Satu Hari Berada di Wisata Dekat Parangtritis Jogja? Siapa Takut!

Semua pasti setuju kalau Pantai Parangtritis adalah lokasi wisata populer di Jogja. Tapi ternyata ketika datang kemari, nggak hanya pantai tersebut yang bisa dikunjungi. Bagi kamu yang gemar melakukan observasi menjelajah ke tempat wisata unik sekalipun, kamu bisa menghabiskan satu hari di wisata dekat Parangtritis Jogja.

Nggak percaya? Destinasi wisata dekat dengan Parangtritis cukup beragam lho. Mulai dari pasar seni, hingga air terjun, bukit paralayang, dan yang paling terkenal adalah gumuk pasir nan eksotis. Langsung saja kita lihat ada apa saja di wisata di dekat Parangtritis.

Jajaran Wisata Dekat Pantai Parangtritis

Pasar Seni Gabusan

Pertama-tama sebelum menuju ke kawasan pantai selatan Jogja, ada Pasar Seni Gabusan untukmu yang ingin mampir. Lokasinya dekat ISI atau Institut Seni Indonesia. Yang dijual di pasar ini tentu saja berbagai macam kerajinan tangan yang dibuat oleh para warga yang memiliki industri rumahan, maupun para seniman yang bukan tidak mungkin dari ISI sendiri. Pastikan ke obyek wisata sekitar Parangtritis yang satu ini kalau mau lihat seni asli Jogja. Siapa tahu ada banyak yang bisa dibawa pulang dengan harga murah.

Pantai Parangtritis

Ikon utama dari wisata ini tentunya Pantai Parangtritis. Pantai ini berpasir hitam, cukup berbeda dengan pantai pasir putih di Gunungkidul. Disinilah mitos tentang Nyi Roro Kidul berada. Menurut kepercayaan masyarakat yang terasah mata gaibnya, kerajaan tak kasat mata Nyi Roro Kidul yang melindungi Jogja ini ada disini. Itulah kenapa Parangtritis memiliki nama lain Pantai Ratu Selatan Jogja.Tapi tenang, pemandangan wisata Parangtritis Jogja tak semengerikan ceritanya. Kamu bisa melihat sunset yang paling memukau di Jogja sambil makan jagung bakar atau naik andong.

pantai parangtritis jogja

photo by @rujidwardoyo

Air Terjun Parangtritis (Pantai Paragendog)

Tak begitu jauh dari Pantai Parangtritis, tepatnya di Pantai Parangendog yang berada di sebelahnya, ada air terjun kecil yang bermuara langsung ke laut. Wisata alam dekat parangtritis ini unik banget. Nggak heran mulai banyak yang datang mencarinya.

pantai parangtritis jogja

photo by @rockstartiket

Pantai Depok

Nah-nah, kalau yang ini cocok banget buat para penyuka kuliner. Pantai Depok adalah pantai selanjutnya yang nggak kalah terkenal dan berada di dekat Parangtritis. Pantai wisata terdekat parangtritis ini pusat nelayan mencari ikan dan menjual hasil tangkapannya dengan harga yang lebih murah dari pasar-pasar manapun. Kamu bisa beli ikan langsung dari nelayannya atau dari kios tempat pelelangan ikan. Bisa dibawa pulang juga lho.

Landasan Pacu Depok

Mau tahu wisata baru sekitar Parangtritis apa yang terdekat? Yaitu landasan pacu Depok. Letaknya masih disekitar Pantai Depok juga. Spot wisata sekitar pantai parangtritis ini sering digunakan spot selfie atau photoshoot juga. Viewnya ya jelas unik lah.

pantai depok yogyakarta

photo by @hyoubie

Pantai Cemara Sewu

Selain spot selfie, ada tempat wisata di sekitar parangtritis yang juga baru-baru ini mulai populer yaitu Pantai Cemara Sewu. Pantai Cemara Sewu dipenuhi oleh ratusan pohon pinus pantai yang jadi sangat indah berpadu dengan suasana sekitar yang masih sangat alami. Kalau ke Parangtritis terasa sangat ramai, datanglah ke Pantai Cemara Sewu yang lebih rileks.

Wisata yang Dekat Parangtritis dan Wajib Dikunjungi

Gumuk Pasir Parangkusumo

Lelah dengan pantai-pantai yang berjajar, kini kita beralih ke pesisir yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir ini dilindungi oleh pemerintah dan dijadikan taman penelitian oleh sejumlah universitas. Meksi begitu di wisata dekat parangtritis selain pantai, Gumuk Pasir Parangkusumo ini, banyak aktivitas lain mulai dari sandboarding hingga aktivitas foto prewedding atau photoshoot dilakukan disini. Tak jarang shooting sejumlah film pun mengambil gumuk pasir ini sebagai settingnya.

  • Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Maps>> https://goo.gl/maps/HEgRui3q4mmvNtqo7

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung. Sudah pernah dengar namanya belum? Wisata baru di Parangtritis ini lokasinya ada di atas bukit Parangtritis. Jadi jika kamu kemari bukan hanya pantai aja yang bisa kamu lihat, tapi juga bukit-bukit di atas pantai yang bisa kamu jelajahi. Pastikan menaiki mobil dengan mesin prima karena jalan yang dilalui sangat menanjak. Ini adalah kampung ramah anak dimana anak dan bahkan kamu akan diajari cara melayani diri sendiri dan bahkan orang lain. Kedai makan yang dimiliki pun unik dengan pemandangan indah dari atas bukit.

wisata dekat parangtritis jogja

photo by @qewqewmaya

  • Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Kecamatan Kretek, Duwuran, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/EqMQkagjW3DChbjf9

Bukit Paralayang Watugupit

Terakhir yang nggak kalah ciamik adalah wisata paralayang Parangtritis. Bukit Paralayang Watugupit adalah wisata bukit parangtritis yang terkenal sebagai spot mencoba aktivitas ekstrim paragliding dan juga sunset pantai. Pemandangan sunset dari sini indah banget. Wisata di atas Parangtritis ini bahkan terkenal sampai ke wisatawan mancanegara. Banyak yang sudah kemari dan mencoba terbang sendiri atau tandem. Coba juga kopi panas dan gorengannya. Sedap dan mantap apalagi pas nunggu sunset!

wisata dekat parangtritis jogja

photo by @viewjogja

Yes, itulah dia beberapa tujuan wisata terdekat Parangtritis. Dijamin kamu nggak akan bosan menghabiskan waktu disini seharian. Selain anti mainstream, obyek wisata disini cantiknya kebangetan. Tapi buat kamu yang mau kesini jangan lupa ya sewa motor dan mobilnya di Pamitran Rental Motor Jogja. Nomor 1 di Jogja soal urusan tour and travel.

Kamu bisa cek rental motor terbaik Jogja disini  ↓

Cek sewa mobil Jogja dan syaratnya disini  ↓

Cek juga paket tour Jogja terlaris dan terhitsnya  ↓

Atau langsung saja hubungi kami untuk info selanjutnya dan order.