Wisata Gunung di Jogja | Tempat Hiking di Jogja yang Menawan

Kamu suka naik gunung? Lagi main ke Jogja dan tiba-tiba timbul rasa untuk menaklukan sebuah gunung? Tenang, ada wisata gunung di Jogja kok. Meskipun gunung gunung di Jogja lebih menyerupai perbukitan yang memakan waktu 2-3 jam untuk ditaklukan, tapi pemandangannya memuaskan. Perbukitan ini tentunya cocok banget buat kamu yang lagi cari gunung di jogja untuk pendaki pemula.

kebun buah mangunan

photo by @jong_catur

Seperti yang diketahui bersama, gunung tertinggi di Jogja adalah Gunung Merapi. Selain itu gunung jogja wisata tidak ada yang setinggi dan sesulit Merapi. Tapi justru disitulah keuntungannya. Kamu bisa lebih hemat waktu. Oke, ini dia gunung-gunung di Jogja yang bisa didaki.

Gunung Terindah Di Jogja

Gunung Merapi di Jogja

Gunung Merapi Jogja selalu menempati urutan pertama. Kalau kamu adalah pendaki yang udah jago, bisa datang kesini. Merapi adalah gunung tertinggi di Jogja dan medannya tidak mudah ditempuh. Yang sudah jago pun harus berhati-hati. Tempat ini tentu tak disarankan buat yang masih pemula. Tapi kalau kamu kemari pastikan dulu dan cek kondisi terbaru wisata Gunung Merapi di Jogja untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan.

wisata gunung di jogja

photo by @elsavisual

Gunung Nglanggeran Jogja

Tertarik mendaki gunung purba di Jogja? Yuk ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung daki di Jogja ini hits dan jadi salah satu geoheritage di Indonesia. Gunung Nglanggeran adalah satu-satunya gunung purba di Jogja yang dulu pernah aktif berjuta tahun lampau. Kini tempat wisata gunung purba di Jogja jadi ajang pembuktian seberapa kuat kamu hiking hingga sampai ke puncak tertingginya. Tenang, nggak sampai berhari-hari kok. Cuma hitungan jam. Mau camping? Bisa banget.

>> Selengkapnya: Harga Tiket dan Lokasi Gunung Api Nglanggeran Jogja

  • Lokasi: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 15.000 (siang hari), Rp 20.000 (malam hari)
  • Maps>> https://goo.gl/maps/sRahXmiq8qC2

Puncak Becici Dan Kawasan Mangunan

Nggak ada habisnya wisata alam gunung di Jogja ini. Dan siapa sih yang nggak tahu Puncak Becici dan kawasan Mangunan? Pasti tahu dong ya. Tempat ini hits banget. Buat kamu yang ingin merasakan liburan pegunungan tapi dengan trekking yang nggak lama plus sudah bisa melihat view yang spektakuler bak negeri di atas awan, langsung aja kemari. Cobalah datang ke Puncak Becici yang jadi puncak tertinggi di perbukitan Mangunan, Dlingo. Atau lihat gulungan kabut di pagi buta di Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk, Bukit Mojo Gumelem, dan masih banyak lagi lainnya.

>> Selengkapnya: Daftar Obyek Wisata di Mangunan, Dlingo

Gunung Gambar Jogja

Kalau yang satu ini memang belum se-hits tempat lain. Tapi sebenarnya punya view yang bagus banget. Gunung Gambar Jogja ini dulu dipakai bertapa oleh Pangeran Samber Nyawa, dan sekaligus jadi tempat menggambar peta dan strategi penyerangan cucu pangeran Raden Mas Said terhadap Belanda. Salah satu gunung bagus Jogja ini bisa kamu kunjungi. Selain dapat view menarik, kamu bisa tahu satu lagi sejarah tersembunyi di Indonesia.

Puncak Widosari

Adalah Puncak Widosari, salah satu gunung indah di Jogja. Bukit Widosari ini ternyata pernah menjadi lokasi bertapa Pangeran Diponegoro. Letaknya di perbukitan Menoreh. Kalau tempat wisata yang satu ini cukup instagrammable dengan fasilitas lengkap seperti tangga berundak dan jembatan yang instagenic. Jalan cukup menanjak, tapi begitu kamu menemukan spot foto gardu pandang yang dibelakangnya ada bongkahan batu yang disebut Widosari ini, kamu pasti puas.

wisata gunung di jogja

photo by @fitrianahestii

Obyek Wisata Gunung di Jogja

Gunung Ireng Jogja

Tak ada habis-habisnya membahas tentang gunung di sekitar Jogja ini. Memang, kota pariwisata ini dianugerahi wisata alam yang luar biasa. Kali ini ada Gunung Ireng di Jogja. Bukit ini memang tak seberapa besar, lebih seperti puncak bukit berbatu hitam yang gundul. Namun jadi terkenal karena keindahan matahari terbitnya.

wisata gunung di jogja

photo by @dimas.hy

Gunung Turgo Jogja

Gunung Turgo atau Bukit Turgo adalah sebuah bukit yang terletak dekat dan masih termasuk kawasan wisata Merapi. Bukit ini juga dekat dengan obyek wisata Taman Kaliurang. Bagi yang suka trekking di wisata alam bukit Jogja, Gunung Turgo bisa jadi alternatif. Medan tempuh untuk sampai ke puncak cukup menegangkan terutama untuk pendaki pemula. Tapi sudah ada tali melintang untuk berpegangan. Kamu cukup menyusuri hutan desa selama satu jam. Sesampainya di puncak kamu bisa melihat Gunung Merapi di kejauhan.

– Lokasi: Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Bukit Pengilon

Nah kalau yang satu ini unik. Ada sebuah bukit di pinggir pantai yang selain bisa kamu gunakan untuk camping pantai, juga bisa untuk trekking dan melihat lautan lepas. Adalah Bukit Pengilon di Gunung Kidul yang jadi wisata baru di Jogja. Bukit Pengilon ini merupakan sebuah bukit dengan rumput hijau seperti padang savana yang berada di atas sebuah pantai. Soal pemandangan, nggak perlu ditanya lagi deh.

wisata gunung di jogja

photo by @jogjajateng

  • Lokasi: Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/EtfUqZsgnRx

Puncak Suroloyo

Dari Gunungkidul kita ke Kulon Progo. Puncak Suroloyo adalah sebuah spot puncak tertinggi di perbukitan Menoreh yang membentang di kabupaten Kulonprogo. Untuk bisa mencapai puncaknya kamu harus menaiki puluhan anak tangga mirip seperti yang ada di Makam Imogiri. Sampai di bagian atas kamu mungkin akan kehabisan nafas tapi begitu melihat panorama Jogja dan Magelang di kejauhan, semuanya serasa terbayar. Jika kamu datang di pagi hari, kamu akan menemukan pemandangan magis kabut yang sangat tebal. Jadi berhati-hatilah. Paling enak kemari ketika siang dan sore hari untuk mencari sunset.

Tempat Wisata Gunung di Jogja

Gunung Gentong Jogja

Ada gunung di daerah Jogja apalagi nih yang bisa dikunjungi dan didaki? Berikutnya adalah Gunung Gentong Jogja. Gunung ini punya nama beken Puncak 4G, yang artinya Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul. Kamu Cuma butuh 15 menit untuk sampai puncaknya dari area parkir. Fasilitas sudah memadai dan akses jalan udah bagus. Gazebo pun bisa digunakan untuk beristirahat. Apa sih yang menarik dari lokasi ini? Sunrise mantap, camping memanja.

wisata gunung di jogja

photo by @ryngraphyart

  • Lokasi: Manggung, Ngalang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: membayar parkir kendaraan saja
  • Maps>> https://goo.gl/maps/qruMHX1TQyQ2

Gunung Ijo Jogja

Gunung Ijo boleh jadi tampak seperti bukit biasa, tapi spot satu ini terkenal dengan sunrise epiknya. Selain itu dari puncak Gunung Ijo kamu bisa melihat perbukitan lain yang tak kalah hijau. Dan tebak bagian paling menariknya. Saat cuaca sedang bagus, kamu bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing di kejauhan. Plus mengintip sedikit pantai selatan Jogja. Bayangkan betapa indahnya!

Gunung Kukusan Jogja

Jika tadi di Gunung Ijo kamu dapat melihat 4 gunung, di Gunung Kukusan kamu bisa melihat 8 gunung terdekat di Jogja sekaligus. Wow! Wisata mendaki gunung di Jogja ini memang masih asing. Belum banyak yang kesini, dan jalur trekking tak semulus bukit yang sudah dibuka untuk umum. Tapi disitulah petualangannya. Gunung Kukusan punya dua puncak, yaitu Puncak Kendeng yang untuk menuju kesana butuh kehati-hatian karena hanya memiliki jalan setapak dengan puncak kecil yang hanya bisa diisi 5 orang, dan Puncak Dempok yang lebih besar dan datar serta memiliki bangku bambu untuk beristirahat. Namun dari kedua puncak ini kamu bisa nyata-nyata melihat Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Prahu.

wisata gunung di jogja

photo by @ayodolan

  • Lokasi: Dusun Wonokerto, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Harga tiket masuk: Rp 2.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/d4GcJrY7wsQ2

Gunung Gajah

Tak jauh dari Gunung Kukusan ada wisata Gunung Gajah. Tempat ini lagi hits banget. Selain spot selfie bagi para pecinta foto, Gunung Gajah adalah tempat terbaik untuk bermain outbound yang menantang adrenalin seperti susur goa, treetop 10 jalur, flying fox, dll. Amazing bangetlah!

wisata gunung di jogja

photo by @jogjajateng

  • Lokasi: Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kab. Kulon Progo.
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000, treetop: Rp 50.000, susur goa: Rp 25.000, flying fox: Rp 15.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/kPxyhkrCtvS2

Gunung Jaran

Di daftar yang terakhir gunung di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Jaran. Lokasinya juga tak seberapa jauh dari Gunung Gajah. Gunung Jaran adalah puncak tertinggi kawasan Kebun Teh Nglinggo. Untuk bisa mencapai puncaknya kamu harus menaiki ratusan anak tangga. Di tempat ini juga kamu bisa mencoba permainan ekstrim Ayunan Langit Watu Jaran. Apa itu? Datang sendiri kesini dan cari tahu. O ya, jangan lupa sekalian mampir ke Kebun Teh Nglinggo yang sedang booming ya.

Gimana? Menarik kan setelah kamu tahu apa saja wisata pegunungan di daerah Jogja? Dan jika kamu tertarik mengunjungi objek wisata gunung di Jogja ini jangan lupa untuk menghubungi Pamitran Rental Motor Jogja. Ini adalah solusi terbaik buat kamu yang mau rental motor Jogja dan juga sewa mobil di Jogja. Armada yang lengkap siap kamu gunakan. Kamu juga bisa rental mobil lepas kunci atau sewa mobil jogja dengan driver. Dan juga ada puluhan paket tour Jogja lengkap yang bisa kamu ambil lho. Jangan ragu lagi, hubungi kami segera!