18 Objek Wisata Air Terjun di Jogja Terlengkap dan Terindah

Wisata Jogja tak melulu tentang pantai di Jogja atau hutan pinus. Ada belasan destinasi wisata air terjun di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Air terjun Jogja tak kalah indahnya dengan wisata alam Jogja lainnya. Kamu bisa buktikan sendiri dengan datang ke beberapa air terjun jogja yg bagus dan jadi favorit wisatawan.

Kamu mau tahu air terjun Jogja dan sekitarnya? Psst, ada air terjun di pantai jogja juga lho. Yuk langsung cek di bawah ini.

wisata air terjun di jogja

photo by @infojogja.co

Destinasi Air Terjun Jogja dan Cara Menuju Kesana

Tentu sebelum kamu tahu apa saja air terjun bagus jogja, pikiranmu akan melayang ke bagaimana kamu akan pergi kesana. Karena memang beberapa air terjun area jogja letaknya cukup tersembunyi entah dibalik hutan, perbukitan, maupun sawah. Jangan khawatir. Solusi terbaik untuk transportasi yang akan mengantarmu ke air terjun istimewa di jogja ada di Pamitran Rental Motor Jogja. Kamu bisa sewa motor di Jogja dan sewa mobil Jogja yang murah.

Selain itu ada paket tour Jogja yang bisa kamu cek. Ragam pilihannya banyak dan pastinya nggak sulit untuk menuju ke air terjun impianmu dengan paket wisata Jogja kami. Untuk pemesanan via online, bisa langsung klik di bawah ini.

Air Terjun Terindah Jogja, Terfavorit, dan Terpopuler

Air Terjun Kedung Pedut

Di tempat pertama ada air terjun sekitar Jogja yang sebenarnya masih sangat tersembunyi, namun ketenarannya tak kalah dengan air terjun lain di Jogja. Namanya Air Terjun Kedung Pedut. Letaknya tersembunyi dibalik hutan perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Air terjun ini terkenal akan warna air hijau dan biru tosca, serta kolam-kolam alami yang yang berlevel.

air terjun kedung pedut yogyakarta

photo by @tropicalinaa

Air Terjun Kembang Soka

Tak jauh dari Kedung Pedut ada Air Terjun Kembang Soka. Kalau yang satu ini terletak di pinggir jalan. Dari pintu masuk menuju air terjun tak begitu jauh. Airnya juga sangat jernih dengan warna yang sama dan segar. Pemandangan sekitar masih sangat asri dan terdapat beberapa kolam alami yang bisa digunakan untuk dewasa maupun anak-anak.

Taman Sungai Mudal

Kemudian ada Taman Sungai Mudal yang masih di area yang sama. Taman Sungai Mudal ini juga sangat terkenal karena selain dapat melihat kolam-kolam air kamu bisa menemukan aliran sungai yang bisa dipakai berenang. Disini juga terdapat banyak kolam untuk dewasa dan juga anak-anak. Air terjun cantik di Jogja ini sudah sangat tertata dan karena itulah mulai banyak yang kemari ketika liburan.

Air Terjun Jogja Sri Gethuk

Kita nggak perlu sangsi lagi kalau Gunungkidul memang kaya tempat wisata. Kali ini bukan pantai melainkan air terjun jogja gunung kidul. Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta selalu jadi favorit ketika libur tiba. Disini kamu bisa menemukan air terjun dan aliran sungai yang bisa kamu pakai berenang. Serunya lagi untuk ke air terjun kamu bisa menyewa sampan. Sampan ini juga bisa mengantarkanmu keliling sungai sekitar.

air terjun sri gethuk

photo by @ayodolan

Air Terjun Jogan Yogyakarta

Nah ini dia jagonya air terjun pinggir pantai Jogja. Siapa lagi kalau bukan Air Terjun Jogan. Iya, air tawar dari Jogan ini mengalir langsung ke laut. Disini selain kamu bisa menikmati romantisnya pertemuan air tawar dan air laut, kamu dapat melihat romantisnya langit saat senja. Belum lagi tempat ini sering dijadikan lokasi camping air terjun jogja. Kalau kamu mau camping disini, sangat disarankan lho.

Air Terjun Lepo Bantul Jogja

Nah ini dia air terjun baru di Jogja yang jadi terkenal karena kemiripannya dengan Erawan Falls Thailand. Air terjun Lepo Bantul tidak tinggi, memiliki kolam dengan air berwarna hijau tosca, dengan pemandangan yang maksimal. Tersembunyi di balik perbukitan, air terjun ini sering diburu wisatawan yang mau melepas penat. Kamu mau berenang dengan bebas? Disini tempat yang tepat.

wisata air terjun di jogja

photo by by @berandajogja

  • Lokasi: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: gratis!
  • Maps>> https://goo.gl/maps/XkdVHUqbZ3w

Deretan Air Terjun Favorit di Jogja

Air Terjun Banyunibo Jogja

Masih membahas air terjun ngehits di Jogja, kali ini ada Air Terjun Banyunibo. Air terjun ini cukup populer. Sekali lagi tersembunyi di balik hutan. Keindahannya bisa dilihat dari air yang mengucur deras dan kolam yang bisa digunakan berenang. Namun jika datang kesini perhatikan cuaca. Jangan pada saat kemarau karena debit air akan berkurang. Namun juga jangan langsung datang kemari ketika sebelumnya hujan deras dikarenakan air terjun bisa banjir.

  • Lokasi: Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, DIY.
  • Harga tiket masuk: gratis. Hanya membayar parkir.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/MLw9rwbvhMw

Air Terjun Gedangsari Yogyakarta

Berikutnya ada Air Terjun Gedangsari untukmu. Air Terjun Indah Gedangsari ini cukup unik karena mengalir deras di bebatuan berwarna hitam. Lokasinya tersembunyi berada di bawah tebing dan memiliki bentuk bertingkat. Disebut mirip dengan Air Terjun Bidadari Semarang, kamu yang suka dengan wisata air terjun wajib kemari.

wisata air terjun di jogja

photo by by wegonesia

Air Terjun Tlogo Muncar Jogja

Siapa yang nggak kenal dengan kawasan wisata Kaliurang? Kalau kamu mau ke Merapi, biasanya kamu akan ditawari ke Kaliurang sekalian. Nah, ada wisata air terjun kaliurang jogja lho. Namanya Air Terjun Tlogo Muncar Jogja. Letaknya berada di belakang pusat belanja oleh-oleh Tlogo Putri. Air terjun ini sudah lama terkenal, jadi nggak ada salahnya kamu kemari.

  • Lokasi: Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 8.000 per orang
  • Maps>> https://goo.gl/maps/tHKwvzVRfYG2

Curug Watu Jonggol

Setelah tadi ke Kaliurang, kini kamu akan diajak melihat keindahan kabupaten Kulon Progo. Ada air terjun bernama Curug Watu Jonggol yang juga tersembunyi namun cukup terkenal belakangan. Ini karena Curug Watu Jonggol berada dekat dengan lokasi wisata Kebun Teh Nglinggo yang populer. Untuk kesini kamu butuh trekking melawan jalan setapak yang tak mudah. Namun pemandangan air yang terjun cukup tinggi akan membuatmu lupa rasa lelah.

wisata air terjun di jogja

photo by @n.yudhistiro

  • Lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: hanya membayar retribusi Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/Pwh6NPwhFpw

Air Terjun Luweng Sampang

Kamu mau lihat bebatuan seperti Grand Canyon dialiri air terjun? Coba saja ke Air Terjun Luweng Sampang. Ketika kamu datang kemari di musim hujan, debit air akan cukup membuat tempat ini jadi menakjubkan. Plus airnya jadi jernih. Pokoknya kamu Cuma kepikiran untuk berenang deh.

wisata air terjun di jogja

photo by @arif_josselalu

  • Lokasi: Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: gratis. Hanya membayar parkir.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/NM1HtcaJ9fo

Air Terjun Tuwondo

Ada satu lagi nih air terjun Jogja Bantul yang bisa kamu kunjungi yaitu Air terjun Tuwondo. Air terjun ini juga berlevel sehingga kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang terbagi ke dalam beberapa turunan dan beberapa celah. Kamu juga bisa berenang disini.

Daftar Air Terjun Tersembunyi Di Jogja

Air Terjun Pantai Parangendog

Kamu mungkin belum pernah mendengar bahwa di dekat Pantai Parangtritis ada air terjun pinggir pantai seperti yang ada di Jogan. Lokasi tepatnya ada di Pantai Parangendog yang bersebelahan dengan Parangtritis. Kamu pun bisa menemukan air terjun ini jika berjalan dari Pantai Parangtritis. Air terjunnya tak seberapa besar. Namun sering digunakan berfoto atau sekedar main air di pinggir pantai.

Air Terjun Setawing Jogja

Kamu suka mencari petualangan dengan menemukan tempat baru atau air terjun yang tersembunyi di Jogja? Kalau iya, cobalah cari dan kunjungi Air Terjun Setawing. Air terjun ini cukup tinggi mengingat ketinggian yang mencapai 45 meter. Lokasinya sekali lagi berada di balik perbukitan gersang Kulonprogo.

  • Lokasi: Dusun Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DIY.
  • Harga tiket masuk: biaya seikhlasnya

Air Terjun Pulosari Bantul Jogja

Selanjutnya ada wisata air terjun Bantul Jogja, Air Terjun Pulosari. Tempat yang satu ini memang tersembunyi dari keramaian. Dan justru itulah keindahannya. Air berwarna hijau tosca di kolam di bawah air terjun menggodamu untuk mandi basah-basahan. Airnya sangat jernih dan pemandangan sekitar alami menakjubkan.

wisata air terjun di jogja

photo by @yusuf_dzikrianto

Air Terjun Kedung Kandang Jogja

Air Terjun Kedung Kandang terletak dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Air terjun ini cukup unik dan sangat indah. Pantas untuk direkomendasikan sebagai satu dari sekian banyak air terjun tercantik di jogja. Kedung Kandang terletak di tengah sawah dan memiliki batu yang sangat hitam berasal dari bebatuan gunung api purba berjuta tahun yang lalu. Bahkan banyak turis yang mampir kesini lho. Kamu juga wajib kemari.

wisata air terjun di jogja

photo by @infojogja.co

  • Lokasi: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 8.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/KPV96nu2sV32

Air Terjun Siluwok Jogja

Curug Siluwok termasuk air terjun yang masih perawan di Jogja. Letaknya ada di perbukitan Menoreh Kulon Progo. Keberadaannya tak jauh dengan Curug Sidoharjo. Datanglah kesini saat hari cerah agar kamu bisa melihat warna air yang hijau toska. Tinggi air terjun sekitar 20 meter. Ada bebatuan buat kamu yang mau mencoba melompat ke dalam kolam. Tapi hati-hati ya karena cukup dalam.

  • Lokasi: Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk: gratis!
  • Maps>> https://goo.gl/maps/4ZkDftgUdnp

Air Terjun Sidoharjo Yogyakarta

Pensaran mau lihat air terjun tertinggi di Jogja? Air Terjun Sidoharjo menantimu. Tak seperti kebanyakan air terjun yang berlevel, Air Terjun Sidoharjo hanya ada satu membujur setinggi 75 meter. Wow! Dan air terjun yang satu ini bersembunyi dibalik hutan dan sawah warga sekitar. Di bagian bawahnya terdapat kolam yang bisa dipakai berenang.

wisata air terjun di jogja

photo by @nur_afif_f

Grojogan Pucung

Di tempat terakhir ada Grojogan Pucung. Tempat yang satu ini sesuai dengan kamu yang berjiwa petualangan dan suka menghargai hal sekecil apapun. Grojogan Pucung memiliki kolam yang kecil karena air terjunnya juga tidak tinggi. Terletak di balik Pegunungan Seribu. Kalau kamu kesini berasa kamu punya kolam pribadi yang terletak dibalik rimbunnya pepohonan. Asri banget.

  • Lokasi: desa Pucung, Pundong, Bantul, DIY.
  • Harga tiket masuk: Rp 3.000

Nah itu dia air terjun recommended di Jogja. Ternyata banyak juga kan? Tapi ingat, karena kebanyakan air terjun di jogja yang bagus masih tersembunyi atau tidak dilewati kendaraan umum, pastinya sewa mobil atau sewa motor jadi alternatif terbaikmu. Hubungi Pamitran Rental Motor Jogja kalau kamu mau sewa transport selama di Jogja ya.