Obyek Wisata di Sleman Jogja: Wisata Favorit Yogyakarta untuk Semua Kalangan

Membahas Yogyakarta memang nggak ada matinya. Ketika anda kemari pun pasti akan dibuat takjub oleh bermacam hal yang ada termasuk pariwisata yang terus berkembang pesat. Nah kali ini ada alternatif wisata di Sleman Jogja untuk anda yang sedang mencari destinasi wisata di Jogja.

Wisata di Sleman DIY didominasi oleh candi-candi dan wisata puncak di bagian utara Jogja. Tak heran anda akan bisa menjumpai wisata sleman gunung merapi. Ternyata anda pun dapat menemukan wisata anak di sleman berupa museum. Dan tentu saja yang baru-baru ini sedang populer adalah wisata instagramable sleman seperti The Lost World Castle dan The World Landmark.

Masih banyak ragam wisata lainnya di Sleman ini. Kalau begitu langsung saja kita lihat apa saja yang ada di kabupaten yang satu ini.

Baca juga: Deretan Tempat Wisata di Bantul Jogja Ini Bikin Takjub!

Mencari Tempat Wisata di Sleman Murah

Tempat Wisata Candi di Sleman

Seperti yang tadi sudah dideskripsikan, Sleman terkenal dengan candinya. Wisata candi di daerah Sleman ini sangat banyak karena hampir seluruh candi yang ada di Jogja ada di daerah ini. Wisata di sleman candi mana saja yang anda tahu? Candi Prambanan? Candi Ratu Boko? Betul. Keduanya masuk ke dalam wisata candi sleman. Namun selain tempat wisata di prambanan sleman ada wisata candi-candi yang lainnya seperti:

candi sambisari jogja

photo by @jelajahjogjajateng

Wisata Sleman Merapi, Puncaknya Jogja

Selain dari candinya, Sleman populer dengan wisata puncak di sleman. Sering juga disebut puncaknya Jogja, karena di wilayah inilah Merapi dan kawasan lerengnya mendominasi. Akan sangat mudah menemukan wisata sleman alam disini. Misalnya saja pada wisata di sleman Cangkringan anda dapat menemukan wisata sleman The Lost World Castle. Selain itu ada wisata asyik seperti berikut:

The World Landmark

Wisata Sleman hits yang satu ini sering dikunjungi terutama anak muda dan pecinta fotografi. Setiap liburan tiba, wisata miniatur dunia di sleman The World Landmark selalu ramai. Tak perlu diragukan lagi kalau wisata cangkringan sleman yogyakarta ini wajib dikunjungi saat ini.

>> Selengkapnya: The World Landmark Cangkringan Jogja

Merapi Lava Tour

Untuk yang mau sedikit seru-seruan, gabung saja Merapi Lava Tour. Anda akan diajak ke tempat wisata antimainstream seperti batu alien, wisata kaliadem sleman, dan wisata bukit di sleman, Bukit Klangon. Tentunya masih banyak tempat lain yang bisa dipilih sesuai paket. Mengunjungi lereng Merapi ternyata juga wisata romantis di sleman lho.

Merapi Jeep Jogja

photo by @gerbang_adventure

Wisata di Kaliurang Sleman

Kaliurang lebih terkenal sebagai wisata sleman untuk anak. Anda bisa menemukan beberapa wisata edukasi sleman seperti Museum Ullen Sentalu yang jadi destinasi wisata budaya sleman. Di museum ini anda dan anak akan diberikan deskripsi dan cerita budaya dan seni Yogyakarta masa lampau.

Jika dirasa belum cukup, di dekat museum tersebut ada taman bermain Kaliurang. Biasanya pengunjung akan lanjut untuk membeli oleh-oleh di Tlogo Putri sambil melihat wisata air terjun di sleman, Tlogo Muncar di area ini. Ada juga wisata bukit sleman yang bisa dikunjungi seperti gardu panda Bukit Turgo.

Stonehenge

Wisata Stonehenge Sleman ini masih termasuknya baru. Tapi meski termasuk sebagai wisata di sleman terbaru, Stonehenge tak kalah terkenal dari wisata lain. Disini anda akan melihat replika batuan Stonehenge Inggris yang sangat mirip dengan aslinya.

merapi jeep jogja

Wisata Agro di Sleman

Daerah Merapi ternyata juga populer dengan wisata salak sleman. Disini ada tempat bernama Omah Salak bagi anda yang ingin beriwisata petik salak pondoh. Anda juga bisa membeli camilan yang terbuat dari bahan dasar salak pondoh.

Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat yang satu ini masih bertema agro. Tapi lebih mengedepankan edukasi tentang peternakan. Jika anda membawa anak beserta Bhumi Merapi tempat yang tepat untuk belajar hewan ternak seperti domba, kambing, sapi, kuda, dan hewan ternak lain yang ada disini. Tempatnya pun sangat menarik.

>> Jika anda masih penasaran tempat wisata yang lainnya, baca selengkapnya: Wisata Satu Hari di Lereng Merapi yang Menarik

Desa Wisata di Daerah Sleman

Sleman juga jadi tempat yang cocok bagi yang liburan membawa grup yang cukup besar karena disini anda bisa mencoba wisata outbound Sleman. Dari muda hingga tua tentunya suka dengan ragam permainan outbound yang merekatkan persaudaraan. Nah, untuk itu wisata outbound di sleman hadir. Berupa desa wisata di sleman yaitu Desa Wisata Kembangarum dan Pulesari.

desa wisata di jogja

photo by TIMES Indonesia

Obyek wisata di Turi Sleman Pulesari adaalah tempat yang baik untuk mengadakan outbound. Beberapa spot wahana permainan outbound pun bisa ditemukan. Dan tentu anda bisa menemukan wisata agro sleman berupa salak pondoh disini. Anda juga bisa melakukan river trekking lho.

Ada lagi satu desa wisata baru di turi sleman yang diberi nama Kembang Arum. Kalau desa wisata satu ini lebih mengedepankan edukasi budaya dan alam. Anda juga dapat menemukan ragam permainan tradisional, aktivitas mengolah sawah, dan outbound.

Baca juga: Desa Wisata yang Ada di Jogja

Referensi Wisata Keluarga di Sleman Jogja

Sekarang kita tiba di bagian wisata di sleman yogyakarta yang bertema wisata keluarga. Masih seputar wisata edukasi anak di Sleman, kali ini kita punyaMonjali (Monumen Jogja Kembali) museum yang mengisahkan kembalinya Jogja sebagai ibukota ke pemerintahan Indonesia. Selanjutnya ada wisata sleman anak dan keluarga lainnya yaitu:

Museum Affandi

Museum Affandi adalah museum lukis di Jogja. Karya lukis maestro lukis internasional, Affandi, disimpan dengan apik disini. Museum Affandi juga sangat unik apalagi lokasinya berada di pinggir sungai.

Theme Park di Jogja

Sindu Kusuma Edupark dan Kids Fun. Keduanya adalah theme park yang cocok untuk dihabiskan bersama keluarga. Selain itu wisata ske sleman ini termasuk salah satu wisata malam di Sleman Jogja. Bayangkan bermain di theme park ketika malam hari. Pasti keseruannya beda.

Kampung Dome

Kampung dome atau kampung teletubbies adalah perumahan warga yang berbentuk seperti dome atau rumah teletubbies. Kampung ini dibangun oleh pemerintah akibat warga yang kehilangan rumah sebagai dampak gempa besar Jogja tahun 2006. Sekarang kampung dome jadi tambah cantik dengan cat berwarna-warni.

desa wisata di jogja

photo by explorewisata.com

Wisata Sleman Lava Bantal

Sudah pernah dengar Lava Bantal? Namanya unik kan? Ternyata lava bantal ini adalah batuan pinggir sungai yang bentuknya menggumpal karena hasil dari pembekuan lava gunung berapi. Karena bentuknya yang menggumpal seperti bantal inilah makanya disebut spot lava bantal.

Jogja Bay Pirates Waterpark

Nah kalau yang satu ini lagi terkenal-terkenalnya. Merupakan waterpark terbesar di Indonesia, Jogja Bay uniknya bertema bajak laut. Tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Seru-seruan sambil main air.

jogja bay waterpark

photo by @kemanakitaliburan

Kampung Flory

Nggak hanya Jogja Bay Pirates yang baru, ada Kampung Flory juga. Wisata flory sleman ini bertema kampung edukasi. Jadi cocok untuk anak juga. Disini anda dapat melihat koleksi tanaman, bunga, dan spot selfie.

Wisata Unik Sleman

Tebing Breksi

Pasti sudah banyak yang tahu kalau tentang wisata Breksi Sleman. Bekas tambang yang diubah jadi tempat wisata ini memang lagi hits di Jogja. Batuan putih yang diukir dengan indah menunjukkan pesona. Anda bisa berfoto bersama burung hantu juga disini. Tempat yang buka hingga malam ini jadi sangat menakjubkan dengan lampu malamnya.

Bale Kuda Stable

Kalau ini mungkin masih terdengar asing di telinga. Tema wisata berkuda Sleman memang cukup baru. Tapi ada Bale Kuda Stable, tempat dimana anda dan bahkan anak bisa belajar mengenai kuda dan mengendarainya.

wisata di sleman jogja

photo by @iqbalfelani

Wisata Bunga Sleman

Nah wisata bunga memang lagi hits-hitsnya nih di Indonesia, terutama Jogja. Selain taman bunga yang ada di Bantul dekat pesisir pantai, Sleman juga punya taman bunga. Diantaranya adalah Taman Wisata Alamanda sleman, Taman Bunga Puri Mataram, dan Taman Bunga Kembang Langit.

wisata di sleman jogja

photo by @puri_mataram

Wisata Sleman Blue Lagoon

Blue Lagoon adalah sebuah tempat dimana anda bisa memanjakan diri dengan wisata air di sleman. Anda bisa berenang sepuas hati di air yang berasal dari mata air pegunungan yang segar. Jika anda hanya ingin bersantai dan tidak ingin berenang di airnya yang kebiruan, ada banyak gazebo di tengah taman yang menyejukkan.

Wisata Gua Sleman

Ternyata ada lho wisata goa yang ada di Sleman. Goa Jepang Sentonoharjo yang berada dekat dengan Candi Abang salah satunya. Goa ini rupanya dulu digunakan sebagai penyimpanan amunisi dan bom. Seperti biasa, bagian ujung dari goa ini berhubungan satu sama lain.

Wisata Sleman Lampion

Jogja punya wisata bertema lampion. Semuanya berlokasi di Sleman. Salah satunya adalah Taman Gardu Pandang Kaliurang. Taman ini berada di Gardu Pandang Bukit Turgo. Kalau malam berubah jadi taman lampion. Tapi lebih seru kesini ketika tahun baru.

Sedangkan Taman Pelangi yang berada di Monjali Jogja adalah pionirnya taman lampion di Jogja. Disini anda bahkan bisa menemukan wahana permainan anak yang cukup banyak. Jadi pasti sangat menyenangkan kan menghabiskan wisata sleman malam hari disini? O iya, ada juga taman lampu di Sindu Kusuma Edupark yang terkenal dengan terowongan-terowongan lampu yang cantik.

wisata romantis di jogja

photo by @shita_ariesta0607

Upside Down World

Mau cari wisata indoor Sleman yang tak perlu panas-panas? Boleh. Datang saja ke Upside Down World. Tempat ini menyediakan wisata foto kekinian dengan tema rumah terbalik.

Spot Riyadi

Terakhir ada wisata di sekitar sleman, Spot Riyadi. Tempat ini sebenarnya adalah spot fotografi yang membidik Candi Prambanan dari kejauhan. Namun sekarang bukan hanya sekedar spot fotografi saja. Anda bisa bersantai disini, pun menikmati malam yang menakjubkan.

wisata di sleman jogja

photo by @ferdian_new

Bagaimana Cara ke Wisata Indah di Sleman

Cara untuk dapat mengunjungi wisata sleman kekinian cukup mudah, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kebanyakan tempat tersebut memang tidak bisa dikunjungi melalui public transportation. Tapi tenang, ada jasa rental kendaraan kok di Jogja. Yang terbaik tentunya hanya di Pamitran Rental Motor Jogja. Anda bisa menemukan jasa sewa mobil murah Jogja dan sewa motor di Jogja terbaik. Bagi yang ingin bepergian bersama grup, tersedia juga sewa elf atau sewa hiace, atau malah sewa bus besar Jogja sekalian.

Tapi jangan lupa ya, kami juga punya paket tour Jogja termurah bagi anda yang ingin liburannya anti ribet. Tinggal pesan saja dan anda tinggal duduk manis sambil mempersiapkan datang ke tempat yang diinginkan. Pesannya pun bisa via online? Yakin masih nggak mau menggunakan jasa Pamitran Rental Motor Jogja kalau sudah begini? Yuk booking segera!