30+ Tempat Wisata di Bantul Jogja yang Wajib Anda Ketahui

Membicarakan tentang Jogja akan sangat sayang kalau melewatkan potensi wisata di tiap kabupatennya. Selain Gunung Kidul yang sekarang sedang mencapai puncak popularitas, ada wisata di Bantul Jogja yang juga akan membuat hari anda menyenangkan. Pasalnya, ada beberapa wisata di Bantul yang lagi hits seperti wisata di Bantul Imogiri. Dan tentu masih ada banyak wisata di Bantul yang baru yang siap meramaikan liburan anda. Yuk kita lihat apa saja tempat wisata cantik di Bantul Jogja.

Jajaran Wisata di Bantul Hits yang Wajib Dikunjungi

Tour Pertama: Wisata di Bantul Dlingo

Wisata alam Bantul ternyata indah-indah. Sebut saja wisata paling hits di Bantul yang ada di daerah Mangunan, Dlingo. Pastinya anda sudah pernah mendengar beberapa nama tempat wisata di Bantul yang indah seperti berikut ini:

Wisata Bantul Hutan Pinus

Mangunan memang jagonya hutan pinus. Banyak sekali deretan tempat wisata yang menyajikan pemandangan ini. Mulai dari Hutan Pinus Asri hingga Puncak Becici yang jadi ikonnya hutan pinus.

hutan pinus mangunan dlingo

photo by @hiuitik

Lintang Sewu

Selain dari wisata becici bantul, ada wisata yang cukup unik. Kalau biasanya wisata di Bantul Mangunan terkenal dengan hutan pinusnya, Lintang Sewu adalah kawasan wisata hutan Bantul yang berupa hutan pohon kayu putih. Dengan ditambah beberapa spot taman, tangga, dan kursi, Lintang Sewu tempat yang cocok sebagai wisata romantis Bantul.

lintang sewu jogja

photo by @wonderfuldlingo

Seribu Batu Songgo Langit

Nah kalau yang satu ini pasti sudah pada tahu kalau terkenal dengan rumah hobbitnya. Anda wajib datang ke Seribu Batu Songgo Langit. Wisata instagramable di Bantul ini cukup luas dan banyak spot foto selfie yang bisa digunakan.

Jurang Tembelan dan Bukit Panguk

Spot ini tempat yang asyik untuk berfoto ala negeri di atas awan, apalagi jika anda datang sejak jam 5 pagi. Yang pertama ada Jurang Tembelan dimana anda dapat berfoto ala Titanic di kapal bambu pinggir jurang. Pemandangan spektakuler perbukitan di depan mata, kabut, dan matahari yang tampak malu-malu muncul sangat sempurna. Wisata Bantul bukit yang kedua adalah Bukit Panguk. Masih bertema negeri di atas awan, bukit ini cocok untuk melihat sunrise.

bukit panguk jogja

photo by @liburan_hits

Pinus Pengger

Selanjutnya kita punya hutan pinus lagi namun biasanya dikunjungi sebagai wisata malam di bantul jogja. Pinus Pengger merupakan wisata dlingo bantul dengan spot populer tangan raksasa, rumah indian, dan sebagainya.

pinus pengger jogja

photo by @innaya_isabella

Kebun Buah Mangunan

Berikutnya ada wisata di bantul kebun buah. Temanya cukup unik ya? Tapi selain anda bisa melihat kebun buah yang cukup luas, pemandangan sunrise dengan kabut tebal jadi andalan Kebun Buah Mangunan.

kebun buah mangunan

photo by @jong_catur

Tour Kedua: Objek Wisata Pantai di Bantul

Wisata Bantul Parangtritis

Siapa yang tidak tahu wisata wajib bantul satu ini? Pantai Parangtritis tentunya sudah terkenal seantero Indonesia. Berjuluk pantai ratu selatan, Parangtritis tak pernah sepi tiap harinya. Pantai ini pun salah satu yang paling cocok untuk wisata keluarga di Bantul Jogja.

Pantai Depok

Tak kalah hits dengan Pantai Parangtritis, Pantai Depok jadi primadona wisata di bantul diy. Namun berbeda dengan Parangtritis, Pantai Depok terkenal dengan Tempat Pelelangan Ikan dan warung-warung seafood. Disini anda bisa makan seafood dengan rombongan atau beli ikan langsung dari nelayannya yang harganya bisa ditawar. Dan tentu ada spot-spot foto menarik lainnya seperti landasan pacu depok salah satunya.

pantai depok yogyakarta

photo by @apriyanto_photo

Gumuk Pasir

Meskipun bukan berupa pantai, tapi lokasi wisata bantul gumuk pasir ada di dekat Pantai Parangtritis. Wisata Bantul populer ini cukup menarik karena anda bisa belajar sandboarding dan berfoto di spot selfie yang tersedia.

gumuk pasir jogja

photo by @okta_nosee

Pantai Samas

Sudah pernah ke Pantai Samas belum? Wisata Bantul pantai ini masih cukup sepi. Ramai jika liburan tiba. Namun anda pasti merasa lebih lega bermain ke Pantai Samas.  Selain pantai, anda bisa kunjungi mercusuar di Pantai Pandansari yang ada di sebelah, dan kebun bunga matahari yang lagi hits.

pantai samas jogja

photo by @pantai_samas

Pantai Goa Cemara

Satu lagi pantai yang unik di bantul yaitu Pantai Goa Cemara. Disini anda bisa ngadem dengan bermain pantai atau bersembunyi di balik goa dari pepohonan cemara. Atau bisa juga menikmati udara segar dengan menaiki ATV keliling pantai.

photo by @ariefsatria_

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Tak hanya pantai, ternyata di dekat Parangtritis ada wisata edukasi Bantul. Cocok untuk anak dan keluarga. Kampung Edukasi Watu Lumbung adalah kampung di ketinggian bukit yang siap mengedukasi anak tentang kearifan lokal.

Tour Ketiga: Wisata Bantul Air Terjun

Wisata Bantul Air Terjun Pulosari

Ada sebuah air terjun yang cukup indah bernama Curug Pulosari. Wisata grojogan Bantul ini jadi cukup unik karena berada di tengah kawasan yang kering. Eksotis sekali pemandangannya. Anda bisa berenang di kolam alami wisata bantul sepi ini.

wisata air terjun di jogja

photo by @yusuf_dzikrianto

Air Terjun Randusari

Tentu saja wisata di bantul selain pantai ada banyak. Contohnya saja Air Terjun Randusari. Randusari memang tidak seberapa besar dan tinggi. Tapi hammocking disini bisa sangat menyenangkan. Dan, ini adalah wisata gratis Bantul. Anda hanya perlu membayar parkir motor jika masuk ke dalam menggunakan motor sebesar Rp 2.000.

Air Terjun Kedung Pengilon

Air Terjun kedung Pengilon adalah wisata di bantul terbaru. Tak heran kalau pengunjungnya masih sedikit. Dengan air jernih kehijauan, air terjun ini dicintai orang yang sudah mengunjunginya.

Grojogan Lepo

Wisata di Bantul yang tersembunyi berikutnya adalah Grojogan Lepo. Suara gemericik air yang menenangkan di tengah persembunyian di balik bukit sangat indah. Air Terjun lepo sendiri sering disamakan dengan Erawan Falls di Thailand. Tak percaya? Buktikan sendiri kemari.

wisata air terjun di jogja

photo by by @berandajogja

Air Terjun Tuwondo

Lagi-lagi ada wisata curug di Bantul yang memuaskan mata. Air terjun Tuwondo terjun bebas di bebatuan hitam nan kokoh. Disertai oleh sebuah kolam yang dalamnya kurang lebih 3 meter bisa dibuat berenang juga lho.

Grojogan Pucung

Siapa yang tidak meleleh melihat keindahan wisata di Bantul yang belum terjamah ini? Grojogan Pucung yang berair biru tosca dengan tinggi air terjun yang pendek serta tersembunyi, pastinya sangat menawan.

wisata di bantul  jogja

photo by @ihsanudn

  • Lokasi: Pundong, Bantul, Jogja
  • Harga tiket masuk: gratis

Baca juga: Tempat Wisata di Sleman Jogja dari yang Terkenal Sampai yang Terbaru

Tempat Wisata Favorit Di Bantul

Goa Cerme Bantul

Goa Cerme Bantul memiliki keindahan goa yang tercipta secara alami. Di bagian dalamnya anda bisa menemukan sungai dalam goa. Tapi ternyata tahukah anda bahwa wisata goa bantul yang satu ini dulu jadi tempat bertemunya Wali Songo sebagai tempat dakwah dan pendirian Masjid Agung Demak?

wisata di bantul jogja

photo by @ghinataufiq

Goa Selarong

Berwisata sejarah sebentar yuk. Tapi di tempat yang antimainstream dan yang jelas bukan di museum. Adalah Goa Selarong, wisata goa di Bantul, yang sudah lama terkenal. Goa ini jadi tempat bertapa Pangeran Diponegoro sekaligus tempat bersembunyi dan markas perang gerilya yang dipimpinnya. Di dekat goa ini pun ada bumi perkemahan bagi yang ingin mencoba camping.

Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan gantung jadi tempat wisata? Tepatnya jadi spot selfie. Anda bisa mampir kemari saat bersama teman ketika pagi hari atau sore. Jembatan Gantung Selopamioro yang berwarna kuning akan menjadi background foto yang ceria. Unik ya wisata di Bantul Yogyakarta satu ini?

Desa Wisata Tembi

Jika anda membawa anak, ajaklah mereka untuk berwisata edukasi di wisata Tembi Bantul. Anda bisa juga lho sekalian menginap di penginapan bergaya tradisional disini. Anak akan dikenalkan dengan kegiatan mengolah sawah, kearifan lokal, seni tradisional, dan permainan tradisional. Jika anda beruntung anda bisa sekalian melihat pameran atau pementasan di wisata anak bantul, Desa Wisata Tembi ini.

Baca juga: Objek Wisata yang Ada di Gunung Kidul Jogja

Pererengan Park dan Sawah Sukorame

Bagi anda yang tinggal di perkotaan besar seperti Jakarta, melihat hamparan sawah tentu jadi hal yang indah dan mendaimaikan hati. Jangan khawatir. Saat datang ke Jogja anda bisa datang ke wisata asik di bantul bertema sawah yaitu Pererengan Park dan Sawah Sukorame. Pererengan Park di Sanden ini terkenal dengan sunsetnya. Sedangkan Sawah Sukorame lebih dulu muncul di media sosial dan tentunya tak kalah dengan Pererengan Park. Ketika anda kemari anda bisa berfoto dengan menggunakan caping yang bisa disewa.

wisata di bantul jogja

photo by @defikataqilala

Kebun Bunga Matahari Jalur Lintas Selatan

Anda mungkin sudah pernah melihat kebun bunga matahari yang ramai di medsos. Lokasinya ada di Jogja tepatnya di jalur lintas selatan, dekat dengan Pantai Samas. Objek wisata di Bantul ini selalu ramai pengunjung ketika musim berseminya bunga datang.

wisata di bantul jogja

photo by @ayodolan

  • Lokasi: Jalan Lintas Selatan, Srigading, Sanden, Trukan, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 an
  • Maps>> https://goo.gl/maps/8hxMtE6bDdL1kvM69

Resoinangun Garden

Selain wisata bantul bunga matahari, ternyata daerah ini juga punya kebun bunga Celosia yang berwarna merah dan kuning. Resoinangun Garden, demikian namanya dipenuhi oleh celosia yang instagramworthy serta bunga-bunga kenikir dan jenis lainnya.

wisata di bantul jogja

photo by @erlintopia

Makam Imogiri

Makam Imogiri adalah tempat wisata di area Bantul selanjutnya yang akan kita bahas. Makam ini juga destinasi wisata sejarah yang cocok untuk family trip. Anda akan bisa merasakan sensasi perjuangan menaiki ratusan anak tangga demi bisa sampai ke kawasan makam utama. Untuk masuk ke dalam makam pun anda harus menggunakan kain kemben seperti jarik. Asyik kan? Makanya segera datang ke wisata bantul murah ini.

wisata di bantul jogja

photo by @gadisrafidha

Wisata Kasongan Bantul

Satu lagi desa wisata di kabupaten Bantul yang cukup terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Ada banyak galeri gerabah yang bisa dikunjungi. Anda pun bisa belajar membuat gerabah sendiri. Gerabah di Kasongan sudah sampai luar negeri lho ternyata. Anda pun bisa mengkoleksinya mulai dari harga termurah hingga yang mahal.

desa wisata di jogja

photo by IhateGreenJello

Wisata Anggur Bantul

Kali ini ada yang baru. Anda pasti terkejut karena sekarang ada Kampung Anggur Bantul. Di kampung ini tentunya anda bisa menemukan kebun-kebun anggur dengan jenis anggur varietas Ninel dari Ukraina. Dan karena anggur jenis ini tak mengenal musim, maka anda bisa kesini kapan saja.

  • Lokasi: Desa Plumbungan, Gedogan, Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Kab. Bantul, DIY.
  • Harga tiket masuk: gratis. Beli anggur Rp 100.000 / Kg.

Baca juga: Destinasi yang Ada di Kulon Progo Jogja

Museum Affandi

Tidak susah mencari tempat wisata di Bantul untuk anak. Terutama jika anda menginap di sekitar area kota Jogja. Ada Museum Affandi yang menyimpan koleksi lukisan bernilai tinggi milik sang maestro lukis Affandi. Dengan lokasi yang sangat unik, pasti akan menambah semarak liburan.

wisata di bantul jogja

photo by @diarychyntia88_hk

  • Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
  • Harga tiket masuk: Rp 25.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/HG2oXkQUcPGmnR1r8

De Mata Trick Eye

Referensi tempat wisata di Bantul masih belum selesai dibahas. Kali ini kita punya wisata museum di bantul yang tidak membosankan karena bertema foto 3D. De Mata Trick Eye Museum masih cukup baru namun mulai banyak pengunjungnya. Tak cukup berfoto 3D? Berfotolah bersama patung tokoh-tokoh terkenal di De Arca juga.

de mata trick eye jogja

photo by @yuzufyu

History of Java

Selalu ada yang baru di Jogja. Museum History of Java, satu lagi museum unik yang kali ini memberikan pengetahuan sejarah terbentuknya Pulau Jawa hingga kerajaan yang ada di pulau ini, yang dibalut dengan adanya aplikasi teknologi informasi. Disini pun anda bisa berswafoto 3D.

  • Lokasi: Jl. Parangtritis Km 5.5 ( Pyramid Cafe) Tarudan Bangunharjo Sewon Bantul Regency Special Region of Yogyakarta Tarudan, Tarudan, Bangunharjo, Sewon, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55188
  • Harga tiket masuk: Rp 30.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/oe6JdfguEWQENMvE8

Tak perlu keluar negeri hanya untuk seru-seruan ketika berlibur kan? Di Indonesia sendiri masih banyak hal yang belum dieksplor. Dari Yogyakarta saja ternyata ada wisata Bantul Jogja yang bisa dijelajahi. Nah, kalau anda mau ke tempat-tempat wisata tadi jangan lupa sewa mobil di Jogjanya di Pamitran Rental Motor Jogja. Lebih bebas lho kalau anda sewa kendaraan pribadi. Anda bisa rental mobil dengan driver maupun rental mobil jogja lepas kunci.

Tentu selain itu ada rental motor Jogja yang tersedia. Dan tebak yang paling menyenangkan. Yaitu adanya paket wisata di Jogja yang murah dan ragamnya banyak. Anda bisa cek sendiri di website kami. Atau langsung saja hubungi kami untuk lebih jelasnya.