Tak Melulu Sama, Wisata di Kulon Progo Jogja Juga Hits Selangit!

Apa sih yang tergambar ketika kamu datang ke Jogja? Objek wisata di Gunungkidul atau Mangunan? Tapi bukan hanya itu lho wisata di Jogja yang menarik. Jangan hanya datang ke tempat yang itu-itu saja. Jogja punya wisata di Kulon Progo Jogja yang nggak kalah dengan kawasan lain.

Wisata di Kulon Progo DIY banyak yang anti-mainstream. Kalau kamu kesini dijamin akan terkesan dan ogah pulang. Pantai Glagah yang indah akan menyambutmu. Dan ada destinasi wisata di kulon progo selain pantai lainnya seperti air terjun, puncak-puncak perbukitan, embung, goa, dan masih banyak lagi. Mau merasakan wisata Kulon Progo murah? Berarti kamu harus datang ke tempat-tempat wisata Kulon Progo Diy berikut ini.

Baca juga: Deretan Wisata yang Ada di Bantul Jogja

Tour Pertama: Datangi Wisata Alam di Kulon Progo Jogja yang Wajib Dikunjungi

 Wisata Kulon Progo Air Terjun

Air Terjun Kedung Pedut

Di aktivitas yang pertama, kamu wajib banget untuk mendatangi wisata bertema alam di Kulon Progo sebelum kamu menjelajah yang lainnya. Salah satunya adalah air terjun. Ada beberapa air terjun cantik di daerah ini dan yang pertama yang bisa kamu kunjungi adalah wisata di Kulon Progo Kedung Pedut.

Air Terjun Kedung Pedut cantik banget. Dan seperti yang seharusnya, kecantikan itu selalu tersembunyi, di balik bukit-bukit gersang Menoreh yang kokoh. Tak susah menemukan wisata kulon progo air terjun kedung pedut. Kamu hanya perlu berjuang sebentar trekking menuju tempat dimana air terjun itu berada. Dengan air segar biru tosca dan kolam-kolam alami yang banyak akan membuat lelahmu terbayar.

air terjun kedung pedut yogyakarta

photo by @yv_wong

>> Simak selengkapnya: Pesona Air Terjun Kedung Pedut

Wisata Kulon Progo Kembang Soka

Air terjun berikutnya yang bisa kamu datangi adalah Kembang Soka. Jaraknya juga nggak jauh dari Kedung Pedut. Jika di Air Terjun Kedung Pedut kamu perlu trekking, di Air Terjun Kembang Soka kamu bisa langsung memasuki area air terjun dari pintu masuknya yang berada di pinggir jalan. Tak kalah indah, wisata kulon progo curug Kembang Soka memiliki beberapa air terjun dan jembatan-jembatan bambu yang indah. Disini juga ada kolam alami yang dangkal khusus untuk anak-anak. Bagi yang ingin berenang menggunakan pelampung, langsung sewa saja!

keembang soka kulon progo

photo by @toto.handoko

Wisata Kulon Progo Sungai Mudal

Masih di area yang berdekatan, kali ini ada obyek wisata air terjun di kulon progo bernama Taman Sungai Mudal. Sama seperti sebelumnya, air terjun ini memiliki kolam-kolam alami yang bisa dipakai berenang. Tiap hari libur, Taman Sungai Mudal selalu penuh pengunjung. Tiap kolamnya pasti dipakai berenang. Dari pintu masuk saja kamu udah bisa menemukan kolam alami pertama.

Dan disini bukan Cuma air terjun, tapi aliran sungai juga akan kamu lihat. Kolam-kolamnya sudah diperindah dengan ornamen bambu dan kayu sehingga mirip kolam buatan di tengah hutan tropis. Dan bukan nggak mungkin Sungai Mudal jadi tempat wisata romantis di kulon progo. Anak-anak juga bisa kok berenang disini.

taman sungai mudal jogja

photo by @tamansungaimudal

Air Terjun Sidoharjo

Kalau tempat wisata yang satu ini masih ‘perawan’. Belum banyak yang tahu tentang Air Terjun Sidoharjo. Tapi keindahannya luar biasa. Objek wisata di Kulon Progo ini tersembunyi di balik persawahan dan hutan warga. Ketika kamu menemukannya, serasa kamu dibawa ke perjalanan paling unik sedunia. Dan setelah kamu menemukan air terjun tertinggi di Jogja ini, kamu akan semakin terpesona dengan keindahannya.

wisata air terjun di jogja

photo by @nur_afif_f

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Maksudnya adalah Grojogan Sewu berair terjun deras. Tempat wisata ini juga masih tersembunyi. Tenang dari keramaian. Cocok buat kamu yang ingin refreshing dengan nyaman.

wisata di kulon progo

photo by @astrazynga

Air Terjun Setawing

Air terjun Setawing lebih mudah ditemukan karena pintu masuknya berada di pinggir jalan utama dan dekat juga dengan Air Terjun Kedung Pedut dan Kembang Soka. Setawing mempesona dengan air terjun berlevelnya.

  • Lokasi: Dusun Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DIY.
  • Harga tiket masuk: sukarela

Curug Siluwok

Kamu suka menemukan hal-hal indah yang tersembunyi? Ke Curug Siluwok saja. Disini kamu akan menemukan air terjun dan kolam yang indah. Semuanya masih alami, masih sangat terjaga. Datang kesini bersama teman pasti seru.

wisata di kulon progo

photo by @andikapratamalusa

Kedung Bendo

Air terjun terakhir yang pantas dikunjungi di Kulon Progo adalah Kedung Bendo. Kedung Bendo hampir mirip dengan Grojogan Sewu. Air terjunnya tidak tinggi dan mempunyai kolam yang cukup luas. Pemandangan juga masih sangat asri.

wisata di kulon progo

photo by @dianarofii

  • Lokasi: Prangkokan, Girimulyo, Kulon Progo, Jogja.
  • Harga tiket masuk: biaya sukarela. Hanya bayar parkir Rp 2.000 untuk motor.

Objek Wisata Pantai di Kulon Progo

Wisata Kulon Progo Pantai Glagah

Rasanya aneh kalau ke Kulon Progo nggak membicarakan tentang Pantai Glagah. Wisata pantai kulon progo jogja ini ikonnya kabupaten Kulon Progo. Ditambah lagi Pantai Glagah sekarang jadi sangat cantik karena ada pemecah ombak di sepanjang pantai yang jadi buruan para instagrammers untuk berfoto. Sunset Pantai Glagah juga yang selalu ditunggu wisatawan.

photo by @pristober

>> Simak selengkapnya: Info Lengkap Pantai Glagah Jogja

Pantai Trisik

Selain Glagah pastinya masih ada objek wisata pantai di kulon progo yang lainnya. Seperti misalnya saja Pantai Trisik. Dengan pasir hitamnya yang eksotis, kalau kamu menghabiskan waktu sunset disini pasti sangat menyenangkan. Kamu bawa anak kecil bersama? Tenang, wisata kulon progo untuk anak ini, siap membuat hari mereka riang.

Pantai Congot

Satu lagi nih, wisata air di kulon progo bertema pantai, yaitu Pantai Congot. Pantainya masih sepi dan alami banget. Selain pantai, kamu juga bisa jalan-jalan di hutan mangrove sekitar pantai yang unik.

pantai tersembunyi di jogja

photo by @apipjunot

Pantai Bugel Peni

Pantai Bugel Peni yang terletak di antara Pantai Glagah dan Trisik juga bisa jadi salah satu alternatif pantai di kulon progo. Disini kamu bisa menikmati keindahan pantai dan wisata kuliner di kulon progo berupa olahan seafood pantai.

Tujuan Wisata Alam Kulon Progo Pegunungan

Wisata Kulon Progo Gunung Ijo

Kabupaten Kulon Progo didominasi oleh perbukitan yang menghampar yang disebut dengan Bukit Menoreh. Nggak heran kalau ada banyak wisata perbukitan disini. Misalnya saja wisata kulon progo yang menarik yang bernama Gunung Ijo. Ternyata Gunung Ijo adalah puncak tertinggi perbukitan Menoreh. Kamu yang hobi trekking bisa salurkan hobi disini. Ada dua jalur trekking tersedia. Dari atas puncaknya, kamu bisa lihat hampir seluruh area DIY beserta pantainya dan daerah Jateng.

Wisata Kulon Progo Gunung Gajah

Tempat ini lagi hits banget. Gunung Gajah adalah wisata puncak bagi bagi para pecinta foto karena banyak spot selfienya. Juga, wisata kulon progo dan sekitarnya ini merupakan tempat terbaik untuk bermain outbound yang menantang adrenalin seperti susur goa, treetop 10 jalur, flying fox, dll.

  • Lokasi: Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kab. Kulon Progo.
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000, treetop: Rp 50.000, susur goa: Rp 25.000, flying fox: Rp 15.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/MY42Sktb6A1zhS8B7

Wisata Kulon Progo Puncak Suroloyo

Mau trekking ringan saja? Datanglah ke Puncak Suroloyo. Wisata puncak di kulon progo ini cukup terkenal. Kamu bisa langsung naik ratusan tangga menuju puncaknya dari tempat dimana kamu parkir dekat dengan pintu masuk yang berada di pinggir jalan utama. Dari puncaknya kamu bisa lihat empat gunung sekaligus saat hari cerah yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Plus, Candi Borobudur. Gimana? Mau? Pemandangan negeri di atas awannya juga menarik lho.

Puncak Gunung Kukusan

Tempat wisata indah di kulon progo berikut ini cocok untuk pecinta alam yang mau lihat keindahan 9 gunung di satu tempat. Ketika hari sedang cerah di Puncak Gunung Kukusan, kamu akan bisa menemukan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Prahu. Ada dua puncak yang bisa kamu pilih untuk melihatnya yaitu Puncak Dempok dan Puncak Kendeng.

wisata gunung di jogja

photo by @ayodolan

Puncak Widosari

Nggak selamanya wisata puncak itu menegangkan. Puncak Widosari nyatanya menjadi wisata puncak yang indah. Disini kamu akan menaiki tangga-tangga untuk mencapai spot foto instagramable berupa tebing unik yang jadi asal-usul nama Widosari. Di sepanjang perjalanan ada gazebo untuk istirahat. Dan, kamu bisa camping karena tempat ini buka 24 jam. Bayangkanlah menghabiskan wisata malam hari di kulon progo di Puncak Widosari ini. Pasti seru!

wisata gunung di jogja

photo by @fitrianahestii

Tour Kedua: Kunjungi Wisata Kulon Progo Hits Saat Ini

Wisata Kulon Progo Hutan Mangrove

Kamu udah pernah belum datang ke tempat wisata kulon progo hutan mangrove? Beberapa waktu yang lalu tempat ini sempat eksis lantaran keunikannya. Jika biasanya hutan mangrove hanya dijadikan kawasan penelitian atau penanggulan ombak besar pantai, hutan mangrove disini sekalian dijadikan wisata unik di kulon progo. Di ekowisata yang satu ini kamu bisa menemukan banyak spot selfie yang tersembuyi di balik hutannya.

Jangan salah, wisata kulon progo mangrove tak semenakutkan yang kamu bayangkan. Untuk jalan-jalan di sekitar hutan ini sudah tersedia jembatan-jembatan bambu dan kayu yang akan membuat kakimu tetap nyaman. Ada beberapa kawasan hutan mangrove yang bisa kamu kunjungi seperti Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, Hutan Mangrove Jembatan Api-Api, dan beberapa lainnya. Karena tempatnya berdekatan kamu bisa langsung kunjungi semuanya.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @travlrindonesia

Wisata Kalibiru Kulon Progo

Udah nggak asing dong ya dengan tempat wisata di kulon progo Kalibiru. Hutan raya ini juga cocok dijadikan tempat wisata edukasi di kulon progo dan outbound. Anak bisa bermain outbound dan mengenal alam sekitar. Sementara kamu, bisa mencoba kegiatan yang lebih menantang seperti trekking hutan.

kalibiru jogja

photo by @angguncandraningwijayanti

Wisata Kulon Progo Pule Payung

Mirip-mirip dengan Kalibiru, ada Wisata Pule Payung yang baru hits saat ini. Bedanya, Pule Payung lebih banyak spot selfienya daripada Kalibiru. Ada spot gardu pandang juga. Pule Payung juga lebih ramah anak.

pule payung kulon progo

photo by @meydaputri_

Kebun Teh Nglinggo

Kalau tadi sudah hutan, sekarang ada kebun teh. Kamu wajib banget ke kawasan kebun teh satu-satunya di Yogyakarta, Kebun Teh Nglinggo. Wisata kulon progo kebun teh ini sudah mulai hits dan banyak dikenal orang setelah eksis di intsagram. Lokasinya berada di desa wisata di kulon progo, Nglinggo. Pokoknya Kebun teh Nglinggo ini wisata kulon progo instagramable. Dan bukan nggak mungkin di sekitar desanya kamu menemukan hal lain yang nggak kalah menarik. Entah itu wisata alam lainnya, wisata budaya kulon progo, atau wisata kuliner khas kulon progo.

kebun teh nglinggo kulonprogo

photo by @dxelvn

Wisata Kulon Progo Ayunan Langit Watu Jaran

Dekat dengan kebun teh nglinggo, masih di satu kawasan yang sama ternyata ada wisata Ayunan Langit Watu Jaran. Wisata ini mengingatkanmu pada ayunan ekstrim di The Lodge Maribaya Bandung. Selain ayunan, ada banyak spot selfie untukmu yang mau eksis.

pule payung kulon progo

photo by @jihansabrina

  • Lokasi: Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Retribusi Rp 10.000, ayunan langit Rp 20.000.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/arT7GQyBDx96WLuz7

Wisata Kulon Progo Bunga Matahari

Ada yang baru di Kulon Progo tapi langsung hits. Kebun bunga matahari glagah. Memang sekarang lagi hits di Jogja kebun bunga yang indah terutama yang di dekat pantai. Ternyata nggak hanya Bantul dan Gunungkidul yang punya, di dekat pantai Glagah ada kebun bunga matahari yang mengesankan.

wisata di bantul jogja

photo by @ayodolan

  • Lokasi: Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000

Hutan Pinus Kalilo

Ingin menikmati hutan pinus yang masih sepi sehingga fotomu eksis maksimal? Ke Hutan Pinus Girimulyo aja. Masih baru dan masih cantik. Hutan Pinus Girimulyo adalah bukti bahwa hutan pinus nggak melulu itu-itu aja.

wisata di kulon progo

photo by @titosuprayoga

Rekomendasi lainnya: Wisata di Gunung Kidul Jogja yang Hits

Tour Terakhir: Maksimalkan Harimu di Wisata Kulon Progo Yang Baru

Embung Banjaroya dan Desa Durian

Baru, tapi jadi primadona Kulon Progo. Embung Banjaroya adalah waduk mini atau yang biasa disebut embung yang lagi hits, bukan hanya karena wisata embung di Jogja ini lagi digandrungi wisatawan, tapi juga karena ada wisata durian di kulon progo. Lokasinya di desa Kalibawang yang terkenal dengan buah durian. Nggak heran ketika kamu ke Embung Banjaroya ada patung durian menoreh kuning sebagai ikon penanda. Dari ketinggian embung pun kamu bisa lihat Gunung Merapi dan Merbabu.

wisata di kulon progo

photo by @damianusandrian

Waduk Mini Kleco

Seperti tadi yang udah dibilang kalau wisata embung ini cukup hits di Jogja. Embung merupakan sistem pengirigasian sawah khas Jogjakarta. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan banyak embung. Salah satu wisata embung di kulon progo yang bisa kamu pelajari dan nikmati adalah Waduk Mini Kleco. Disini ada wahana permainan dan lokasinya juga berada di tempat yang cukup tinggi lho.

Wisata Kulon Progo Waduk Sermo

Sebelum semua tempat wisata hits muncul, Kulon Progo punya waduk yang sangat luas bernama Waduk Sermo. Sekarang waduk ini sudah mulai berbenah. Kamu bisa mengarungi waduk dengan sampan dan perahu serta berfoto di spot selfie asyik di waduk ini.

wisata di kulon progo

photo by @opiaidris

Goa Kiskendo

Kalau kamu suka menjelajah perut bumi, ada Goa Kiskendo yang siap memuaskanmu. Di wisata goa di kulon progo ini kamu bisa menemukan stalagmit dan stalagtit yang sangat banyak. Kalau kamu kesini akan ditemani oleh guide khusus yang akan bercerita tentang legenda Subali dan Sugriwa.

wisata di kulon progo

photo by @amalia.anggraenii

Goa Kebon

Wisata Kulon Progo tersembunyi yang berikut ini uniknya kebangetan. Ada goa yang tersembunyi di balik gerimis air terjun. Bisa bayangkan? Air terjun Goa Kebun memang tidak deras, dan karena itulah kamu bisa memasuki goa kapan saja. Pasalnya, mulut goa ini ada di bawah dinding tebing tempat air terjun meluncur. Keren kan?

wisata di kulon progo

photo by @masmooe_

Wildflide Rescue Center

Buat para pecinta hewan, berkumpullah di Wildlife Rescue Center. Inilah tempat kamu bisa meihat ragam hewan liar yang dalam proses konservasi dan perawatan. Wisata di kulon progo terbaru ini memang nggak banyak orang yang tahu. Tapi untuk menunjang pariwisata bertema hewan liar ini sudah ada fasilitas pendukung yang ternyata cukup lengkap hingga pelatihan outbound. Cocok untuk liburan keluarga.

Rafting Sungai Progo

Rafting di Sungai Progo adalah salah satu wisata ekstrim di Jogja yang patut kamu coba. Jangan ngaku pemberani sebelum kamu rasakan sendiri sensasi rafting di tiga rute dengan level yang berbeda. Kamu yang pemula tetap bisa coba kok.

wisata di kulon progo

photo by @arif.kasim

Kebun Bunga Krisan Gerbosari

Bertanya-tanya apa yang paling baru di Kulon Progo? Jawabannya adalah kebun bunga krisan. Wisata kulon progo baru bertema bunga memang nggak pernah gagal menghibur hati. Bunga Krisan Gerbosari dengan semarak warna-warninya berada di dalam rumah kaca yang instagenic banget. Cocok banget buat cewek pecinta bunga nih.

wisata di kulon progo

photo by @fandiryan

Bukit Cendana

Mirip dengan Kalibiru, ada gardu pandang di atas pohon untuk melihat keseluruhan pemandangan Jogja dari atas. Bukit Cendana adalah wisata kulon progo yang belum terjamah dan terbilang baru. Tempatnya asyik untuk nyantai.

Banyak banget kan wisata yogyakarta kulon progo? Nggak perlu jauh-jauh keluar negeri buat cari tempat wisata eksis. Tempat wisata di kulon progo aja udah bisa memuaskan liburanmu. Dan kalau kamu kemari jangan lupa pakai jasa sewa motor di Jogja dan sewa mobil Jogja di Pamitran Rental Motor. Kamu juga bisa pilih paket wisata di Jogja murah yang tersedia. Langsung aja cek dan hubungi kami untuk info lebih lanjut.