke Yogyakarta kan? Belum lagi destinasi wisata hits Jogja yang ada di paket adalah yang paling diinginkan semua orang saat ini. Hubungi Pamitran Rental Motor Jogja segera.