Wisata Mangunan Jogja: Hits dan Instagenic, Cocok Untukmu yang Ingin Paling Hits Sedunia

Buat anak muda, eksplorasi tak terbatas dan anti-mainstream itu perlu. Kalau kamu memang salah satunya, datang yuk ke Wisata Mangunan Jogja. Apa sih wisata Mangunan itu dan ada apa saja di mangunan bantul yogyakarta ini? Wisata Mangunan Imogiri Yogyakarta adalah wisata yang lagi hits banget setelah Hutan Pinus Mangunan jadi salah satu obyek wisata terbaru terbaik di Indonesia.

Mangunan adalah sebuah desa di daerah Dlingo, Bantul. Sejak saat itu Desa Mangunan Dlingo Bantul berbenah dan mulai menambah banyak tempat wisata lainnya di sekitar hutan pinus mangunan area. Jadi sekarang kalau kamu berwisata di Mangunan, kamu nggak hanya akan melihat wisata mangunan jogja hutan pinus, tapi juga rumah hobbit, pemandangan sunrise negeri di atas awan, sunset dan bukit bintang, bahkan hamparan sawah sukorame mangunan gunung kidul jogja.

Let’s Explore Mangunan!

Nggak meragukan kalau nama Mangunan kampung wisata ini jadi populer seantero Indonesia, pasalnya sampai saat ini selalu ada saja tempat wisata mangunan baru untuk dikunjungi. Percaya deh, ada banyak sekali objek wisata mangunan di bukit mangunan imogiri. Kita intip yuk wisata Mangunan Imogiri yang wajib banget kamu datangi.

wisata mangunan jogja

photo by @tuahdawowak

Hutan Pinus Asri

Hamparan hutan pinus di Pinus Asri Mangunan unik karena punya gardu pandang yang bisa digunakan untuk berselfie dengan pemandangan kabut pagi buta atau Imogiri nun jauh disana. Spot foto keren selain gardu pandang adalah jembatan, taman, dan masih banyak lagi.

photo by @yessi_tamp

Puncak Becici

Yang menarik dari tempat ini adalah spot papan kayu yang berada di atas ketinggian pohon. Foto disini jadi tantangan karena selalu tertiup angin yang lumayan besar. Mau coba?

Grojogan Lepo

Mungkin belum banyak yang tahu tentang air terjun yang satu ini. Padahal cantiknya kebangetan. Grojogan Lepo atau Air Terjun Lepo tidak terlalu tinggi dan memiliki kedung atau kolam yang luas di bawahnya dengan air yang tenang. Jadi kamu bisa berenang-renang atau berendam menyegarkan badan. Airnya masih jernih dan lingkungan sekitar pun masih alami. Jadi jangan kamu kotori dengan sampah-sampah plastik ya.

Sawah Sukorame

Nah, kalau yang satu ini jadi hits juga sejak 2018. Sawah Sukorame adalah tempat wisata sederhana berupa bentangan sawah hijau ketika awal tahun dan dikelilingi oleh jembatan bambu buatan warga. Tapi seringnya, kesederhanaan itu sendiri adalah seni yang menawan. Kalau kamu nggak percaya buktikan aja sendiri kesini.

Mangunan Tempat Wisata Terhits

Kebun Buah Mangunan

kebun buah mangunan

photo by @jong_catur

Kebun Buah Mangunan negeri diatas awan adalah satu-satunya dari sekian banyak wisata di Mangunan yang menawarkan cantiknya ladang buah-buahan dan sunrise negeri di atas awan. Mangunan garden ini merupakan wisata wajib kalau kamu ke Mangunan. Jadi harus banget ya ke agrowisata Mangunan.

Bukit Mangunan dan Hutan Pinus

Membicarakan mangunan berarti ya membicarakan tentang hutan pinusnya. Tenang, spot hutan pinusnya juga ada banyak jadi kamu bisa milih. Ada mangunan Puncak Becici atau yang lagi terkenal dengan mangunan obama, mangunan Pengger, mangunan seribu batu atau yang juga dijuluki rumah hobbit mangunan, dan Hutan Pinus Asri Mangunan. Jangan lupa foto di spot-spot kerennya.

Seribu Batu Songgo Langit

Rumah bagi keunikan karya seni dari alam seperti rumah-rumah kayu, rumah hobbit, dan area spot foto yang tidak terlalu ekstrem. Cocok buat anak-anak juga.

photo by @adventurearchipelago

Spot Melihat Mangunan Sunrise

Wisata Mangunan Jogja pagi hari selalu jadi tontonan tersendiri. Minimal, kamu harus banget melihat sunrise mangunan imogiri. Ini adalah momen dimana kamu akan menyaksikan perpaduan mangunan kabut yang sangat tebal ketika matahari menyingsing. Wah, pokoknya epic bangetlah! Dan ini dia spotnya:

Jurang Tembelan

Mangunan Jurang Tembelan lokasinya tidak terlalu jauh dari Kebun Buah Mangunan. Kamu bisa menyaksikan sendiri pemandangan pagi buta dimana jurang dibawahmu akan tertutupi oleh kabut putih sehingga kamu tampak sedang melayang di atas awan. Spot foto ala kapal Titanic-lah yang jadi sasaran.

Kebun Buah Mangunan

Salah satu ikon utama di Mangunan ini surganya matahari terbit. Tempat yang tadinya hanya kebun buah biasa disulap oleh warga sekitar menjadi spot sunrise yang menarik. Jangan lupa coba mendoan panasnya yang selalu habis begitu disajikan.

Bukit Panguk Kediwung

Nggak kalah spektakuler dengan tempat sebelumnya, Bukit Panguk adalah yang terbaik juga untuk melihat sunrise mangunan. Kamu bisa berfoto di pinggir jembatan kayu yang pastinya menambah sensasi.

wisata mangunan jogja

photo by @adi_mrizal

Romantisnya Mangunan Malam Hari

Sesudah menonton keajaiban alam di pagi buta, saatnya kamu juga merasakan romantisnya wisata mangunan malam hari. Selain menunggu mangunan sunset, kamu yang membawa teman atau keluarga yang suka camping bisa banget melakukan camping mangunan. Kamu tinggal tanya ke penjaga tempat wisatanya dimana kamu bisa ber-camping semalam. Ini dia spot untuk menikmati malam hari dan senja di Mangunan Dlingo.

Bukit Mojo Gumelem

Hampir sama dengan Bukit Panguk, bedanya Bukit Mojo Mangunan lebih sering dikunjungi ketika senja. Intinya, wisatawan biasanya ingin mendapat foto sunset cantik khas Jogja untuk dibawa pulang.

Pinus Pengger dan Watu Ngadek

Meskipun temanya hutan pinus, tapi Pinus Pengger dan Watu Ngadek paling bagus kalau didatangi malam hari. Kamu bisa melihat ribuan lampu-lampu kota Jogja dari ketinggian dan berfoto di spot seru dengan background lampu-lampu yang seperti di Bukit Bintang itu.

Bukit Lintang Sewu

Spot matahari terbenam yang apik selanjutnya adalah Bukit Lintang Sewu. Disini kamu bisa berfoto di panggung kayu dengan mega eksotis khas sunset, atau di spot foto bintang, dan telapak kaki raksasa. Berbeda dengan hutan pinus, Lintang Sewu adalah kawasan wisata hutan kayu putih. Hayo, sudah menemukan mana kayu putihnya?

Puncak Watu Lawang

Tempat wisata di Dlingo ini menyuguhkan pemandangan sunset yang cantik. Untuk dapat ke spot foto yang dimaksud, kamu harus berjalan turun tak seberapa jauh kok.

Pintu Langit Dahromo

Spot sunset yang terakhir adalah Pintu Langit Dahromo. Yang unik disini adalah spot foto yang berbentuk seperti sebuah pintu terbuka ini ada di ketinggian. Pintu ini mempertontokan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan serta gemerlap lampu kota ketika malam hari yang seperti hamparan bintang. Seolah-olah kamu sedang menuju dunia lain.

photo by @riskypermata_amrp

Alamat Mangunan Jogja

Alamat Mangunan Jogja ada di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Lokasi Mangunan Jogja dapat dengan mudah di tuju dan akses cukup mudah ditempuh karena jalanan sudah diaspal dan terdapat plang penunjuk arah ke berbagai tempat wisatanya.

Rute Mangunan dari jogja adalah: dari Yogyakarta, ambil rute Terminal Yogyakarta – jalan Imogiri Timur – Pertigaan Imogiri belok ke arah Makam Raja-raja Imogiri – Mangunan – Hutan Pinus Mangunan. Hawa sejuk akan mulai terasa ketika memasuki kawasan wisata ini. Itu artinya anda sudah sampai. Tinggal kamu melanjutkan ke tempat wisata mana yang mau kamu tuju. Ikuti saja petunjuk arah tersedia.

Gimana asyik kan wisata ke Mangunan? Nah sekarang giliranmu untuk merancang liburan ke Mangunan Jogja dan untuk urusan sewa mobil atau rental motor di Jogja, percayakan aja sama Pamitran Rental Motor. Hubungi kami juga kalau kamu ingin ambil paket wisata Jogja yang seru. Atau kalau kamu mau lihat paket wisata yang lebih lengkap dan up to date, jelajahi paketwisatayogyakarta.com dan Pamitran Tours yang punya puluhan destinasi wisata Jogja anti-mainstream.

Informasi dan Booking

  • Jalan mrican baru 1 D Yogyakarta 55281
  • e-mail: info@pamitranrentalmotor.com
  • Office : +62 274 5205455
  • Mobile / WA : +6285878686610