Wisata Titik Nol Yogyakarta: Tempat Hangout Asyik dan Foto-Foto Klasik di Titik Nol Kilometer Jogja

Berwisata ke Jogja pastinya harus mengunjungi tempat-tempat yang paling terkenal. Misalnya saja Keraton Jogja, Tamansari, Tugu Jogja, Malioboro, dan lain sebagainya. Salah satunya yang tak boleh ketinggalan dikunjungi adalah Titik Nol Kilometer Jogja. Apa yang menarik dari tempat satu ini?

Jika anda bertandang kemari, berarti anda sedang mengunjungi tempat wisata hits di Jogja. Titik nol yogyakarta saat ini digandrungi banyak wisatawan. Tempat ini biasa digunakan untuk nongkrong, hangout santai oleh banyak anak muda dan warga lokal Jogja. Karena itulah wisatawan pun ingin ikut merasakan ramainya Jogja di malam hari dari spot satu ini.

malioboro jogja

photo by @violadena

Daya Tarik dan Cerita Sejarah Titik Nol Kilometer Jogja

Yang menjadikan Titik Nol Kilometer Jogja ini menarik adalah lokasinya yang berada tepat di jantung kota Jogja. Diberi nama titik nol (titik 0) karena terletak di tengah tepat kota Yogyakarta. Kawasan ini juga terkadang disebut dengan kota tua jogja karena begitu anda kemari anda akan melihat bangunan-bangunan megah indis yang bergaya Belanda. Masih kokoh dan tegas berdiri.

Titik Nol Kilometer Jogja tampak sangat menawan. Di dekatnya ada Benteng Vrederburg, Gedung Agung, Pasar Bringharjo, Keraton Jogja, gedung bank bni titik nol jogja, dan gedung bank indonesia titik nol jogja. Tempat-tempat wisata itulah yang sering jadi sasaran wisatawan untuk mengambil foto.

titik nol kilometer jogjaDahulu kala, titik nol kilometer merupakan area pusat pemerintahan Keraton yang bersebelahan dengan Kolonial Belanda. Tentu fungsi-fungsi tiap gedung saat ini berbeda dengan kala itu. Contohnya saja, Benteng Vrederburg yang saat ini jadi museum dulu adalah benteng pertahanan Belanda, Gedung Agung merupakan tempat tinggal residen Belanda. Saat itu juga ada sebuah air mancur yang berada di tengah perempatan Titik Nol untuk memperindah suasana kota. Sedangkan Titik nol jogja terbaru kini tidak memilikinya lagi.

Tiap-tiap hari titik nol yogyakarta malioboro ini ramai pengunjung dan kendaraan yang lalu lalang. Namun waktu terbaik kemari adalah saat sore dan malam. Waktu ketika matahari sudah tak panas lagi merupakan yang paling pas untuk menikmati angin sambil bersantai, melihat sekitar, berfoto, hingga menikmati pertunjukan yang kadang digelar disini.

Rekomendasi terkait>> Obyek Wisata Malam Hari di Jogja untuk Wisata Malam Antimainstream

Aktivitas Wisata Utama di Titik Nol Jogja

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Titik Nol Jogja.

Hunting Foto

Saat ini sudah tidak asing lagi dengan yang namanya hunting foto. Semua orang pasti suka mengambil foto-foto terbaik untuk kemudian dibagikan di media sosial, atau akhirnya dibingkai indah di dinding rumah.

Anda bebas hunting foto selama di titik nol. Berfotolah dengan background Gedung Agung, dan gedung-gedung bergaya indis lainnya yang dapat dengan mudah dilihat. Mampir juga ke Benteng Vrederburg biar makin mantap.

Lihat Pertunjukan dan Pentas Seni Budaya

Karena berada di pusat kota, Titik nol sering sekali jadi sarana pementasan seni dan budaya lokal. Kadang-kadang juga ada pertunjukan musik modern. Disini juga ada Monumen Serangan Umum 1 Maret Jogja yang berada di sebelah Benteng Vrederburg persis. Dan disitulah biasanya panggung-panggung pementasan seni digelar. Anda dapat menikmati kesenian dan pertunjukan Yogyakarta yang sudah mumpuni dan bahkan sering mendunia disini.

titik nol kilometer jogja

photo by @KM0Jogja

Belanja

Bagi anda yang sedang bingung mau cari oleh-oleh murah di Jogja, Titik Nol Kilometer adalah tempat yang tepat untuk belanja. Disini anda bisa membeli batik, souvenir, jam tangan, dompet, dan lain-lain dengan harga murah dan bisa ditawar. Masih berada di kawasan Jalan Malioboro tentunya memberi keuntungan karena apapun yang anda cari pasti ditemukan disini.

Coba Sate Kere

Nah, hal yang satu ini memang terkesan unik. Sate Kere ini merupakan sate ayam dan jeroan yang biasa dijual dipinggir jalan di sekitar Nol Kilometer Jogja. Penjualnya biasa memunji dagangan di atas kepala seperti di masa lampau. Banyak yang mencicipi sate dengan harga murah ini karena rasanya tak kalah dengan sate enak di resto lainnya.

Menikmati Lantunan Lagu Seniman Jalanan

Yang khas dari nol kilometer ya seniman jalanannya. Musisi di Jogja itu tak melulu band-band terkenal atau pertunjukan sanggar-sanggar yang sudah nomor 1. Di Jogja, pengamen dan penari jalanan sangat ahli menampilkan pertunjukan ala mereka sendiri. Bersantailah dan dengarkan latunan lagu merdu dari seniman-seniman ini. Atau lihat lenggak lenggok tubuh luesnya yang membuat penat menghilang.

Baca juga>> Daftar Wisata Wajib di Jogja yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Dekat Titik Nol Jogja – Wisata di Sekitar Titik Nol Jogja Apa Saja yang Tak Kalah Menarik?

Seperti tadi yang sudah dikatakan, titik nol berada di jantung kota. Itu artinya dekat dengan tempat wisata menarik lainnya di Yogyakarta. Apa sajakah wisata dekat Titik Nol Jogja?

titik nol kilometer jogja

photo by @malioboro_insta

Info Lokasi dan Letak Titik Nol Kilometer Jogja

Tidak sulit untuk mencapai Titik Nol Kilometer. Lokasinya strategis dan banyak orang yang tahu. Titik nol yogyakarta daerah istimewa yogyakarta berada di ujung selatan dari Jalan Malioboro. Makanya dekat dengan wisata Malioboro dan sekitarnya. Merupakan pertemuan dari Jl. A. Yani, Jl.KH Ahmad Dahlan, Jl. Panembahan Senopati, dan ruas jalan ke Alun-Alun Utara.

Titik ini dapat dicapai dengan apapun. Jalan kaki bisa dilakukan jika anda dekat dari malioboro dan sekitarnya. Anda juga dapat menggunakan becak dan andong yang biasanya ada disekitar Malioboro. Selain itu alternatif menggunakan kendaraan pribadi pun bisa.

Bagi yang masih bingung dimana letak titik nol jogja berada, bisa ikuti maps ini>> https://goo.gl/maps/YjpmkWrPUNwkXfiZA

photo by tribunnews.com

Hangout di Titik Nol Km Jogja dengan Paket Wisata Jogja dan Sewa Motor Jogja Pamitran Rental Motor Jogja

Yuk hangout malam di Titik Nol Kilometer. Dijamin seru karena ramai dan menenangkan karena klasik. Bagi anda yang tak ingin bingung bagaimana cara kemari dan rutenya, bisa sewa mobil di Jogja saja. Silahkan sewa di Pamitran Rental Motor Jogja. Kalau dengan driver anda tak perlu ribet mencari rute terbaik karena driver kami handal di jalanan Jogja.

Namun kalau anda mau merasakan jalan-jalan Jogja di malam hari yang menyegarkan, kami sarankan sewa motor murah Jogja di tempat kami. Dengan motor-motoran kesan jalan-jalan klasik pasti dapat banget deh.

Kami juga ada penawaran paket wisata Jogja, sewa bus Jogja untuk rombongan, dan sewa elf Jogja lho. Pokoknya untuk urusan liburan ke yogyakarta, jangan lupa ada Pamitran Rental Motor Jogja yang siap melayani segala kebutuhan berlibur anda. Segera hubungi kami.