Puluhan Tempat Wisata Di Gunung Kidul Yang Wajib Dikunjungi

Jika anda ke Jogja tentunya ingin mengunjungi kabupaten Gunung Kidul sekalian ya, untuk melihat wisata di Gunung Kidul yang memang selalu hits. Anda tak perlu khawatir karena wisata di Gunung Kidul terbaik itu sangat banyak. Kalau yang anda tahu selama ini hanyalah pantai pasir putihnya, berarti anda harus baca list wisata di Gunung Kidul Jogja di bawah ini. Kenapa? Karena wisata di gunung kidul wonosari itu banyak ragamnya. Anda mau cari apa? Wisata bukit seperti di Mangunan? Air terjun, goa-goa, dan mungkin juga wisata yang masih terbilang baru? Semuanya ada di wisata Gunung Kidul dan sekitarnya ini.

Mengunjungi Wisata Gunungkidul yang Hits

Dibawah ini anda akan melihat deretan wisata Gunung Kidul yg lg hits. Jangan heran ya kalau ternyata ada banyak sekali.

Jajaran Wisata di Gunung Kidul Pantai

Pantai Teras Kaca

Bagi anda yang suka mengikuti kegiatan di media sosial mungkin sudah akrab dengan tempat wisata gunung kidul instagram bernama Pantai Teras Kaca. Fotonya selalu ada dimana-mana karena memang popularitasnya tinggi. Jika anda kemari, anda bisa berfoto di jembatan kaca yang jadi ikon tempat ini, dan jajal juga spot foto menarik lainnya.

teras kaca jogja

photo by @yuliusekyy,

Pantai Siung

Nah, berbeda dengan tema instagramable, Pantai Siung adalah salah satu objek wisata pantai di gunung kidul yang menawarkan sensasi menantang adrenalin. Pantai ini punya keunikan yaitu aktivitas rock climbing. Tentunya ini cocok buat anda yang sedang mencari wisata adrenalin di Jogja. Dan ternyata Siung juga terkenal dengan pantai di Gunung Kidul snorkeling. Anda dapat sewa alat snorkel disini dan menikmati kekayaan laut Siung atau coba memanjat tebing di belakang pantai.

pantai siung jogja

photo by @pantai_siung

Pantai Timang

Selanjutnya kita akan bahas wisata pantai di gunung kidul jogja yang menantang adrenalin. Adalah Pantai Timang rajanya wisata ekstrim di gunung kidul. Disini ada gondola kayu yang populer. Ketika anda menyeberang ke pulau Timang dengan gondola yang hanya cukup untuk satu orang ini, anda pun akan disambut ombak besar yang menjulang tinggi.

pantai timang jogja

photo by @tankwanhong

Pantai Nglambor

Jelajahi kekayaan bawah laut Indonesia di bagian selatan dengan mengunjungi Pantai Nglambor dan mencoba wisata pantai gunung kidul snorkeling disini. Harga snorkelingnya cukup murah sekitar Rp 50.000. Anda sudah bisa menyapa alam bawah laut yang masih terjaga di Nglambor. Aktivitas utama di Pantai Nglambor, ya snorkelingnya.

pantai nglambor jogja

photo by @pratamaaditya21

Pantai Wediombo

Wisata laut di gunung kidul berikutnya adalah Pantai Wediombo. Pantai ini cukup luas dan pemandangannya luar biasa indah. Wisata Gunung Kidul Wediombo dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi nan hijau. Air laut yang biru dan kolam raksasa alami di pinggir pantai pun jadi daya tariknya.

Pantai Sepanjang

Tapi tak ada yang garis pantainya sepanjang wisata gunung kidul Pantai Sepanjang. Diduga Pantai Sepanjang ini adalah satu-satunya pantai di Jogja yang punya garis pantai terpanjang. Anda penasaran? Silahkan buktikan sendiri kemari. Coba saja jalan-jalan pantai dari satu arah ke arah lain. View sepanjang pantai pun sangat menakjubkan apalagi ketika sunset.

pantai sepanjang jogja

photo by @pantaisepanjang

Pantai Pok Tunggal

Ini dia wisata ngehits di Gunung Kidul, Pantai Pok Tunggal. Pantai ini termasuk masih sepi, alami, dan menyenangkan. Aktivitas utama yang biasanya dilakukan pengunjung adalah camping karena memang tempat ini cocok untuk wisata gunungkidul buat ngecamp. Nikmati juga suasana wisata gunung kidul malam hari di tempat ini.

pantai pok tunggal jogja

photo by @mhmmdarya31_

Pantai Ngobaran

Ada pantai Gunung Kidul mirip Bali. Pantai Ngobaran sangat unik karena satu-satunya pantai yang bernuansa Hindu seperti di Bali. Ada Pura dan segala macam yang mengingatkan anda tentang pulau dewata. Makanya tak salah jika Pantai Ngobaran masuk sebagai salah satu tempat wisata instagramable di gunung kidul.

photo by @arrumm02

Pantai Kukup

Lagi lagi ada obyek wisata di gunung kidul yogyakarta yang mirip pantai Bali. Adalah wisata di gunung kidul Pantai Kukup yang punya pulau karang di pinggir pantai seperti yang ada di Tanah Lot. Untuk kemaripun anda harus melewati jembatan yang sudah ada. Pemandangannya menakjubkan terutama ketika hari biasa dimana pantai jadi lebih tenang. Jangan lupa juga untuk mampir ke Pantai Baron dan wisata gunung kidul Pantai Krakal.

Pantai Jogan

Pernah lihat atau mendengar pantai dengan air terjun jadi satu? Kalau belum berarti anda wajib ke obyek wisata gunung kidul keren satu ini. Di Pantai Jogan anda bisa melihat air terjun mengalir perlahan di pinggir pantai, menambah suasana yang indah. Apalagi ketika sunset. Jogan termasuk wisata gunung kidul sunset terbaik lho.

pantai jogan gunungkidul

photo by @ihsanudn

Pantai Ngrenehan

Terakhir namun bukan yang paling akhir adalah Pantai Ngrenehan. Ngrenehan adalah pantai di Gunung Kidul yang masih sepi tapi cantik. Deretan kapal nelayan di labuhannya yang berjajar rapi dan seafood enak tentu menjadi penyumbang popularitasnya. Air laut yang berwarna biru tosca pun mengundang anda untuk bermain air hingga sunset menjelang. Pantai Ngrenehan juga cocok untuk yang sedang cari wisata gunung kidul backpacker.

pantai ngrenehan jogja

photo by @pantai.jogja

Wisata Goa di Gunung Kidul Wajib Dikunjungi

Goa Pindul

Jika tadi sudah pantai, sekarang kita akan melihat wisata di gunung kidul selain pantai yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan. Goa Pindul yang terkenal akan cave tubingnya adalah satu dari sekian wisata yang harus anda kunjungi. Kecantikannya bahkan sudah meramaikan dunia internasional. Di wisata gunung kidul Goa Pindul anda akan diajak cave tubing menyelami goa-goa tersembunyi yang terisi air.

goa pindul jogja

photo by @dinawidiari

Goa Kalisuci

Tak hanya Goa Pindul, sensasi cave tubing bisa dirasakan di Goa Kalisuci. Wisata goa di Gunung Kidul Jogja yang satu ini lebih sepi, lebih alami, dan lebih asri. Anda akan merasakan sensasi cave tubing atau rafting yang sesungguhnya. Goa di Kalisuci lebih banyak dan ada air terjunnya juga.

Goa Jomblang

Cocok untuk anda yang berjiwa petualang, Goa Jomblang siap menerima anda jadi tamunya untuk menjelajahi wisata adventure di Gunung Kidul di perut bumi. Goa ini juga terkenal dengan hutan purbanya. Anda akan masuk dari lubang goa yang terdapat di permukaan bumi sekitar 50 meter ke bawah. Silahkan saksikan dan berfoto dengan fenomena Heaven’s Light Jomblang.

Goa Rancang Kencana

Goa ini mungkin tak seberapa terkenal. Tapi jika anda berkunjungi ke Air Terjun Sri Gethuk anda pasti disarankan kemari. Goa Rancang Kencana ini cukup unik dan sudah dilengkapi fasilitas seperti tangga-tangga untuk membantu anda eksplor dalam goa. Ternyata goa Rancang Kencana memiliki sejarah yang tinggi. Apa sejarah yang disimpannya? Silahkan datang kemari dan cari tahu.

wisata di gunung kidul

photo by @sabri.paulipu

Goa Gelatik

Wisata di Gunung Kidul diy berikut ini agak menantang. Goa Gelatik adalah goa yang cukup rendah dan dihuni oleh kelelawar. Namun bagi anda yang suka adventure, tentu saja ini adalah hal yang menarik. Jika anda kemari pastikan membawa peralatan susur goa yang lengkap ya.

Wisata Gunung Kidul Air Terjun Tercantik

Air Terjun Sri Gethuk

Gunung Kidul tak terlalu memiliki banyak air terjun. Namun ada beberapa wisata air terjun di gunung kidul yang bisa anda coba kunjungi. Yang paling terkenal adalah wisata gunung kidul Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini mengalir deras dan bermuara ke aliran sungai di bawahnya. Di tempat ini pun anda bisa menyusuri sungai dengan sampan sederhana.

air terjun sri gethuk

photo by @ayodolan

Air Terjun Luweng Sampang

Anda mau lihat bebatuan seperti Grand Canyon dan dialiri air terjun? Coba saja ke Air Terjun Luweng Sampang wisata curug di gunung kidul yang indah. Tapi usahakan datang ketika musim hujan, debit air akan cukup membuat tempat ini jadi menakjubkan. Plus airnya jadi jernih. Pokoknya anda hanya akan kepikiran untuk berenang deh.

wisata air terjun di jogja

photo by @arif_josselalu

  • Lokasi: Jl. Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863
  • Harga tiket masuk: gratis, hanya bayar parkir
  • Maps>> https://goo.gl/maps/vvx1D8bR8RaLxS3VA

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang terletak dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Air terjun ini cukup unik dan sangat indah karena terletak di tengah sawah warga dan memiliki batu yang sangat hitam berasal dari bebatuan gunung api purba berjuta tahun yang lalu. Bahkan banyak turis yang mampir kesini, jadi anda pun wajib ke wisata gunung kidul non pantai ini.

wisata air terjun di jogja

photo by @infojogja.co

Wisata Gunung Kidul Hutan Pinus yang Lagi Hits

Tak mungkin mengecualikan tempat wisata gunung kidul Mangunan yang memang sedang jadi primadona pariwisatanya Jogja. Wisata hutan di gunung kidul ini terkenal sekali lho, sampai-sampai banyak turis kemari. Hutan Pinusnya mempesona dan perbukitannya unik-unik dengan spot selfie. Sebut saja Hutan Pinus Puncak Becici, Hutan Pinus Asri, dan spot bukit seperti Lintang Sewu, Jurang Tembelan, Bukit Panguk, Rumah Hobbit Seribu Batu, Bukit Mojo, dan lain-lain. Wisata di gunung kidul bukan pantai ini jangan lupa anda masukkan dalam list tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

Wisata Favorit di Gunung Kidul Terlengkap

Gunung Api Purba Nglanggeran

Berikutnya ada wisata gunung kidul gunung api purba. Unik ya? Gunung Api Purba Nglanggeran ini salah satu dari sekian banyak tempat trekking di Jogja. Dengan jalur yang pendek dan mudah siapapun bisa coba menaklukan gunung ini. Letaknya pun berada di Desa Wisata Nglanggeran. Sebagai desa wisata tentu tidak hanya gunung api purba saja yang jadi andalan. Ada Embung Nglanggeran dan Air Terjun Kedung Kandang di pariwisatanya dan wisata budaya di gunung kidul yang bisa anda ikuti.

gunung api purba nglanggeran

photo by @pamuji.w

Embung Nglanggeran

Seperti yang tadi dibicarakan, ada wisata embung dekat Gunung Api Purba. Namanya wisata di gunung kidul Embung Nglanggeran. Embung ini jadi pionir wisata embung di Jogjakarta. Di kota ini embung atau tempat tadah hujan untuk sistem irigasi cukup terkenal dan tak jarang jadi lokasi wisata karena biasanya embung berada di tempat yang tinggi atau di perbukitan dengan pemandangan indah.

gunung api purba nglanggeran

photo by @eko.mangkusubroto

Embung Batara Sriten

Satu lagi tempat wisata gunung kidul embung yang terkenal yaitu Embung Batara Sriten. Batara Sriten ini baru-baru saja hits karena jadi embung yang berada di bukit tertinggi Gunung Kidul. Tentu lansekapnya luar biasa cantik.

Bukit Bintang

Jika anda mau cari wisata malam di Gunung Kidul, mungkin Bukit Bintang bisa jadi salah satu solusinya. Bukit ini memang menawarkan panorama malam Jogja yang syahdu dengan gemerlap lampu kota yang nampak seperti bintang. Anda juga bisa dinner bersama yang terkasih dan merasakan sensasi wisata romantis di gunung kidul.

Bukit Kosakora

Dari Bukit Bintang kita pindah ke Bukit Kosakora. Wisata Gunung Kidul terbaik ini selalu ramai dikunjungi para pecinta fotografi dan penggila instagram. Kosakora adalah sebuah bukit yang terdapat di pinggir pantai. Di bukit ini biasanya pengunjung bersantai menikmati laut, berfoto, bahkan ber-camping karena tempat ini wisata buat camping di Gunung Kidul yang cukup terkenal.

  • Lokasi: Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket: bayar retribusi pantai Rp 10.000, dan tiket masuk bukit: Rp 2.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/m77xFB1Eagcw6ZPw6

Bukit Pengilon

Rekomendasi tempat wisata di gunung kidul seolah tak pernah ada habisnya. Kalau tadi sudah ada Bukit Kosakora, sekarang ada Bukit Pengilon yang merupakan bukit yang cukup tinggi di pinggir pantai. Bukit Pengilon ini merupakan sebuah bukit dengan rumput hijau seperti padang savana. Wisata gunung kidul alam ini bisa digunakan untuk camping, trekking, dan bersantai melihat lautan lepas.

wisata gunung di jogja

photo by @jogjajateng

  • Lokasi: Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/uBC7UD4tDsD6cT1B8

Desa Wisata Bobung

Tak hanya melulu tentang wisata alam, Gunungkidul juga tempat terbaik untuk menemukan desa wisata. Tentu jenis wisata ini tepat untuk wisata gunung kidul untuk anak. Selain desa wisata Nglanggeran, anda bisa coba Desa Wisata Bobung yang jadi sentra topeng lukis dan batik kayu. Unik kan? Tak hanya itu, ada wisata alam seperti Air Terjun Banyunibo dan goa juga lho.

wisata di gunung kidul

photo by @andripopz

Desa Wisata Bejiharjo

Selanjutnya, masih bertema desa wisata. Jika anda mau wisata gunung kidul lengkap, ya Desa Wisata Bejiharjo jawabannya. Disini anda akan mendapat wisata edukasi, budaya, sekaligus alam. Anda akan diajak melihat budidaya ikan lele, pembuatan blangkon, hingga penyulingan minyak kayu putih, dan napak tilas Jendral Soedirman. Tak berhenti disitu wisata gunung kidul untuk keluarga ini mengajak anda mengunjungi situs megalitik pra sejarah, menyaksikan Wayang Beber, reog, doger, dan Legenda Gedong Gelaran. Dan yang tak kalah seru dari semua itu ialah, menyusuri Sungai Oyo dengan river tubing, jelajah Goa Pindul dan Goa Gelatik. Ketika anda kemari cicipi juga bagaimana sedapnya sayur lombok ijo dan teh rosella.

wisata di gunung kidul

photo by @faisalalauddin

Baca juga: Rekomendasi Lengkap Desa Wisata Menarik di Jogja

Wisata di Gunung Kidul Terbaru yang Masih Jarang Dikunjungi

Wisata Gunung Kidul Bunga

Wisata bertema kebung bunga memang lagi hits di Jogja. Jika anda ingin mencarinya sewaktu di Gunungkidul datanglah ke kebun bunga Amarilis, Kebun Bunga Celosia dekat Pantai Kukup, dan Taman Bunga Nawari untuk lokasi kebun bunga matahari.

wisata di gunung  kidul

photo by @jogja.istimewa

Gunung Bagus

Apalagi yang terbaru dari Gunung Kidul? Ini dia wisata Gunung Bagus Gunungkidul atauyang lebih terkenal dengan nama Bukit Teletubbies Jogja atau Sumbawa-nya Jogja. Kawasan Gunung Bagus adalah sebuah kawasan pertanian berupa bukit-bukit jagung seperti dome Teletubbies.

wisata di gunung kidul

photo by @gunungkidulmoment

Gunung Gambar

Gunung Gambar punya view yang sangat bagus. Gunung ini dulu dipakai bertapa oleh Pangeran Samber Nyawa, dan sekaligus jadi tempat menggambar peta dan strategi penyerangan cucu pangeran Raden Mas Said terhadap Belanda. Dengan datang ke wisata gunung gambar gunungkidul, anda akan dapat view menarik dan menyingkap satu lagi sejarah tersembunyi di Indonesia.

  • Lokasi: Ngawen, Kab. Gunung Kidul, DIY.
  • Harga tiket masuk: Gratis!

Gunung Gentong

Gunung Gentong punya nama keren Puncak 4G, yang artinya Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul. Anda hanya butuh 15 menit untuk sampai puncak wisata di gunung kidul murah ini dari area parkir. Fasilitas sudah memadai, gazebo pun bisa digunakan untuk beristirahat. Apa yang menarik dari lokasi ini? Sunrise mantap, camping memanja.

wisata gunung di jogja

photo by @ryngraphyart

Telaga Biru Semin

Jogja ini ada-ada saja. Bekas tambang yang digenangi air selama bertahun-tahun pun jadi tempat wisata. Telaga Biru Semin atau Danau Semin merupakan tempat wisata baru yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Jika anda pernah melihat seperti apa penampakan Danau Kelimutu, ya kira-kira seperti itulah penampakan Telaga Biru Semin ini. Lagi-lagi wisata gunung kidul tersembunyi ini gratis!

wisata tersembunyi di jogja

photo by @piknikgunungkidul

  • Alamat: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY
  • Harga tiket masuk: gratis. Hanya bayar parkir.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/B3NJfkve45m

Watu Giring

Mau ke wisata gunung kidul gratis? Ke Watu Giring aja. Watu Giring memang bukan buatan alam. Melainkan buatan manusia dan merupakan bekas tambang batu hitam yang sekarang justru berbentuk tangga berundak. Malah membuatnya seolah peninggalan suku dari peradaban yang sangat tua. Tidak percaya? Lihat saja sendiri. Tempat ini juga sering dijadikan spot photoshoot.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @dopiknikjogja

Gunung Ireng

Di wisata Gunung Kidul yang masih sepi berikutnya kita punya Gunung Ireng. Sesuai dengan namanya puncak gunung ini berbatu hitam dan memang tak seberapa besar. Namun jadi terkenal karena keindahan matahari terbitnya dan wisata camping.

wisata gunung di jogja

photo by @dimas.hy

Laut Bekah

Sebagian dari anda mungkin sudah pernah ke Uluwatu Bali. Kali ini Jogja nggak mau kalah juga lho dengan menghadirkan wisata wisata alam baru di gunung kidul, Laut Bekah, yang sangat menawan. Tempat ini masih jarang dikunjungi. Berupa tebing tinggi yang menawarkan pesona laut selatan yang mempesona mirip dengan Uluwatu.

Pantai Watu Lumbung

Selanjutnya ada si cantik Watu Lumbung. Pantai ini memiliki keunikan yang tak terkalahkan. Anda akan bisa melihat langsung luasnya lautan baik dari pantainya maupun bukit di atasnya. Tebing-tebing yang hijau, batu karang besar yang bentuknya unik, dan debur ombak yang senantiasa mengunjungi pantai membuat segalanya sempurna.

photo by @pergipedia

  • Alamat: Pantai Watu Lumbung, Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 / orang
  • Maps>> https://goo.gl/maps/Rpdni3btLrF2

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu merupakan pantai tersembunyi di Jogja yang diapit oleh dua bukit hijau besar yang membuat lebar pantainya tak seperti pantai biasanya, hanya berupa ceruk dan dipinggir pantai pun terdapat bebatuan yang menghiasi. Sangat cocok jika digunakan untuk private camping.

pantai tersembunyi di jogja

photo by @jogjabikinlaper

Watu Payung

Watu Payung di Gunung Kidul ada dua, Watu Payung Semin dan Watu Payung Panggang. Berada di wilayah yang berbeda namun dengan tema yang sama yaitu wisata bukit yang menawarkan keindahan negeri di atas awan. Masih terbilang baru dan spot selfinya pun berbeda satu dengan yang lainnya.

wisata di gunung kidul

photo by @agunglilikprasetyo

Air Terjun Gedangsari

Curug Indah Gedangsari ini masih sangat baru. Belum banyak yang mengenalnya. Keindahannya terletak pada air tejrun yang terbagi menjadi dua yaitu level atas dan bawah. Air terjun yang paling ataslah yang lebih populer dan terbagi menjadi 3 bagian.

Paket Wisata Gunung Kidul Murah

Gimana? Banyak banget ya tempat wisata Gunung Kidul? Jika anda mau kesana segera saja persiapkan liburan terbaik. Kami ada penawaran paket tour ke Gunung Kidul yang bisa anda ambil. Dengan harga terjangkau dan pemesanan yang mudah anda sudah bisa keliling Gunung Kidul dan Jogja pastinya.

Selain dari paket tour Jogja, Pamitran Rental Motor Jogja juga menyediakan sewa motor di Jogja. Kemudian ada juga sewa mobil di Jogja. Dan bahkan rental bus jogja juga ada. Anda tinggal pilih dan hubungi kami via online dibawah ini.