Wisata Budaya di Jogja: Tempat-Tempat Hits yang Tak Lekang Oleh Waktu

Nggak ada salahnya kalau kamu tergelitik untuk melihat wisata budaya di Jogja. Toh untuk memuaskan keinginanmu ini kamu tak perlu pergi jauh hingga ke pelosok Jogja. Di tengah kotanya saja dan dimanapun kamu bisa dengan mudah menemukan wisata cagar budaya Jogja.

Kota ini memang pusatnya pariwisata di Indonesia. Jadi apapun ada, termasuk wisata Seni Budaya Jogja. Jika datang kemari tanpa melihat seni dan budaya Jogja sama saja bohong. Sebelum kamu merasakan pengalamannya sendiri, kita lihat sekilas tentang objek wisata Budaya Jogja yang tak lekang oleh waktu.

Daya Tarik Wisata Budaya di Yogyakarta

Daya tarik wisata budaya dan seni di Yogyakarta tak melulu tentang tarian atau musik. Bahkan bangunan yang tampak eksentrik yang masih tegak berdiri hingga kini juga menjadi sejarah perhelatan budaya dan kesenian kota Jogja. Mana sajakah tempat di Jogja yang penuh dengan budaya dan apa daya tariknya?

Candi Prambanan

Mustahil kalau kamu nggak tergoda ke Candi Prambanan. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini punya banyak cerita bersejarah. Keindahan arsitekturnya sendiri akan menggoda siapapun untuk mengabadikannya di kamera. Dan juga kamu bisa melihat pementasan seni Sendratari Ramayana yang sudah terkenal di seluruh dunia itu.

candi prambanan jogja

photo by @verawaty_

Candi Borobudur

Nggak kalah terkenal dengan Prambanan adalah Candi Borobudur yang juga sudah mendunia. Kalau wisatawan manca saja suka main kesini, apalagi kamu. Wajib dong ya kemari. Candi Buddha terbesar di dunia ini dengan kerumitan arsitekturnya sukses melambungkan nama Indonesia. Dan kamu tentunya bisa melihat wisata dan budaya Jogja serta Jawa Tengah disini. Kamu bisa keliling candi dan jika sudah selesai eksplor juga desa wisata di sekeliling Borobudur. Kamu bisa melihat dan merasakan sendir kearifan lokal yang masih sangat terjaga.

Candi Ratu Boko

Meski namanya belum sebesar kedua candi tadi, tapi Candi Ratu Boko merupakan peninggalan yang sangat bersejarah di Jogja. Candi ini sebenarnya lebih mirip istana dan benteng pertahanan ketimbang sebuah candi untuk berdoa. Ratu Boko juga terkenal dengan cerita mitosnya dan sunset yang mystical.

candi ratu boko jogja

photo by @immatakeyou

Wisata Budaya Keraton Yogyakarta

Nah kalau yang satu ini pasti sudah pada kenal. Keraton Yogyakarta memang gudangnya sejarah, budaya, dan seni tradisional Jogja. Disini kamu bisa keliling Keraton yang beberapa bagiannya kini jadi museum yang menyimpan artefak berharga. Dan juga menyaksikan gelaran pentas seni tradisional seperti tari, gamelan, wayang, hingga macapat.

Kampung Tamansari

Jika sudah ke Keraton Yogyakarta, harus ke Kampung Tamansari juga. Kampung ini jadi tempat wisata budaya Jogja dimana lokasi wisata Istana Air Tamansari berada. Selain dari Tamansari ada objek wisata Sumur Gumuling dan juga galeri seni seperti galeri lukis di beberapa tempat, galeri batik, galeri kaos lukis, dan kerajinan-kerajinan lainnya.

Kotagede

Kotagede terkenal dengan peraknya. Kerajinan perak disini diminati hingga keluar negeri. Jika kamu kemari kamu bisa melihat hasil karya para pengrajin, membelinya, atau bahkan berlatih membuat kerajinan perakmu sendiri. Selain itu ada banyak wisata cagar budaya di Jogja di Kotagede seperti Makam Raja Kotagede, Masjid Agung Kotagede, Rumah Pesik, Omah UGM, Rumah Pocong, dan lain sebagainya.

Destinasi Wisata Budaya di Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu

Lanjut ke tempat wisata budaya yang ada di Yogyakarta berikutnya adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini unik karena menyimpan koleksi-koleksi seni dan budaya Jogja zaman Kerajaan Mataram dan Kesultanan Yogyakarta. Koleksi seninya menyerupai lukisan tangan, puisi, surat, tarian, batik, dan kain-kain tradisional. Hampir semuanya itu adalah buatan putri, pangeran, raja, dan ratu.

museum ullen sentalu jogja

photo by @naomisunggono

Rumah Budaya Tembi

Masih terbilang baru bukan berarti tidak bagus. Justru Rumah Budaya Tembi, sesuai dengan namanya adalah salah satu objek wisata budaya di Yogyakarta. Kamu bisa menemukan perkampungan tradisional, merasakan sendiri aktivitas kearifan lokal seperti menanam padi di sawah, melihat permainan tradisional, membatik, membuat gerabah, dan lain-lain.

  • Alamat: Jl. Parangtritis No.Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 30.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/oPK6qehzqNE2

Benteng Vredeburg

Wisata budaya tak melulu tentang seni. Bisa juga tentang sejarah. Dan kalau kamu ingin merasakan seperti apa Jogja ketika masih dijajah Belanda, datanglah ke Benteng Vredeburg. Museum yang dulunya benteng ini bangunannya masih kokoh berdiri seperti di masa lampau. Sangat klasik dan elegan dengan gaya khas Belanda, membuatmu bisa mempelajari sejarah seolah kamu adalah tuan dan nyonya Belanda.

Kawasan Malioboro

Lho, Malioboro juga tempat wisata budaya di Yogyakarta? Iya dong. Jalan ini menjadi saksi perjalanan sejarah, seni, dan budaya di Jogja. Di tempat ini kamu akan menemukan spot galeri batik, Benteng Vredeburg, Pasar Bringharjo yang dulu adalah pasar terbesar di Jogja, hingga kawasan Pecinan Malioboro yang sudah ada sejak dulu kala.

malioboro jogja

photo by @b.arifvianto

Museum Sonobudoyo

Tak jauh dari kawasan Malioboro, ada Museum Sonobudoyo. Museum ini ternyata adalah museum dengan koleksi terlengkap se Indonesia. Menarik ya? Artefaknya berupa peninggalan bersejarah dan seni mulai dari wayang, gamelan, batik, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Alamat:  Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 3.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/UicwH9bKMJz

Desa Wisata di Jogja

Terakhir yang pastinya menyajikan kebudayaan Jogja adalah desa wisata. Ada banyak desa wisata budaya Jogja. Contohnya saja desa wisata Manding yang terkenal akan kerajinan kulitnya. Kemudian Desa Wisata Kasongan yang terkenal akan gerabahnya. Tak mau kalah ada Desa Wisata Candran yaitu kampung wisata tani internasional. Atau desa wisata Banyusumurup dengan kerajinan kerisnya, desa wisata Krebet dengan batik kayunya, dan Kampung Batik Giriloyo.

Paket Wisata Budaya Jogja Pamitran Rental Motor

Sudah nggak sabar mau eksplor wisata budaya yang ada di Jogjakarta kan? Eitss, tapi tunggu dulu, kamu bisa lho pesan paket wisata budaya Jogja di Pamitran Rental Motor Jogja. Disini ada banyak paket tour jogja yang bisa kamu andalkan untuk pengalaman liburan yang lebih baik. Kamu bisa datang ke Keraton, Tamansari, atau desa wisata yang kamu inginkan di atas.

Dan lebih baiknya lagi ada sewa transport yang bisa mengiringimu. Kamu bisa sewa motor di Jogja atau juga rental mobil jogja murah disini. Armada andalan bisa kamu pilih seperti Avanza, Innova, Elf, Hiace, Camry, dll untuk mobil, sedangkan untuk motor ada Vario, KLX, Nmax, Honda Beat, Scoopy, dan masih banyak lagi.

Yuk segera hubungi kami untuk info lebih lanjut dan pemesanan via online.