Wisata Kulonprogo

Air Terjun Srigethuk
Air Terjun Srigethuk
February 10, 2014
Museum ullen sentalu
February 19, 2014

Wisata Kulonprogo

           Wisata Kulonprogo

Kulon Progo adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata di kabupaten ini tidak terlalu banyak dikenal masyarakat. Berbeda dengan Gunungkidul, Sleman dan Bantul, wilayah ini belum terlalu dikelola dengan baik, salah satunya dari segi pariwisatanya. Padahal jika kita mau mengeksplor lebih jauh, kulonprogo memiliki tempat tempat wisata yang gak kalah menarik dengan lainnya. Berikut wisata kulonprogo yang layak untuk dikunjungi

1. Puncak Suroloyo

Peak-Suroloyo-Puncak-Suroloyo2

     Puncak Suroloyo dahulunya adalah tempat pertapaan Sulthan Ageng. Di puncak Suroloyo ini terdapat gardu pandang untuk melihat keindahan Candi Borobudur. Selain Candi Borobudur pemandangan yang terlihat ada Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Pemandangan yang menakjubkan ketika berada di atas bukit dan ditemani oleh kabut putih yang sesekali menutupi gunung gunung.

 2. Kalibiru

kalibiru

          Kalibiru terletak di perbukitan Menoreh, Kulonprogo. Kalibiru merupakan hamparan bukit dan hutan yang asri dan hijau sehingga sangat cocok untuk piknik bersama keluarga karena menimbulkan rasa tenang dan nyaman. Cocok juga bagi anda yang ingin merefresh pikiran dari kepenatan aktifitas sehari hari.

3. Waduk Sermo

BENQ DC C1420

      Waduk ini terletak sekitar 6 kilometer dari kota Wates. Sermo merupakan satu satunya waduk yang dimiliki oleh provindi DIY. Luas genangannya sekitar 157 hektar dengan dikelilingi bukit dan kontruksi bendungan yang indah. Anda dapat menyewa perahu untuk menikmati keindahan bendungan dan sejuknya angin semilir yang berhembus. Terdapat pula warung apung bagi anda yang ingin menikmati ikan bakar. Sungguh tempat yang cocok sekali untuk bersantai.

4. Goa Maria Lawangsih

Lawang Sih

       Goa ini terletak di dusun Patihombo, Purwosari, Girimulyo. Goa ini merupakan goa keuskupan Agung Semarang kedua setelah Goa Maria Tritis Wonosari. Suasana alam yang masih alami dipadu dengan kicauan burung, suara gemericik air, serta semilir angin menjadikan tempat ini tempat favorit peziarah untuk berdoa.

5. Goa Kiskendo

kiskendo

        Goa Kiskendo terletak di Jatimulyo, Girimulyo yang merupakan goa alam di kawasan Perbukitan Menoreh. Terdapat relief di samping mulut goa yang menceritakan tentang tentang pertempuran Mahesosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali. Untuk menelusuri goa ini tidaklah sulit karena goa ini memang sudah dikelola sebagai tempat wisata.

6. Pemandian Clereng Pengasih

clereng

        Pemandian yang terletak di Desa Sendangsari ini adalah pemandian yang berbentuk seperti kolam renang yang airnya berasal dari sumber mata air Clereng. Konon kata penduduk sekitar jika Anda mandi di pemandian ini maka anda akan mendapat keselamatan.

7. Pantai Glagah

pantai_glagah1

       Pantai ini terletak 40 kilometer dari kota Yogyakarta. Berbagai fasilitas telah tersedia di pantai ini seperti taman rekreasi, bumi perkemahan dan kolam pemancingan. Tempatnya mudah dijangkau dan ramai dikunjungi terlebih saat ada lomba layang layang. Panorama laut yang biru dan ombak besar yang memecah karang akan memberi sensasi berbeda kepada para pengunjungnya.

8. Pantai Congot

pantai-Congot

        Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Glagah. Pantai Congot ini berada di muara Sungai Bogowondo dengan pemandangan laguna yang indah dan terdapat banyak ikan.  Pantai ini cocok dijadikan untuk wisata memancing. Ketika melewatkan senja di Pantai congot ini maka anda akan takjub karena keindahan dan keeksotisannya.

9. Pantai Trisik

Trisik-4

        Pantai ini terkenal dengan dengan suasana pesisir pedesaannya. Di sepanjang pantai berjejer warung warung penduduk yang menjual makanan minuman sekedarnya. Terdapat pula tempat pelelangan ikan karena memang banyak nelayan yang melaut di sana. Suasana pedesaan pesisir ini semakin lengkap dengan keramahtamahan warga sekitar.

10. Pantai Bugel

pantai-bugel-sore-hari

        Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang cukup besar. Pantai ini juga digunakan para nelayan untuk mencari ikan. Lokasinya berada di antara Pantai Glagah dan Trisik. Jika senja tiba suasana di pantai ini semakin indah karena warna langit yang merah kekuningan berjejer dengan deburan ombak yang besar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *