Wisata Kotagede Jogja – Obyek Wisata Sejarah dan Budaya Jogja yang Digemari Banyak Orang Termasuk Wisatawan Manca

kotagede yogyakarta

photo by @sandralugiana

Wisata Kotagede Jogja. Kamu termasuk orang yang suka dengan tempat bersejarah atau kampung yang klasik? Jika kamu sedang mencari tempat bertualang semacam itu, wisata Kotagede Jogja berarti cocok untukmu. Kampung wisata kotagede ini dulunya adalah ibukota Kerajaan Mataram, kerajaan sebelum adanya Keraton Ngayogyakarta. Sekarang pun tetap mempesona dengan bangunan-bangunan tua dan kerajinan perak yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Karena itulah, Kotagede jadi penyumbang tempat wisata di Jogja yang cukup terkenal. Penasaran apa saja yang bisa kamu dapat dan lihat ketika datang kemari? Berikut ulasan tempat wisata daerah kotagede akan diberikan hanya untukmu.

Tujuan Wisata di Kotagede Jogja

Kompleks Makam Kerajaan Mataram

wisata kotagede jogja

photo by pesonatravel

Yang biasanya pasti dituju pertama kali oleh wisatawan adalah kompleks wisata Makam Raja Kotagede. Bangunan makam ini sangat menarik karena khas dari jaman kerajaan Mataram dulu kala dengan bata berwarna merah serta ukiran dan susunan yang cantik. Untuk bisa masuk ke dalam makam setiap orang harus berganti pakaian menggunakan jarik batik bagi yang perempuan dan surjan bagi yang pria. Masuknya pun harus didampingi penjaga setempat.Kompleks Makam Kerajaan Mataram ini masih sering digunakan Sultan dan keluarganya ketika ada peristiwa yang berkaitan dengan adat istiadat maupun festival di Yogyakarta.

Selain dari masuk ke area makam, kamu bisa melihat sendang kakung lan putri, tempat mandi pegawai kerajaan yang masih bisa digunakan sampai sekarang. Kamu boleh mandi disitu kalau kamu mau. Lihat-lihat juga sisa-sisa tembok benteng yang masih kokoh berdiri biar kamu bisa lebih mengenal kompleks kerajaan Mataram ini lebih baik. Jangan lupa ambil foto menarik di wisata sejarah kotagede ini ya.

Masjid Agung Kotagede

kotagede yogyakarta

photo by @leonardopandelaki

Sesekali datang ke tempat ibadah untuk wisata juga boleh kok. Dan yang ini sih wajib kamu kunjungi. Masjid Agung Kotagede adalah wisata kotagede yogyakarta yang tidak hanya memperlihatkan sisi religius aja tapi juga sejarah karena jadi masjid tertua di Yogyakarta. Masjid ini tidak hanya digunakan untuk berdoa tapi juga tempat membicarakan kepentingan masyarakat luas. Nggak heran kan kalau jadi situs bersejarah.

Situs Watu Gilang dan Watu Gatheng

Nah kalau yang satu ini sih jarang banget dikunjungi. Konon jika ada orang yang tertarik datang kemari tiba-tiba, adalah orang terpilih yang ditunjuk oleh Panembahan Senopati untuk mendengar cerita sejarah tentangnya. Tapi kamu tetap bisa datang kemari kok. Wisata di kotagede ini yang teraneh yang pernah ada. Situs Watu Gilang merupakan tempat bertapa Panembahan Senopati, salah satu raja tersukses Mataram. Sedangkan Watu Gatheng merupakan tiga batu berwarna kuning tulang berbentuk bola bekel berukuran raksasa. Urusan tentang Watu Gilang dan Watu Gatheng ini tak semudah yang kamu pikirkan. Sejarahnya panjang dan akan selalu ada penjaga yang dengan sabar menceritakannya padamu. Disini juga kamu wajib memanjatkan doa pada yang maha kuasa biar mirip dengan Panembahan Senopati.

Langgar Dhuwur Jagalan

photo by tripzilla indonesia

Jika tadi ada masjid, sekarang ada musala tertua di Jogja. Namanya adalah Langgar Dhuwur terdapat di daerah Jagalan, Kotagede. Langgar Dhuwur merupakan tempat umat muslim mengaji kitab suci. Disebut Dhuwur atau tinggi karena berada di lantai 2, sesuai dengan simbol orang Jawa bahwa tempat yang lebih tinggi akan mendekatkan diri pada Tuhan. Hanya tinggal satu Langgar Dhuwur yang tersisa. Makanya sempatkan dirimu ke destinasi wisata kotagede yang satu ini.

Rumah Pesik

wisata kotagede jogja

photo by @melindapriskila

Rumah Pesik merupakan bangunan unik selanjutnya yang patut dibicarakan. Bangunan ini memiliki hiasan khas zaman Mataram Islam. Coraknya gabungan corak Jawa, Islam, dan Belanda. Rumah ini tampak beda dari yang lain karena cukup luas dan dari bagian depannya saja sudah ada patung-patung yang menyambut. Ternyata, obyek wisata di Kotagede ini dulunya punya orang Kalang, keturunan Bali yang jadi warga Mataram dan jadi bangsawan disini. Pedagang sukses ini pun akhirnya melahirkan rumah dengan seni tinggi yang masih kokoh hingga kini. Masuk, dengarkan cerita bersejarahnya, eksplor, dan ambil foto untuk Instagrammu!

Omah Pocong

photo by stalktrnet

Bukan Jogja namanya kalau tidak membuat objek wisata kotagede yang nyeleneh. Tapi kamu berani nggak kemari? Ada sebuah rumah megah, tua, dan tidak berpenghuni diantara kampung warga yang tampak hidup. Rumah bergaya Eropa ini diberi nama Omah Pocong Sumi. Sesuai dengan namanya rumah ini memang cukup berhantu karena katanya terlihat penampakan pocong disitu. Untuk masuk ke rumah kamu wajib ditemani juru rawat dan meminta izin dulu, karena memang tidak bisa sembarangan masuk ke lokasi yang satu ini. Begitu kamu masuk ke dalam kamu akan melihat perabotan tua yang masih tertinggal disana.

Omah Budaya UGM

wisata kotagede jogja

photo by jogja budaya

Gempa 2006 yang memporak porandakan Jogja memang menyisakan tangis dan pilu. Tapi berselang dari kejadian tersebut, kampung ini malah jadi punya wisata sekitar kotagede yang baru. Omah Budaya UGM sebenarnya adalah rumah warga milik Keluarga Parto Darsono. UGM membeli rumah rusak tersebut dan membangunnya kembali agar dapat dilestarikan sebagai rumah budaya karena bentuknya yang masih khas tradisional Jawa. Kalau kamu kesini kamu akan bertemu dengan penjaga rumah yang ramah dan riang yang siap berbagi cerita padamu.

Destinasi Wisata Kotagede Jogjakarta

Pasar Legi

photo by travel.tribunnews.com

Mau mengunjungi pasar tradisional yang cukup tua? Pasar Legi adalah salah satu yang wajib kamu kunjungi. Kenapa? Karena sudah ada sejak zaman kerajaan dan masih aktif hingga kini. Setiap Legi (penanggalan kalender Jawa) aktivitas jual beli jadi lebih semarak karena yang dijual pun beragam, ada pasar hewan juga. Gaya arsitektural khas kolonialnya menarik, tidak berubah meski mengalami renovasi.

Perak Kotagede

kotagede yogyakarta

photo by @woro_hartanti

Kalau kamu sudah puter-puter kesana kemari, jangan lupa mampir beli perak di Kotagede. Secara tempat ini memang terkenal sebagai wisata perak kotagede, nggak ada salahnya kamu coba beli segala macam perhiasan dari perak. Nggak hanya perhiasan, dekorasi rumah dari perak pun ada disini. Pada toko tertentu bahkan kamu bisa belajar langsung cara membuat perak lho.

Situs Warungboto

wisata kotagede jogja

photo by @rifky_albana21

Sudah pernah dengar nama Situs Warungboto? Itu lho yang dipakai foto prewed Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Situs ini ternyata wisata dekat kotagede. Bentuknya mirip Tamansari karena memang dulu tempat singgah Sultan setelah dari berburu. Tapi situs ini versi mini Taman Sari. Hanya ada kolam kecil dan tangga-tangga berundak. Tapi ya tetap saja bagus secara bangunannya kokoh dan sangat vintage.

Masjid Perak

photo by @habibatulaulia

Berasa lagi di luar negeri, ada Masjid Perak untukmu penggemar wisata budaya dan bangunan antik. Destinasi wisata di kotagede yogya ini cukup  unik baik dari segi arsitektur hingga penamaannya. Nama Masjid Perak disematkan karena masjid ini dibangun dari sumbangsih para perajib dan penjual perak Kotagede. Bangunannya serba putih dan memadukan ornamen kayu disana-sini, seolah kamu sedang berada di Turki atau Mediterania. Menariknya lagi, masjid ini ngumpet di dalam sebuah gang. Kamu bisa tanya sama warga sekitar kalau mau kesini.

Monggo Chocolate Factory

photo by @monggomuseum

Coklat asli Yogyakarta, pasti adalah Cokelat Monggo. Yang membuat memang bule, tapi sudah jatuh cinta dengan budaya Jogja, makanya rasa cokelatnya pun tidak asing di lidah kita. Kamu juga harus ke pabriknya. Saat ini Monggo Chocolate Factory jadi salah satu tempat wisata kotagede yogyakarta. Cokelat Monggo yang unik sukses membawakan tema Yogyakarta dan jadi penyumbang baiknya pariwisata Jogja. Gimana nggak kalau kamu bisa menemukan cokelat rasa mangga, cokelat rasa rendang, white chocolate yang khas, dan cokelat rasa-rasa yang lain? Unik kan?

Rumah Kanthil

wisata kotagede jogja

photo by kratonpedia.com

Kotagede memang punya banyak rumah-rumah klasik yang bersejarah. Salah satunya Rumah Kanthil. Rumah ini adalah markas Yayasan Kanthil, merupakan sebuah wadah rembug atau diskusi bagi para pemuda asli Kotagede. Ada banyak yang dibicarakan termasuk seni dan pengumpulan aset budaya Jawa kala Mataram Islam berjaya. Kamu mau ikutan?

Gang-Gang Sempit Kotagede

photo by intan styaningrum

Kamu mungkin akan geleng-geleng kepala, heran kenapa gang-gang sempit saja harus kamu jelajahi. Kotagede terkenal dengan kampung seribu pintu. Hal ini dikarenakan gang-gangnya sempit sehingga mudah bagimu untuk menemukan pintu-pintu yang langsung menuju rumah warga. Ada yang bilang mirip dengan The Shambles Harry Potter. Pintu-pintu dan rumahnya pun terlihat klasik. Hampir semua disini masih bergaya tradisional. Cocok buat syuting film dan pemotretan. Iya atau enggaknya gang-gang ini benar-benar menarik, kenapa kamu nggak coba aja datang langsung kesini? Temukan juga spot ‘Between The Two Gates’.

Tembok Ijo dan Rumah-Rumah Warga

photo by @gunawanwicaksana28

Terakhir ada Tembok Ijo dan juga rumah-rumah warga. Tembok Ijo berarti dinding hijau merupakan salah satu dinding luar rumah warga yang ditutupi oleh rimbunnya dedaunan tanaman merambat dan ditengahnya ada pintu yang tampak vintage sekali. Para pemburu foto wajib stop dan foto disitu. Tak hanya rumah dengan tembok ijo ini, ada banyak rumah warga lain yang unik-unik, maka dari itu untuk kamu yang suka foto wajib coba selfie di rumah-rumah kuno ini. Beberapa dari sang pemilik bahkan mengizinkan kamu untuk sekedar berfoto di rumahnya sambil mengobrol asyik. Di kawasan Kotagede yang cukup luas ini kamu akan menemukan banyak bangunan yang bisa diajak berselfie bersama.

Dengan eksplor Kotagede kamu akan mendapatkan yang amat sangat unik dari kota Jogja memang. Mulai dari yang indah-indah hingga yang serem juga bisa kamu temukan. Kalau kamu datang ke Yogyakarta nggak boleh lupa memasukkan Kotagede ke daftar wisata Jogja mu. Dan satu lagi yang nggak boleh kelupaan adalah kamu bisa sewa motor di Jogja murah atau sewa mobil Jogja aja daripada kamu ribet bawa kendaraan sendiri dari rumah yang pasti bikin kamu lelah. Dimana rentalnya? Di Pamitran Rental Motor Jogja dong. Harga murah dan syarat sewa mudah. Kamu bisa pesan online. Udah gitu ada paket wisata kotagede dan paket wisata Jogja harga terjangkau disini. Yuk, langsung hubungi Pamitran Rental Motor Jogja!

Rental Motor, Rental Mobil, Paket Wisata Jogja, Sewa Bus Jogja >>