Wisata Candi di Jogja – Menengok Seni Nenek Moyang yang Tak Lekang Waktu

Anda suka datang ke situs sejarah? Menengok sebentar ke masa lalu nenek moyang kita sambil berlibur bersama teman atau keluarga? Jika iya, Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu mencari objek wisata candi di Jogja.  Candi di Yogyakarta bukan hanya satu atau dua. Ada cukup banyak candi di Jogja yang bagus yang sudah direnovasi. Sekitar belasan dari mereka, dan itulah kenapa Jogja disebut sebagai kota seribu candi.

Pada wisata candi terbaik di Jogja ini anda akan diajak untuk melihat beberapa candi hits di Jogja, candi di jogja gratis, ataupun candi di jogja murah.

Baca juga: Wisata Budaya di Yogyakarta yang Keren

candi sambisari jogja

photo by @sisi.jogja

Destinasi Candi di Jogja Terfavorit

Candi di daerah Yogyakarta selalu jadi serbuan para wisatawan ketika libur tiba. Seni peninggalan nenek moyang ini memang tak lekang oleh waktu. Justru semakin hari semakin banyak yang menyukai. Dan tidak hanya wisatawan lokal saja yang suka datang ke candi terbaik di Jogja. Wisatawan manca juga suka melihat candi indah di Jogja ini.

Nah, sebelum berbicara jauh mengenai daftar candi di kota Jogja, ada informasi yang tak kalah penting seputar liburan yaitu tentang transportasi untuk anda yang mau datang ke candi-candi ini. Jika anda membutuhkan rental mobil di Jogja yang murah, maka jangan ragu untuk menghubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Disini ada sewa mobil innova, avanza, elf, hiace, camry, dan lain-lain.

Cek selengkapnya untuk Rental Mobil di Jogja Termurah >>

Juga bagi yang ingin lebih bersantai datang ke candi terdekat di jogja dengan motor, tersedia sewa motor Jogja dengan motor favorit seperti honda beat, vario, nmax, xmax, klx, dll. Dan jangan lupa untuk mampir melihat paket wisata candi daerah jogja. Ragam paket tour Jogja yang murah akan membawa anda melihat bukan hanya candi tetapi destinasi wisata Jogja lainnya.

Cek Paket Wisata Jogja Murah dan Terbaik>>

Tujuan Wisata Candi yang Wajib Dikunjungi di Jogja

Candi Prambanan Jogja

Candi Prambanan adalah tempat pertama yang wajib anda kunjungi. Rasanya belum lengkap jika ke Jogja namun tak ke tempat ini. Candi hindu di Jogja, Prambanan, menyimpan banyak cerita yang mengundang kekaguman. Belum lagi arsitekturnya yang luar biasa. Anda tentu tak mau melewatkan liburan ke candi Hindu terbesar di Indonesia ini kan?

Masih satu kompleks dengan Candi Prambanan, anda juga bisa melihat candi lain yang lebih kecil seperti Candi Lumbung jogja, Candi Sewu jogja, dan Candi Bubrah jogja.

Candi Borobudur Jogja

Menjadi andalan wisata, anda tak boleh melewatkan mengunjungi Candi Borobudur di Jogja. Letak candi yang sebenarnya berada di Magelang, Jawa Tengah ini sangat populer. Gelarnya sebagai peninggalan bersejarah dunia mengundang banyak sekali wisatawan dari seluruh dunia kemari. Di candi romantis di Jogja ini anda bisa berjalan mengelilingi Borobudur dan mengaguminya. Setelah itu mungkin mampir ke candi terdekat yang masih terhubung sejarah dengannya yaitu, Candi Mendut dan Candi Pawon. Atau bisa juga melihat kearifan lokal di desa wisata sekitar Borobudur.

candi borobudur jateng

photo by @yvettheworld

Candi Plaosan Jogja

Nama Candi Plaosan baru-baru ini menjadi hits. Letaknya dekat dengan Candi Prambanan. Namun dulu tidak terkenal karena masih dalam proses renovasi awal. Plaosan merupakan candi Buddha jogja yang sengaja dibangun untuk memperlihatkan keharmonisan dua agama terbesar di Nusantara saat itu. Candi ini dibagi menjadi dua lokasi, Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

candi plaosan jogja

photo by @jogja.istimewa

Candi Boko Jogja

Beranjak ke candi yang berikutnya, adalah Candi Ratu Boko. Tempat ini terkenal dengan candi jogja sunset yang terbaik dan magis. Sebenarnya Ratu Boko bukanlah candi tempat bersembahyang, melainkan sebuah istana peristirahatan dan benteng pertahanan kala itu. Sejarah candi ini pun selalu terkait dengan Candi Prambanan. Letaknya cukup unik karena berada di ketinggian bukit. Dari atas candi ini anda bisa melihat Prambanan di kejauhan.

Candi Ijo Jogja

Candi Ijo di Jogja juga tak kalah terkenal dengan candi lain. Inilah candi yang terkenal dengan candi di atas bukit jogja. Bahkan Candi Ijo tertinggi di Jogja. Dinamakan Ijo karena terletak di perbukitan yang cukup asri. Lingkungan sekitar candi pun tampak hijau dan bersih. Udara di candi ini sejuk sehingga banyak yang kemari untuk bersantai. Anda bisa lihat pemandangan kota dari atas dan menikmati Candi Ijo jogja sunset yang selalu dinanti.

Candi ijo jogja

Photo by @ramlan_halimi

Candi Sambisari Jogja

Candi yang terkenal di Jogja berikutnya adalah Candi Sambisari. Candi unik di Jogja ini jadi terkenal karena cukup aneh. Sambisari menjadi satu-satunya candi yang berada di bawah permukaan tanah. Ia ditemukan oleh seorang petani setempat saat akan membajak tanah untuk sawahnya. Sekarang, Sambisari jadi satu tujuan wisata wajib di Yogyakarta.

List Candi di Jogja yang Masih Baru

Candi Kalasan Jogja

Anda tak perlu bingung kalau beberapa orang menyebut Candi Kalasan dengan nama Candi Tara Jogja karena sebenarnya mengacu pada obyek yang sama. Candi Kalasan dibangun untuk menghormati Dewi Tara dalam kepercayaan Buddha. Uniknya lagi candi di Kalasan Yogyakarta ini berada di pinggir jalan. Anda bisa melihat bagian atas obyek wisata candi di jogja ini dari jalan masuknya.

wisata candi di jogja

photo by @mameder

Candi Sojiwan Jogja

Namanya mungkin masih cukup asing bagi wisatawan luar kota. Namun disini, tempat wisata candi Jogja ini menjadi salah satu candi di sekitar Prambanan yang direkomendasikan. Candi Sojiwan berada tak jauh dari Candi Plaosan. Merupakan Candi Hindu yang diciptakan penguasa saat itu untuk istrinya. Bangunan candi masih utuh dan itulah yang menjadi daya tariknya meski candi tak sebesar Prambanan atau Borobudur.

  • Alamat: Jl. Banjarsari, Kwaron, Kb. Dalem Kidul, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/TP6T5qUd7WH2

Candi Barong Jogja

Wilayah Prambanan memang pusatnya wisata candi-candi di Jogja. Di dekat Candi Prambanan terdapat juga candi Buddha lainnya yaitu Candi Barong. Candi yang terletak di jogja ini dinamakan demikian karena di tiap pintu masuk candi ada makara berbentuk barong (wajah singa/raksasa). Tempat ini masih sepi namun cantik dan terkenal dengan pelatarannya yang luas.

wisata candi di jogja

photo by @dodocantropus

  • Alamat: Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/CdYSvMAy8xF2

Candi Sari Jogja

Candi Sari dibangun sebagai kuil umat Buddha dahulu kala. Letaknya tersembunyi di antara perkampungan warga. Candi cantik Jogja yang tersembunyi ini biasa diserbu wisatawan untuk berfoto-foto karena bagian dari candi masih sangat utuh dan tiket masuknya juga murah.

Candi Candi di Jogja yang Cukup Tersembunyi

 

Candi Banyunibo Jogja

Jika anda termasuk penyuka wisata candi tersembunyi Jogja, cobalah cari Candi Banyunibo. Letaknya masih di Prambanan, sekitar Candi Ratu Boko. Candi Banyunibo tersembunyi di balik persawahan warga. Pemandangannya sangat cantik ketika hari cerah. Di belakang candi dikelilingi oleh bukit yang masih asri.

wisata candi di jogja

photo by @aanseftiyan

  • Alamat: Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo, Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/GhhsEY4Ec5o

Candi Gebang Jogja

Berikutnya ada candi yang masih belum dikenal banyak orang. Namanya adalah Candi Gebang.Candi di sekitar Yogyakarta ini juga bersembunyi di balik persawahan dan perkampungan warga. Jalan menuju candi juga cukup tersembunyi jadi harus bertanya ke warga sekitar. Disini hanya ada satu candi kecil, sehingga masuk ke candi ini tak perlu membayar tiket masuk. Atau membayar seikhlasnya.

Candi Abang Jogja

Wisata candi terakhir adalah Candi Abang. Ada yang unik dari wisata Candi Abang Jogja ini karena jika biasanya badan candi masih terlihat, Candi Abang ini sudah tertimbun dalam tanah yang menyerupai gundukan. Diberi nama Candi Abang karena cukup berbeda material yang digunakan untuk membangunnya yang menggunakan bata merah. Disaat semua candi di Jogja bermaterialkan batu candi berwarna hitam, Candi Abang menggunakan bata yang menjadi ciri khas candi di Bali. Anda hanya bisa melihat sebagian bata merah yang menyembul di permukaan bukit. Namun pemandangan di sekitar candi yang tersembunyi di balik hutan ini sangat menakjubkan apalagi ketika sunset.

wisata candi di jogja

photo by @jogjainfo

Bagaimana? Banyak kan ternyata candi di Jogjakarta ini? Bahkan sebenarnya masih ada lagi yang lain. Namun karena belum direnovasi sehingga belum dibuka sebagai tempat wisata. Silahkan kemari dan lihat sendiri kecantikan serta keunikan candi-candi yang ada di Jogja ini. Jangan lupa untuk menghubungi Pamitran Rental Motor Jogja untuk keperluan transportasi dan paket wisata di Jogja.