Tempat Wisata Tugu Jogja – Ikon Kota Sekaligus Wisata Unik Khas Yogyakarta

Saat anda datang ke Yogyakarta, tentu anda akan diperkenalkan sebuah kawasan wisata yang wajib dikunjungi ketika kemari, yaitu kawasan Tugu Jogja dan Malioboro. Nah, kali ini kita akan bahas tempat wisata Tugu Jogja. Pernahkah anda mendengar tentangnya? Meskipun hanya berbentuk sebuah tugu putih, tetapi area Tugu menjadi kawasan wisata yang laris manis apalagi ketika libur panjang tiba. Tak percaya? Simak artikelnya berikut ini.

wisata malam jogja hits

photo by @sarhwang_azee

Keistimewaan Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta yang berwarna putih dan emas berada tepat di tengah jalan di sebuah perempatan. Diletakkan disana pada awalnya karena kepercayaan masa lampau Kesultanan Yogyakarta dimana Tugu Jogja menjadi penghubung dan melengkapi garis linear imajiner Jogja. Nah apa itu garis imajiner Jogja? Garis imajiner merupakan sebuah garis gaib yang membentang lurus dari utara ke selatan, membujur dari Gunung Merapi di utara, kemudian Tugu Jogja, lalu Keraton Yogyakarta yang berada di tengah, dan di selatan berakhir di Pantai Parangtritis.

Garis gaib itu dipercaya menjadi pelindung dari segala hal buruk sekaligus lambang kemakmuran Yogyakarta. Kini tak sekedar yang gaib, Tugu Jogja landmark jadi ikon kota sekaligus tempat wisata. Jika Jakarta punya Monas, Jogja punya tugu yang Jogja banget yaitu Tugu Jogja. Meski tak sebesar Monas, nyatanya wisata daerah Tugu Jogja tak kalah dan tiap harinya selalu ada wisatawan yang ketika malam menjelang berfoto dengan background tugu.

tempat wisata tugu jogja

photo by kraton jogja

Tugu Jogja Sejarah yang Tak Semua Orang Tahu

Dahulu Tugu Jogja ini disebut Tugu Jogja Golong Gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Bagian badannya silinder, sedangkan di bagian pucuknya tidak berbentuk runcing seperti sekarang melainkan bulat. Karena itulah diberi nama Tugu Golong Gilig. Tugu jogja tempo doeloe mulanya dibangun sebagai arah pertapaan Hamengkubuwono I (sang pendiri tugu) yang harus menghadap ke utara. Filosofi tugu jogja juga adalah simbol persatuan rakyat untuk melawan penjajah.

Namun kemudian di tahun 1889, Tugu direnovasi oleh pihak Belanda. Ukurannya diperkecil dan bentuk bangunannya dibuat lebih ke gaya Belanda. Sehingga akhirnya disebutlah Tugu Jogja atau Tugu Jogja Pal Putih (De Witt Paal). Perubahan ini sebenarnya taktik Belanda memecah belah persatuan rakyat Jogja, namun akhirnya tidak berhasil. Justru rakyat Yogyakarta semakin bertekad mengusir penjajah.

Baca juga>> Wisata Budaya Jogja yang Selalu Bikin Kangen

Tugu Jogja Malam Hari – Tempat Wisata yang Cukup Diminati

Saat ini wisata sekitar Tugu Jogja menjadi salah satu obyek wisata yang cukup diminati terutama oleh wisatawan luar kota dan luar negeri. Mereka berbondong-bondong mengantri berfoto bersama ikon kota Jogja ini. Meski letaknya di tengah jalan, anda yang mau ikutan selfie bisa kok. Aman.

tempat wisata tugu jogja

photo by selo ilmiawan

Anda juga bisa temukan seniman-seniman Jogja yang hadir dengan kostum-kostum nyeleneh seperti wayang dan hantu seram untuk diajak berfoto bersama. Fasilitas untuk nongkrong di sekitar Tugu pun sudah sangat lengkap. Berada di lokasi strategis, membuatnya cukup mudah kalau anda mau menemukan cafe di tugu jogja, resto tugu jogja, bahkan angkringan di tugu jogja yang menjadi incaran wisatawan juga. Tugu pun dekat dengan hotel di tugu jogja yang cukup ternama.

Tak hanya di Tugu sendiri. Biasanya wisatawan juga datang ke wisata dekat Tugu Jogja seperti Jalan Malioboro, Titik 0 Kilometer, dan Alun-Alun Utara & Selatan di malam hari. Jarak tugu jogja ke jalan malioboro tidak terlalu jauh. Bisa dengan jalan kaki ataupun naik becak yang ada di sekitar. Anda dapat juga menemukan kuliner di Tugu Jogja yang Njogja banget.

Lokasi Tugu Jogja

Tugu Jogja lokasi terletak di tengah perempatan antara Jl. Margo Utomo, Jl. Jend. Sudirman, Jl. AM. Sangadji, dan Jl. Pangeran Diponegoro. Tepatnya di Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Bagi anda yang menginap di hotel dekat-dekat Malioboro maupun di jalan Margo Utomo, AM.Sangadji, dan Jendral Sudirman bisa kemari dengan jalan kaki.

Ikuti maps berikut kalau takut kesasar>>  https://goo.gl/maps/hRMWqtbEex9rv4oC6

Harga Tiket Masuk

Tidak seperti kebanyakan tempat wisata, Tugu Jogja malioboro yang menjadi penanda ini hanyalah sebuah ikon kota yang jika anda kemari tentu tidak perlu membayar. Jika anda harus merogoh kocek itu hanay untuk parkir di sekitar tempat wisata dan berfoto bersama seniman-seniman yang siap menyambut anda dengan senyumnya.

Fasilitas Wisata Tugu Jogja dan Sekitarnya

Fasilitas Tugu Jogja sendiri sudah lengkap seperti:

  • Tempat duduk untuk nongkrong
  • Resto
  • Cafe anak muda
  • Taman
  • Angkringan ternama (Angkringan KR dan Kopi Joss)
  • Dekat Stasiun Tugu
  • Dekat Malioboro dan wisata sekitarnya
  • Hotel dan penginapan
  • Wisata kuliner khas Jogja

photo by iklanvideotron.com

Yuk, ke wisata Tugu Jogja malam hari. Jika anda mau kemari jangan lupa untuk rental mobil Jogja di Pamitran Rental Motor Jogja. Atau bisa juga sewa motor di Jogja kami untuk harga yang lebih murah dan sensasi keliling santai Jogja yang tiada dua. Datang ke Tugu Pal Putih paling enak kalau pakai kendaraan pribadi. Setelah itu mau kemana jadi terserah anda saja. Kami juga punya penawaran paket wisata Jogjakarta yang istimewa hanya untuk anda. Paket tour Jogja kami megajak anda ke tempat-tempat hits seperti Malioboro, Hutan Pinus Mangunan, dan Pantai-pantai Gunungkidul. Mau punya tugu jogja tour? Segera hubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Dan cek semua yang anda mau di website kami.