Wisata Kalibiru Jogja: Hijaunya Hutan Perbukitan Menoreh Kulonprogo

Salah satu kawasan hutan yang menjadi terkenal saat ini adalah kawasan wisata Kalibiru Jogja. Pasti sudah banyak yang mengenal Bukit Kalibiru Jogja, namun banyak yang mungkin belum tahu bahwa tadinya Kalibiru bukan merupakan sebuah tempat liburan melainkan kawasan hutan raya di daerah tersebut sebagai upaya reboisasi warga di tanah yang tandus dan gersang. Namun siapa sangka saat ini justru memiliki potensi wisata yang luar biasa.

kalibiru jogja

photo by @mardi_deri

Pesona Kalibiru Jogja yang Tersimpan

Banyak wisatawan yang mengakui takjub dan suka setelah mendatangi Kalibiru wisata alam Yogyakarta. Pesona Kalibiru di Jogja memang membuat banyak mata tersihir. Setelah Hutan Kemasyarakatan ini mendapat izin dari pemerintah, keindahan Kalibiru Jogja pun terus digali oleh masyarakat sekitar. Akhirnya wisata kalibiru di jogja mendapat apresiasi dari wisatawan setelah beredarnya foto-foto berupa gardu pandang kayu yang berada di atas ketinggian pohon yang menghadap langsung ke Waduk Sermo.

Nah, pemandangan Kalibiru dari atas ini lah yang juga akan anda temui ketika anda datang kemari. Di tengah-tengah hamparan luas hutan Kalibiru di Jogja anda dapat naik ke atas gardu dan bersantai sambil menikmati angin semilir yang menyapa. Dari atas pohon, pemandangan spektakuler Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo dapat terlihat jelas.

kalibiru jogja

photo by @balqish_hussni

Dan tidak hanya itu saja. Wisata Alam Kalibiru di Jogja kini memiliki area untuk anak-anak dan keluarga. Outbound Kalibiru Jogjakarta dapat menjadi sarana anak belajar bagaimana menyatu dengan alam dengan mudah dan aman. Anda yang datang bersama rombongan maupun keluarga bisa juga mengadakan kegiatan outbound alam di Kalibiru Yogyakarta. Selain itu juga ada wahana di kalibiru  yang lain seperti flying fox yang menantang adrenalin dan jembatan-jembatan kayu. Anda tak perlu khawatir. Semua yang ada di wisata alam kalibiru kulonprogo jogja ini aman. Bahkan untuk naik ke gardu pohon tadi ada tali pengamannya.

Setelah sedikit menantang adrenalin disini anda bisa bersantai sambil jalan-jalan di sekitar area Kalibiru National Park Jogja. Dan jangan lupa untuk menanti sunset cantik yang membuat kemegahan alam kalibiru wates Yogyakarta semakin terasa jelas.

kalibiru jogja

photo by @eightbaal18

Tempat Wisata Dekat Kalibiru Kulon Progo Jogja

Adapun tempat wisata sekitar Kalibiru yang bisa dikunjungi sekalian:

kalibiru jogja

photo by @rinawede

Lokasi Kalibiru di Jogja

Kalibiru Jogja alamat berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Letak wisata Kalibiru ini berada di atas Pegunungan Menoreh yang tadinya dikenal sebagai perbukitan gersang. Akses menuju Kalibiru di Jogja memang tidak semudah jika anda liburan ke daerah perkotaan. Membutuhkan kesabaran menaklukan jalan meliuk dan berkelok yang tetap mempesona. Untuk itulah bagi yang tidak terbiasa dengan jalanan perbukitan bisa sewa mobil di jogja saja di Pamitran Rental Motor karena ada driver yang siap mengantar anda. Untuk menuju kesana, rute Kalibiru yang bisa diambil seperti berikut:

Kota Jogja – Jalan Wates – Sentolo, belok kanan – Pasar Sentolo – perempatan belok kiri, arah alun-alun wates – Jalan Wates-Sermo – RSUD Wates – pertigaan arah Waduk Sermo, belok kanan – ikuti plang wisata Kalibiru.

Ke Kalibiru dari Jogja memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak 35 Km. Maka transportasi kalibiru dari jogja terbaik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun anda selalu bisa menyewa kendaraan seperti rental motor Jogja murah dan sewa mobil Jogja di Pamitran Rental Motor Jogja. Pesan sekarang juga sebelum terlambat.

Kalibiru Jogja Jam Buka

Jam Buka Obyek Wisata Kalibiru adalah dari jam 06.00 – 17.00 WIB. Cukup banyak waktu untuk bisa menikmati semua yang ada disini. Fasilitas wisata Kalibiru Kulonprogo Jogja juga lengkap yaitu: area outbound, gardu pandang rumah pohon, flying fox, toilet, penginapan di kalibiru, camping ground, dan pemandu.

kalibiru jogja

photo by @nabilah.faza

Tiket Masuk Kalibiru Jogja 2019

Obyek wisata Kalibiru tiket masuknya tidak mahal. Htm wisata Kalibiru sendiri hanya sekitar Rp 10.000. Parkir mobil Rp 5.000 dan motor Rp 2.000. Kalau anda mau berswafoto di rumah pohon Kalibiru membayar Rp 10.000 lagi. Sama seperti halnya jika anda ingin mencoba flying fox harganya RP 10.000 pada wisata Kalibiru Kulon Progo Jogja.

Sekarang tinggal persiapkan diri untuk datang ke Kalibiru. Jangan lupa bawa kamera untuk membawa pulang foto sebanyak mungkin. Dan ingat, untuk masalah rental mobil dan motornya di Pamitran Rental Motor Jogja.

Bagi yang ingin mengambil paket tour Jogja dengan harga yang cukup terjangkau, maka silahkan lihat>> Paket Wisata Jogja Pamitran.