Tak Perlu Takut, Wisata Hutan di Jogja Ini Paling Menarik dan Indah

Yogyakarta tak hanya terkenal dengan pantai pasir putih, air terjun, dan pegunungan sebagai daya tarik wisata alamnya. Anda juga dapat menemukan wisata hutan di jogja. Beberapa wisata hutan di yogyakarta ini memang sering dijadikan destinasi wisata hits dan juga jelajah alam. Jika anda kemari dipastikan anda akan terperangah akan keindahannya. Simak beberapa wisata alam hutan di jogja berikut.

Daftar Tempat Wisata Hutan di Jogja

Hutan Pinus Asri

photo by @bantaldingin

Siapa yang tidak tahu tempat wisata satu ini. Meski bertema hutan tak membuat wisata hutan pinus di jogja ini jadi menakutkan. Anda dapat menjelajahi hutan lengkap dengan selfie spot yang telah disediakan. Hutan pinus asri jogja yang instagramable ini jadi daya tarik wisata tersendiri. Yakin tak mau wisata hutan pinus asri jogja?

Seribu Batu Songgo Langit

wisata hutan di jogja

photo by panduan wisata

Tak mau kalah dengan Hutan Pinus Asri, masih di kawasan wisata hutan pinus jogja dan sekitarnya, anda dapat menemukan Seribu Batu Songgo Langit. Terkenal dengan rumah hobbit hutan pinus jogja imogiri. Disini anda bisa selfie, atau juga eksplor hutan yang berada di wilayah ini. Tempat wisata hutan pinus di jogja ini sedang hits sekali.

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu deretan hutan pinus yang paling terkenal di wisata hutan pinus mangunan jogja. Jika anda kemari anda bisa menemukan area hutan pinus dlingo jogja yang rindang dan hammock untuk bersantai. Anda juga bisa mendaki sebentar ke area puncak hutan becici yogyakarta untuk menemukan rumah pohon atau sekedar merasakan angin segar di area ini.

Pinus Pengger

wisata hutan di jogja

photo by @bayusaaputra

Mau melihat hutan saat sore hari dan menemukan sunset terbaik di Jogja? Silahkan mampir ke Hutan Pinus Pengger Jogja. Kawasan yang termasuk wisata hutan pinus imogiri jogja satu ini dijamin buat hati kepincut. Spot selfienya yang unik dan ramah lingkungan membuatn anda akan betah berlama-lama. Fasilitas mencukupi dan eksplor wisata hutan pinus pengger jogja dengan kesejukan tiada dua pasti jadi kegiatan liburan paling menarik.

>> Baca juga>> Wisata Alam di Jogja yang Membuat Takjub

Hutan Pinus Kalilo

Di perbatasan Kulon Progo ada sebuah kawasan wisata bertema hutan yogyakarta yaitu Hutan Pinus Kalilo. Baru-baru saja booming. Meski sebenarnya hutan ini masuk daerah Jawa Tengah, tapi wisatawan sering kemari terutama ketika ke Kulon Progo. Hutan Pinus Kalilo menawarkan panorama alami dan hutan yang rindang. Sudah ada spot selfienya juga, tetapi belum ada tiket masuk. Cukup membayar harga parkir kendaraan saja untuk bisa menikmati hutan wisata jogja ini. Menarik kan?

Kalibiru

kalibiru jogja

photo by @eightbaal18

Masih di Kulon Progo, Kalibiru juga bertema hutan. Meski wisata hutan kalibiru jogja ini jadi tempat wisata terutama karena spot selfienya, tak mengurangi daya tarik wisata alam tema hutan di Jogja. Selain dari selfie di rumah pohonnya dan spot lain, anda yang suka petualangan wajib eksplor Kalibiru yang sebenarnya adalah hutan konservasi yogyakarta, dimana anda akan menemukan kekayaan alam Indonesia yang bahkan mungkin anda sendiri tak menyadarinya.

Destinasi Wisata Hutan di Jogja yang Indah

Tahura Bunder Gunung Kidul

wisata hutan di jogja

Tahura atau Taman Hutan Raya menjadi alternatif hutan di Jogja. Salah satu taman hutan raya jogja yang cukup terkenal adalah Tahura Bunder di Gunung Kidul. Tempat ini sering dijadikan lokasi camping, rest area, penelitian, dan lain-lain. Memiliki keragam flora dan fauna yang cukup lengkap dan berada di aliran Sungai Oya, membuat Tahura Bunder jadi sasaran bagi yang mau menaklukan hutan di Jogja.

Hutan Wanagama

Hutan wisata Wanagama Jogja merupakan hutan yang berada di Gunung Kidul. Tempat ini ternyata sempat nyaris punah akibat penebangan liar. Hingga akhirnya seorang profesor mereboisasi hutan dan warga sekitar pun turut menjaganya. Hutan Wanagama biasa dijadikan tempat camping. Juga bisa untuk anda yang ingin menjelajah sambil merasakan keindahan yang masih sangat asri, sejuk, dan bebas polusi.

Hutan Mangrove

wisata tersembunyi di jogja

photo by @travlrindonesia

Sudah pernah mendengar wisata hutan mangrove di Jogja? Ada sebuah wisata hutan bakau jogja yang berada di pinggir pantai Kulon Progo. Area ini sebenarnya adalah tempat konservasi dan penelitian sekaligus sebagai penahan abrasi pantai yang berada di balik hutan mangrove. Namun berkat kejeniusan sang pelopor, hutan mangrove jogja kulon progo jadi hits dan bisa dijelajahi oleh siapapun. Spot-spot fotonya juga boleh dicoba. Yuk datang ke hutan mangrove congot jogja.

Hutan Cemara Sembung

Baru-baru ini ada destinasi wisata baru, yaitu hutan cemara jogja. Lokasinya berada di Gamping, Sleman, dan bernama Hutan Cemara Sembung. Mirip-mirip dengan hutan pinus, wisata hutan cemara jogja Sembung ini punya area yang juga cukup luas. Anda dapat mengadakan outbound dan event alam bersama teman maupun keluarga. Meski terbilang baru dan belum ada tiket masuk, fasilitas hutan cemara yogyakarta ini cukup lengkap karena sudah ada toilet, spot selfie, dan lain-lain.

Kebon Empring

photo by tribunnews.com

Penasaran mau lihat hutan bambu Jogja yang disulap jadi apik? Main saja ke Kebon Empring. Tempat ini sebenarnya lebih terlihat seperti kebun bambu yang diisi oleh warung-warung sederhana tradisional dengan jajanan khas Jogja juga. Jika selama ini kita selalu berpikir berjalan di hutan bambu terlihat ngeri dan bikin gatal-gatal, di hutan bambu yogyakarta ini anda akan dapat menikmati semuanya. Wisata hutan bambu Jogja ini terkenal dengan nama Pasar Kebon Empring karena selain berjalan-jalan santai di kerumunan bambu, anda bisa beli jajanan tradisional, hingga menyaksikan pertunjukan ataupun karaoke-an.

Hutan Air Terjun Jogja

wisata sekitar merapi

Air Terjun Tlogo Muncar photo by @jan.nugroho

Apa maksudnya? Air terjun di Yogyakarta ini letaknya tersembunyi entah di balik perbukitan maupun hutan. Kebanyakan dari air terjun tersebut memiliki hutan untuk ditempuh sebelum sampai ke tujuan sesungguhnya. Nah, jika anda ingin mendapat paket plus, cari saja hutan air terjun Jogja. Misalnya Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Lepo, Air Terjun Sidoharjo, dan air terjun di Jogja lain yang masih tersembunyi. Anda akan berjalan menyusuri hutan terlebih dahulu. Puas membelah hutan di akhir perjalanan anda bisa bersantai di air terjun.

Nah itu dia deretan hutan wisata di Jogja yang bisa anda kunjungi ketika ingin mencoba jelajah hutan di kota gudeg. Namun jangan lupa untuk selalu turut melestarikan kekayaan alam hutan di yogyakarta. Jangan membuang sampah sembarangan juga.

Untuk dapat kemari ke hutan wisata yogyakarta tersebut anda bisa percayakan pada Pamitran Rental Motor Jogja. Anda bisa sewa motor murah di Jogja di tempat kami. Ada banyak pilihan motor yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan. Selain motor, kami juga menawarkan rental mobil Jogja bagi anda yang ingin pergi bersama rombongan. Jangan lupa juga untuk cek ragam paket tour Jogja yang kami miliki. Siapa tahu ada yang cocok dengan kebutuhan anda.