Daftar Museum di Jogja
February 5, 2014
10 kuliner terkenal di jogja
February 8, 2014

Wisata Minat Khusus Di Jogja

WISATA MINAT KHUSUS DI JOGJA

            Bagi kalian yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan hanya stuck pada tempat wisata yang sudah melegendanya saja seperti Keraton, Maliboro, Parangtritis, Kaliurang dan sebagainya. Jogja punya ribuan tempat wisata yang wajib di eksplore seperti beberapa wisata minat khusus yang akan kami ulas berikut ini. Wisata minat khusus berikut ini wajib anda coba karena akan membuat anda merasakan sensasi berlibur yang berbeda. Berikut 7 wisata minat khusus di jogja yang wajib anda kunjungi :

  • VOLCANO TOUR

Wisata Minat Khusus Di Jogja

          Volcano tour yang terletak di lereng gunung Merapi, Cangkringan Sleman ini bisa menjadi alternative wisata anda. Anda akan diajak mengelilingi sisa sisa erupsi merapi tahun 2010 silam. Tidak perlu kawatir akan kelelahan karena disini tersedia mobil jeep dan motor trail yang bisa di sewa untuk menemani kita berkujung melewati rute rute sisa erupsi. Rute rute ini akan memanjakan mata anda karena keindahannya. Keindahan yang berbeda dimana anda dapat melihat bekas bekas aliran lava merapi, sisa sisa rumah penduduk yang hangus, serta batu batu besar  yang keluar dari mulut merapi. Anda akan diajak berimajinasi dengan melihat pemandangan ini dimana sebuah desa terkena lahar dingin dan merusakkan seluruh isi di dalamnya. Selain lava tour kalian juga dapat mengunjungi  Museum Bekas Merapi,  melihat dampak erupsi merapi pada berbagai peralatan rumah tangga, sepeda motor maupun binatang ternak. Nantinya lava tour ini akan memberikan penyegaran rohani tersendiri bagi kita untuk melihat kebesaran kuasa Tuhan memberikan bencana kepada manusia yang sejatinya tidak memliki kuasa apa apa. Jika berwisata lava tour ini jangan lupa untuk menikmati jadah tempe khas merapi. Selamat mencoba !

  • CAVE TUBING KALISUCI

CaveTubing-2

          Wisata Cave tubing ini terletak di kawasan Karst Kalisuci di Desa Pancarejo, Semanu Gunung Kidul.  Disini anda diajak untuk menyusuri sungai di bawah goa dengan menggunakan perahu karet atau ban dalam. Sungai dengan warna yang masih hijau bersih ini memiliki lebar 5 sampai 10 meter. Sungai tersebut mengalir melewati gua-gua yang terdapat di Gunungkidul dan bermuara di laut selatan. Selama menyusuri gua ini anda akan menyaksikan keindahan ornamen ornamen gua serta kelelawar kelewar yang menggantung di atasnya. Untuk menyusuri sungai di dalam goa ini anda membutuhkan waktu 2 jam saja, meskipun di dalam goa nantinya gelap kita akan disediakan senter sebagai penerangannya. Kesunyian goa dan gemercik air sungai menjadi perpaduan sempurna yang ditawarkan ketika kita mengunjungi tempat ini. Lalu tunggu apa lagi mari berkunjung kesana.

  • GOA JOMBLANG

download

           Goa Jomblang ini terletak di desa Jetis Wetan, Pancarejo, Semanu, Gunung Kidul. Di tempat ini anda diajak untuk menyaksikan keindahan biasan cahaya dari dalam Goa, sehingga tak heran mengapa banyak orang  menyebutnya sebagai “cahaya surga” karena memang cahaya yang jatuh langsung dari langit. Untuk mencapai Goa ini anda harus bergelantungan menggunakan tali untuk menuruni tebingnya karena letaknya yang memang agak dalam. Sesampainya di dasar Goa anda akan mendengar gemuruh suara air yang mengalir dan menetes di stalaktit dan stalakmit Goa. Keindahan stalaktit yang di padukan dengan datangnya sinar cahaya matahari akan membuat anda serasa ada di dunia petulangan yang sebenarnya. Waktu yang tepat agar kita dapat menyaksikan keindahan  goa ini adalah pukul 10.00 sampai pukul 13.00 saat matahari tepat berada di atas kepala kita. Untuk anda yang ingin menguji adrenaline, wahana ini sangat cocok untuk dicoba.

  • GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN

puncak-2-nglanggeran

          Bagi anda yang suka berpetualang terutama yang berhubungan dengan pendakian, gunung api purba ini sangat cocok menjadi tujuan wisata anda. Kawasan ini terletak di Nglanggeran, Pathuk, GunungKidul. Kawasan ini merupakan kawasan pegunungan batu yang memiliki tinggi sekitar 300 meter. Untuk mecapai puncak Nglanggeran ini hanya dibutuhkan waktu tempuh 1,5 – 2 jam saja. Ketika berada di puncak, pemandangan jogja dari atas gunung pun menyambut. Bagi anda yang tidak suka mendaki anda cukup berada di kaki gunungnya saja untuk ber camping atau sekedar trekking menyusuri jalan setapak pedesaan dan persawahan yang ada di kaki gunung Nglanggeran.

  • JEMBATAN TIMANG

timang-beach-1

          Bagi kalian yang mengaku memiliki nyali yang tinggi tidak ada salahnya untuk mencoba menyeberangi jembatan timang. Jembatan timang ini terletak di Pantai Timang Gunungkidul dimana pantai ini adalah tempat memancing lobster dan ikan para nelayan. Tak jauh dari pantai tersebut terdapat pulau panjang, untuk mecapai pulau tersebut anda harus menyeberangi jembatan timang yang terbuat dari peralatan yang sederhana. Kalian akan merasakan sensasi menyeberangi laut yang curam ditambah banyak batu karang di bawahnya, mengerikan bukan? Ketika sudah sampai Pulau Panjang berburulah lobster dan ikan sebanyak banyaknya karena tempat itu merupakan spot memancing terbaik. Jangan lupa siapkan nyali dulu yah!

  • GOA PINDUL

goa-pindul

          Hampir seperti cave tubing di kali suci, cave tubing di goa pindul ini menyajikan nuansa keindahan yang tak kalah menarik. Goa yang terletak di Karangmojo GunungKidul ini selalu ramai dikunjungi. Goa dengan genangan air tenang di dalamnya ini  membuat siapapun bisa melakukan cave tubing baik anak anak maupun remaja. Dengan memakai ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet dan helm lampu pengunjung akan merasa safety menelusuri goa ini. Keindahan goa ini terpancar dari stalaktit dan stalakmit yang menghiasinya dan konon air yang mengalir dari stalaktit stalakmit ini membuat seseorang awet muda. Anda juga akan menemui sebuah lobang besar yang memancarkan cahaya dari luar sehingga pemandangan yang terlihat semakin indah. Mata kelelawar yang tajam dan memancarkan sinar yang bergelantungan dari atas goa menjadi pemandangan tersendiri saat kita melewati gelapnya goa. Untuk menempuh penyusuran ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit.

  • PARANG NDOG

dscn7969edit

          Parang ndog terletak di Desa Watukupit, Purwosari, Gunungkidul. Parang Ndog merupakan perbukitan kapur di sebelah timur Pantai Parangtritis, tingginya sekitar 50 sampai 150 meter di atas permukaan air laut. Parang Ndog ini memiliki landasan paralayang atau ganthole sehingga anda dapat melihat beberapa pantai dalam satu pandangan seperti pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Samas dan Pantai Depok. Hembusan angin sejuk dan semilir di tempat ini begitu pas untuk menerbangkan paralayang. Anda dapat merasakan sensasi naik paralayang dari atas bukit dan memanjakan mata anda dengan keindahan pantai dan bukit di sekelilingnya. Untuk  menuju tempat ini anda harus melewati medan yang cukup sulit yaitu jalan menanjak dan banyak berlubang namun tenang, jalan ini tetap bisa dilewati oleh mobil. Dan sesampainya diatas bukit semua kesusahan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang begitu menakjubkan.

               Itulah beberapa alternatif wisata minat khusus di jogja yang menyuguhkan sensasi berlibur yang berbeda dari biasanya, penuh petualangan dan menantang adrenalin. tidak hanya menghadirkan kenyamanan namun jogja menjadi wilayah yang menyuguhkan tantangan bagi para peminat peminat bidang tertentu. tunggu apalagi? mari berlibur sesuai minat dan ukur keberaniamu 🙂

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: