Seharian Menjelajah Obyek Wisata Dekat Malioboro Jogja

Ketika anda merencanakan perjalanan ke Jogjakarta, pasti terpikir untuk mampir ke Malioboro. Dan mungkin saja karena ketagihan dengan keindahannya, jadi ingin menghabiskan satu hari melihat obyek wisata dekat Malioboro. Tenang, wisata dekat Malioboro jalan kaki jaraknya tidak berjauhan. Bisa ditempuh dengan jalan kaki maupun naik becak dan andong. Tentu ada banyak wisata menarik dekat Malioboro. Mulai dari wisata belanja, mampir ke museum, melihat Keraton dan Tamansari, atau belanja oleh-oleh di wisata dekat dengan Malioboro.

Sementara itu di malam harinya, anda bisa habiskan waktu di wisata malam dekat Malioboro. Untuk anda yang pergi berlibur bersama anak atau keponakan bisa ajak mereka ke wisata anak dekat Malioboro. Tidak susah dan harga pun murah. Yuk kita lihat apa saja wisata murah dekat Malioboro.

Rekomendasi Destinasi Wisata Dekat Malioboro Hits

Tugu Kota

Pertama-tama sebelum memasuki kawasan Jl. Malioboro, datanglah ke Tugu Kota. Wisata dekat Malioboro Jogja ini mengundang kekaguman karena unik. Berupa sebuah tugu yang menjulang berwarna putih dan emas di tengah perempatan. Merupakan sebuah kesempatan yang tak terlupa ketika anda bisa berfoto disini.

Kampung Kali Code

Nah berikut ini wisata baru dekat Malioboro. Sebenarnya tidak baru juga, tapi kemudian dibuka untuk wisata umum setelah adanya aksi sosial. Kampung Kali Code merupakan kampung di bantaran Sungai Code yang tadinya kumuh. Setelah dibersihkan oleh seorang tokoh agama yang cukup terkenal, kini kampung ini juga dibuka untuk umum. Apalagi sekarang sudah dipercantik dengan cat warna-warni, lukisan-lukisan, dan diberi fasilitas umum seperti perpustakaan, pendopo, kamar mandi umum, dll. Yang pasti Kampung Kali Code adalah wisata gratis dekat malioboro.

wisata dekat malioboro

photo by @fikry_ahmeed

Jalan Malioboro

Tentunya wisata yang utama adalah Malioboro itu sendiri. Jalan ini membentang panjang dari utara ke selatan dan merupakan pusat perbelanjaan di Jogja. Tak hanya itu ada banyak hotel, tempat kuliner, dan tempat hiburan lainnya.

Pasar Beringharjo dan Hamzah Batik

Jika anda mencari batik murah Jogja, anda harus mampir ke Pasar Beringharjo yang berada di selatan Malioboro. Tempat ini tak kalah dengan wisata hits di Jogja dekat Malioboro lainnya, dan selalu ramai tiap hari. Terkenal juga dengan kuliner khas Jogja seperti pecel dan tahu bacem.

Selain Pasar Beringharjo, ada satu wisata Yogyakarta dekat dengan Malioboro lagi yang jadi pusat belanja batik dan souvenir khas tradisional Jogja. Apapun bisa anda dapati disini mulai dari asesoris, tas, topi, batik murah dan bergengsi, jamu, snack, dan peralatan rumah tangga yang unik. Hamzah Batik Jogja atau disebut juga dengan Mirota Batik adalah alternatif belanja murah ala Jogja.

Benteng Vrederburg

Benteng Vrederburg adalah salah satu obyek wisata budaya di Jogja yang wajib dikunjungi. Benteng ini buatan Belanda dan merupakan benteng pertahanan untuk menaklukan Jogja. Saat ini Benteng  Vredeburg ini menjadi wisata di kawasan Malioboro berbentuk museum. Anda bisa mengajak anak bersama. Sempatkan juga datang ke Kafe Indische sore hari atau malam untuk menikmati nongkrong dengan nuansa yang lebih berkelas.

benteng vredeburg jogja

photo by @arie_ardie

Taman Pintar

Objek wisata di Malioboro berikutnya bertema anak-anak. Adalah Taman Pintar, tempat wisata anak dekat Malioboro dengan desain taman kanak-kanak untuk belajar ilmu sains, antariksa, dan kebudayaan Indonesia. Disini pula ada perpustakan untuk berbagai macam ilmu. Meski dibangun untuk anak-anak, tentu orang dewasa bisa ke wisata di sekitaran Malioboro ini. Dan jangan heran jika anda pun merasa seru sendiri disini.

Taman Budaya Yogyakarta

Gedung yang biasa digunakan untuk berbagai macam pertunjukan seni ini beranama Taman Budaya Yogyakarta atau disingkat menjadi TBY. Namun ketika tidak ada pertunjukan dan pameran, anda bisa datang kemari melihat gedung kuno ala Belandanya dan mengunjungi Museum Kolong Anak Tangga. Objek wisata anak sekitar Malioboro ini dipenuhi koleksi mainan anak tradisional. Selain itu di dekat gedung TBY, ada tempat wisata sekitar jalan malioboro bernama Shopping yang merupakan toko buku termurah di Jogja.

wisata dekat malioboro

photo by @gatotindrajati

Museum Sonobudoyo

Bagi yang penasaran dengan museum yang ada di Jogjakarta, mampirlah ke Museum Sonobudoyo, tempat wisata dekat Malioboro Yogyakarta. Mumpung dekat makanya kunjungilah agar anda bisa lihat sejarah kota Jogja. Anda bisa jalan kaki kemari dari Malioboro.

wisata dekat malioboro

photo by @anton_ariyadi

Alun-Alun Utara dan Selatan

Bergeser sedikit dari Museum Sonobudoyo, di seberang jalannya anda sudah bisa menemukan Alun-Alun Utara yang ber-background Keraton Yogyakarta. Wisata populer dekat Malioboro ini wajib dikunjungi. Selain Alun-Alun Utara ada Alun-Alun Selatan. Keduanya akan semakin menarik ketika dikunjungi malam hari. Alun-alun terkenal sebagai wisata malam di Malioboro Jogja dimana anda akan menemukan gemerlap lampu dan wisata kuliner di Malioboro Jogja di Alun-Alun Selatan. Begitupun di Alun-Alun Utara yang jadi salah satu tempat nongkrong dengan konsep angkringan modern.

alun alun jogja

photo by @mahendra_dwika_putra

Keraton Yogyakarta

Mari kita kunjungi objek wisata sekitar Malioboro Jogja berikutnya yaitu Keraton. Anda wajib datang kemari karena Keraton ini ikonnya kota. Selain mengenal sejarah tempo dulu di museumnya, tujuan wisata sekitar Malioboro Keraton Jogjakarta ini menyuguhkan pertunjukan seni yang tidak biasa yaitu tari tradisional seperti Ramayana, wayang, mocopat, hingga gamelan.

Museum Kareta Karaton

Namanya memang tak begitu santer terdengar tapi biasanya jika anda ke Keraton maka akan dirujuk ke Kareta Karaton. Tempat wisata di Malioboro dan sekitarnya ini masih dekat Keraton Jogja, tepatnya di sampingnya persis. Merupakan museum yang menyimpan koleksi kereta-kereta kuda tua milik Sultan dan keluarganya. Beberapa dari mereka memiliki desain megah dan unik dengan pemaknaan dan fungsinya masing-masing.

wisata dekat malioboro

photo by @ @zia_ka

Taman Sari

Kalau yang satu ini pasti anda sering dengar. Wisata bagus dekat Malioboro, Tamansari,  adalah istana air yang dahulu merupakan taman dan pemandian keluarga kerajaan, serta drainase kuno yang kini jadi spot foto keren. Aktivitas yang dapat anda lakukan adalah melihat situs istana air, mengelilingi kampung seni Taman Sari, melihat situs Sumur Gumuling dan Pasar Ngasem.

Tempat Wisata Di Sekitar Malioboro Jogja

Kampung Cyber

Yang berikutnya cukup unik. Kampung Cyber namanya. Ada di sekitar Malioboro, kampung ini menawarkan internet gratis untuk para wisatawan yang ingin mencari info wisata Jogja agar tidak nyasar atau salah info. Komputer yang digunakan untuk mencari info pun di taruh di Pos Kamling. Anda juga bisa berfoto karena terdapat banyak lukisan dinding yang cantik.

wisata dekat malioboro

photo by @malaikakka

Titik Nol Kilometer

Setelah selesai datang ke tempat-tempat wisata wajib sekitar Malioboro, anda bisa datang ke Titik Nol Kilometer di malam harinya. Titik Nol Kilometer adalah obyek wisata malam di sekitar Malioboro yang jadi tempat nongkrong. Banyak jajanan murah khas disini.

Pusat Oleh-Oleh

Selanjutnya yang tak boleh dilupakan adalah ke pusat oleh-oleh. Biasanya jika anda naik becak pasti akan ditawari untuk sekalian ke jalan-jalan yang menawarkan oleh-oleh Jogja seperti galeri batik, pabrik bakpia, dan toko oleh-oleh terkenal, yang semua itu dapat dijelajahi masih dalam kawasan Keraton.

>> Selengkapnya>> Tempat Cari Oleh-Oleh di Jogja Terpopuler

Gudeg Wijilan

Nah terakhir, anda dapat bisa menghabiskan waktu mencicipi wisata kuliner dekat Malioboro yaitu gudeg. Diberi nama Gudeg Wijilan karena dijual di daerah Wijilan yang dekat dengan Alun-Alun Selatan. Gudeg ini terkenal lezat seantero Jogja dan merupakan jenis gudeg kering. Bikin penasaran kan?

wisata dekat malioboro

photo by @dhian_hardjodisastro

Segera saja datang ke wisata-wisata yang jaraknya tidak jauh dari Malioboro. Meski murah dan gratis, dijamin anda akan puas. Datang kesininya pun tak perlu bingung. Jika anda membutuhkan kendaraan silahkan sewa mobil jogja atau sewa motor Jogja di Pamitran Rental Motor Jogja. Kami pastikan anda puas karena kami adalah perusahaan rental nomor satu di Jogja. Selain itu kami tawarkan juga ragam paket tour Jogja yang paling spesial hanya untuk anda. Mau tahu lebih tentang kami? Silahkan hubungi kami via online.

Dan cek semuanya disini>>