Obyek Wisata Sekitar Borobudur – Wisata Favorit di Magelang Jawa Tengah

Wisata Sekitar Borobudur. Anda mau berlibur ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan libur panjang? Jangan lewatkan untuk mampir ke kota Magelang di Jawa tengah yang hanya membutuhkan waktu satu setengah jam. Disini tentunya ada Candi Borobudur yang kemegahannya sudah mendunia hingga masuk dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tapi ternyata selain Candi Borobudur, Magelang punya banyak obyek wisata sekitar Borobudur yang tak kalah menarik dari Jogja. Penasaran? Simak artikel tempat wisata di sekitar Borobudur berikut yang akan membahas belasan tempat menarik di Magelang, Jawa Tengah.

candi borobudur jateng

photo by @yvettheworld

Daftar Destinasi Wisata Dekat Candi Borobudur

Candi Mendut

photo by @atasnamajoe

Di urutan pertama tentunya wajib membahas candi wisata paling dekat dengan Borobudur, yaitu Candi Mendut. Jaraknya kurang lebih 4 KM saja dari Candi Borobudur. Disini juga anda bisa masuk dan melihat-lihat kompleks Buddhist Monastery yang dibuka untuk umum. Candi ini masih termasuk bagian Borobudur, sehingga biasanya umat Buddha akan mengawali doa disini sebelum berakhir di Candi Borobudur.

Lokasi: Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 5.000

Maps>> https://goo.gl/maps/u5t44RsdLFtqnmKp7

Candi Pawon

Berikutnya yang masih termasuk bagian Candi Borobudur adalah Candi Pawon. Meskipun obyek wisata di sekitar borobudur ini merupakan candi kecil tak seperti Mendut dan Borobudur, tapi anda wajib datang kemari. Peninggalan sejarah Candi Pawon dulunya merupakan tempat untuk membakar dupa dan mempersiapkan sesajen yang akan dibawa untuk rangkaian doa.

Lokasi: Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 3.5000

Maps>> https://goo.gl/maps/LnUa4oajz3tPa9Mo7

Pemandian Candi Umbul

wisata sekitar borobudur

photo by @msofyanaffandy

Setelah lelah mengunjungi Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon anda bisa beristirahat dan rileks di Pemandian Candi Umbul. Destinasi wisata air di sekitar borobudur ini ternyata merupakan situs purbakala karena sudah ada sejak Candi Borobudur dibangun. Dulunya tempat untuk berendam keluarga kerajaan. Pemandian ini merupakan pemandian air panas yang bisa mengusir rasa lelah dan mengobari penyakit kulit ringan.

Lokasi: Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56196

Tiket masuk: 3.000 per orang

Maps>> https://goo.gl/maps/qfPF5h94YwjU6VUV8

Desa Candirejo

Kecamatan Borobudur itu cukup luas, dan di dekat Candi Borobudur ada sebuah desa wisata sekitar borobudur bernama Desa Candirejo. Desa ini selalu jadi langganan wisatawan dalam negeri maupun manca yang ingin melihat kearifan lokal. Anda bisa menginap di desa ini untuk lebih dalam menengok seni dan budaya yang masih sangat terjaga disini. Desa wisata dekat borobudur ini memang recommended karena kekhasannya.

Maps>> https://goo.gl/maps/ojAh4ap1z879yXAz7

Ketep Pass

Masih bingung mencari tempat wisata keluarga sekitar Borobudur lainnya? Ke Ketep Pass saja. Anak-anak pasti suka diajak kemari. Bukan hanya anak-anak orang dewasa pun juga suka berada di wisata dekat borobudur magelang ini karena hawanya yang sejuk dan pemandangannya yang luar biasa.

Berada di Bukit Sawangan yang artinya bukit untuk melihat sekitar, anda dapat menemukan Gunung Merapi dan Merbabu dengan sangat jelas karena Ketep Pass ini ada di tengahnya. Selain itu jika hari sedang cerah maka Gunung Sindoro dan Sumbing juga bisa dilihat dari sini. Selain pemandangan tersebut anda bisa melihat film di Ketep Volcano Theater, berkunjung ke museum vulkanologinya, dan mencoba kuliner khas seperti jagung bakar atau tempe mendoan. Mak nyuss pokoknya!

Lokasi: Jl. Ketep, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 8.000 per orang.

Maps>>  https://goo.gl/maps/W1S3oJSEnXv6CYTv6

Air Terjun Kedung Kayang

wisata sekitar merapi

photo by @jan.nugroho

Tiada kata lain selain ‘luar biasa’ yang bisa menggambarkan Air Terjun Kedung Kayang. Wisata alam di sekitar Borobudur ini paling hits karena menyajikan view cantik berupa air terjun yang deras di balik perbukitan. Belum lagi jika anda mendaki sebentar untuk menuju gardu pandangnya. Dari sinilah anda bisa melihat Kedung Kayang dari atas mengalir deras, serta perbukitan menantang dan gunung di depan mata.

Lokasi: Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan, Ketep, Nagrong, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 5.000

Maps>> https://goo.gl/maps/3maxyAcRbD9FVann9

Punthuk Setumbu

photo by dolan dolen

Siapa yang tidak tahu tempat wisata Punthuk Setumbu yang jadi semakin hits setelah didatangi Rangga dan Cinta dalam filmnya AADC 2. Tidak ada yang menyangka bahwa wisata lain di sekitar borobudur ini jadi booming setelah seorang fotografer menjepret mahakarya sunrise Candi Borobudur dari bukit ini. Padahal tadinya Punthuk Setumbu adalah hutan warga. Berada di ketinggian 400 mdpl tentunya sensasi tersendiri untuk menikmati fajar menyingsing dimana Gunung Merapi dan Candi Borobudur seolah bangun dari tidurnya. Jangan lupa foto di gardu pandangnya ya.

Lokasi: Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 15.000

Maps>> https://goo.gl/maps/3zpbV2i1JN3CstMG8

Baca juga: Tempat Wisata di Yogyakarta Paling Hits dan Top

Gereja Ayam / Bukit Rhema

gereja ayam magelang

photo by @lau.cristiano

Gereja Ayam atau yang biasa disebut juga dengan Bukit Rhema adalah kawasan wisata sekitar Borobudur yang sangat hits. Jangan ngaku anda sudah ke Magelang kalau belum ke tempat ini. Disini juga lokasi syuting film AADC 2. Spot utama yang membuat Gereja Ayam ini digandrungi wisatawan adalah bagian mahkota ayam dimana anda bisa berselfi dari ketinggian.

>> Selengkapnya: Info Lengkap Wisata Gereja Ayam Magelang Jateng

Rumah Kamera

wisata sekitar borobudur

photo by @_aaaallll

Ada yang unik nih dari wisata yg dekat dengan Borobudur, Rumah Kamera. Destinasi wisata ini seperti namanya berbentuk kamera tipe DSLR lensa panjang. Pemiliknya, Tanggol Anggien Jatikusumo, merupakan seorang pelukis yang sengaja membangun Rumah Kamera untuk menjadi galeri lukisannya dan juga sekolah lukis. Berisi hasil karya lukis dan coretan pena dan campuran tinta, Rumah Kamera wajib dikunjungi bagi yang cinta kesenian. Dari atas puncak lensanya, anda dapat menatap Gunung Merbabu, Sumbing, dan Merapi.

Lokasi: Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553

Tiket masuk: 15.000

Maps>> https://goo.gl/maps/mh1MQHQcCc8k4pfc8

Museum OHD

photo by @ashari.riri

Namanya unik bukan? Museum OHD merupakan museum pribadi milik kolektor seni bernama Oei Hang Djien. Karya seni yang tersimpan manis di museum ini keseluruhannya ada 2000 termasuk karya Affandi, Hendra Gunawan, S. Sudjojono, hingga Widayat ada disini. Segala lukisan, patung, pahatan, hingga new media art terpampang cantik. Museum OHD adalah museum seni terlengkap di Indonesia, jadi pastikan anda kemari.

Lokasi: Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 25.000 (pelajar), Rp 50.000 (umum)

Maps>> https://goo.gl/maps/tMaRg4F3y1AWSUQE8

Kyai Langgeng

Ke Magelag tapi tidak ke Kyai Langgeng terasa kurang lengkap. Apalagi jika anda membawa anak-anak bersama. Taman Kyai Langgeng memang didesain sebagai wisata anak dekat Borobudur. Jadi jika kemari bersama anak pasti akan seru. Menggabukan wahan permainan anak dan wisata alam, Taman Kyai Langgeng punya wisata bertema petualangan, permainan, edukasi, wisata air, hingga wisata religi. Siap-siap untuk antri ketika weekend tiba.

Lokasi: Jl. Cempaka No.6, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 24.000 (weekdays), Rp 30.000 (weekend)

Maps>> https://goo.gl/maps/5QZAH6brBdjuWYTn6

Pinusan Kragilan

wisata sekitar borobudur

photo by satu wisata

Pinusan Kragilan adalah obyek wisata yang mirip wisata yogyakarta dekat candi borobudur. Hutan pinus ini jadi hits setelah banyak yang mempostingnya di media sosial. Kini anda bisa dengan bebas selfie di spot-spot foto yang sudah banyak ditambah. Pinus Kragilan ini juga dikenal dengan nama Top Selfie Pinus Kragilan karena memang ada banyak spot foto hits seperti, sangkar burung, rumah pohon, gardu pandang, ayunan langit, dan lain-lain.

Lokasi: Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk: bayar parkir saja.

Maps>> https://goo.gl/maps/PKHR1wmUpykM1CAz8

Gardu Pandang Silancur

photo by @opick.93

Magelang juga punya wisata kekinian berupa gardu pandang. Sangat disayangkan jika anda tidak kemari. Gardu Pandang Silancur merupakan obyek wisata baru sekitar Borobudur dimana anda dapat menikmati panorama alam berlatarkan Gunung Sumbing. Hijaunya sawah dan perbukitan di depan mata akan membuat anda takjub dan terkesima.

Lokasi: Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp 5.000 per orang

Maps>> https://g.page/silancurhighland?share

Gunung Telomoyo

photo by @mad_scape

Gunung Telomoyo ini jadi pelega jika anda ingin mendaki gunung tapi yang tidak terlalu tinggi. Hikers pemula juga disarankan mencoba Gunung Telomoyo ini. Jalan menuju puncak sudah sangat mulus, bahkan kesini dengan menggunakan motor juga bisa. Tujuan wisata sekitar Borobudur Magelang ini memiliki view yang luar biasa dimana dari atas gunung anda bisa melihat gunung kembar Sindoro-Sumbing.

Lokasi: Karangbawang, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp 10.000

Maps>> https://goo.gl/maps/NinQcrzgzqgea4ea6

Jembatan Mangunsuko

wisata sekitar borobudur

photo by @feryndut

Beberapa waktu belakangan Jembatan  Mangunsuko ini nge-hits di media sosial. Ini bukan jembatan biasa. Jembatan Mangunsuko punya pemandangan dam dengan struktur bangunan yang beda dari yang lainnya. Dinding dam tersebut ditumbuhi rumput dan tumbuhan hujau namun disela-sela itu mengalir air jernih yang berlevel-level mirip seperti air terjun. Wajar kalau banyak yang selfi di tempat wisata di Borobudur Magelang satu ini.

Lokasi: Jombong, Paten, Dukun, Magelang, Jawa Tengah.

Maps>> https://goo.gl/maps/EkPDPfNZL2f2mZ4F8

Taman Ramadanu dan Dewari Park

wisata sekitar borobudur

photo by @apriyanto_photo

Kalau tidak sempat ke Taman Bunga di Yogyakarta, anda bisa datang ke Taman Ramadanu dan Dewari Park. Yang satu merupakan taman bunga celocia yang berwarna-warni dengan kincir angin ala Belanda, sedangkan Dewari Park merupakan taman bunga matahari-nya Magelang. Siapa yang tidak mau ke spot wisata menarik dekat borobudur yang hits ini?

Lokasi Taman Ramadanu: Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 10.000

Maps>> https://g.page/tamanramadanu?share

Lokasi Dewari Park: Kradenan Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp 5.000

Maps>> https://goo.gl/maps/HC5VTk9oTTjhAnyH7

Punthuk Kendhil

photo by @fasiholrd

Yang namanya Punthuk berarti puncak. Satu lagi wisata puncak terkeren di sekitar Borobudur yaitu Punthuk Kendhil. Wisata di Borobudur Magelang ini beda dari yang lain karena menyajikan pemandangan empat gunung di Jawa Tengah. Eksotis sekali saat anda bisa melihat Gunung Merapi, Lawu, Merbabu, dan Sindoro ketika sunrise. Selain itu pemandangan hijau sawah dan hutan warga yang terbentang luas membuat mata seolah terkena sihir hebat.

Lokasi: Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 3.000

Maps>> https://goo.gl/maps/oRCTxJkn1joTLjLJ7

Junkyard AutoPark

wisata sekitar borobudur

photo by wisatakaka

Jarang sekali ada tempat wisata berupa rongsokan mobil dan motor. Hanya di Junkyard Autopark & Cafe anda bisa melihat rongsokan mobil dan motor disulap jadi tempat wisata sekitar candi Borobudur. Instagenic banget dan sangat nyaman ditambah adanya camilan serta minuman di cafenya. Anda bisa melihat motor tua dan mobil yang dijadikan spot foto menarik.

Lokasi: Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 15.000

Maps>> https://goo.gl/maps/W8JZiRBveTyCEA777

Punthuk Mongkrong

photo by @habib_farindra

Selain dari Punthuk Setumbu, ada tempat wisata dekat borobudur jogja yang terbilang baru dan masih jarang dieksplor orang. Namun anda tak perlu khawatir karena sejatinya tempat ini sangatlah menarik. Panorama cantiknya beralaskan sawah-sawah hijau dan kabut tebal ketika sunrise. 11-12 dengan kawasan Mangunan Jogja. Disini anda juga akan melihat Gunung Merbabu, gunung Merapi, dan bahkan Candi Borobudur sendiri ketika hari sedang cerah. Waktu terbaik kemari adalah ketika sunrise dan sunset.

Lokasi: Desa Giritengah, kec. Borobudur, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 3.000 per orang

Maps>> https://goo.gl/maps/iexzuEvWf3tqGWk57

Gunung Andong

photo by piknik asik

Wisata di Borobudur dan sekitarnya yang tak boleh terlewatkan adalah Gunung Andong. Gunung ini hits banget dan biasa dijadikan tempat wisata bagi para pecinta petualang. Panoramanya asyik dengan ketinggian puncak sekitar 1400 mdpl. Momen terbaik saat kemari adalah sunset. Namun jika anda ingin camping, maka Gunung Andong tempat yang tepat.

Lokasi: Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp 4.000 per orang

Maps>> https://goo.gl/maps/67k2qftszmFuFneVA

 

Balkondes Ngadiharjo

photo by @atika_muth

Apa itu Balkondes? Balkondes adalah Balai Perekonomian Desa, sebuah program pemerintah untuk membantu meningkatkan pariwisata setempat. Balkondes Ngadiharjo adalah salah satunya. Terdapat di Magelang, kini balkondes ini jadi tempat wisata baru dekat Borobudur. Disini anda dapat menikmati bentang alam Gunung Menoreh dengan ragam spot foto keren dan bangunan yang tampak seperti berada di luar negeri. Menikmatinya dengan bersepeda? Boleh juga. Tapi jangan lupa untuk beli panganan aneh bernama jet coolet, dan kerajinan dari bambu yang berseni tinggi.

Lokasi: Unnamed Road, Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Maps>> https://goo.gl/maps/1B9JYJ2Nka6VpUfR7

Balkondes Majaksingi

Berikutnya ada Balkondes Majaksingi yang berada di Desa Wisata Majaksingi, 3 km jauhnya dari kompleks Candi Borobudur. Nuansa khas pedesaan yang alami menjadi tema utama wisata ini. Tempat wisata ini cocok untuk liburan keluarga karena bisa melihat lahan pertanian warga yang diisini oleh ketela, padi, mahoni, cengkih, jahe, albasia, kapulaga, dan jati. Selain itu ekosistemnya yang masih alami menjadikan Majaksingi tempat bernaung monyet ekor panjang. Anda mau menginap di tempat ini? Bisa.

Lokasi: Jalan Badrawati No.184, Tuksongo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Maps>> https://goo.gl/maps/LVr8KAMnYnAnTUyM6

Curug Silawe

photo by visit magelang

Jika tadi ada Air Terjun Kedung Kayang yang mempesona, kali ini ada lagi temannya yang tak kalah cantik. Namanya Air Terjun Silawe atau Curug Silawe. Wisata alam sekitar candi borobudur ini terletak tepat di lereng Gunung Sumbing tak jauh dari Ketep Pass dan Kedung Kayang. Curug Silawe pemandangannya masih sangat asri dan sedikit tersembunyi.

Lokasi: Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kab. Magelang.

Tiket masuk: Rp 5.000 per orang

Maps>> https://goo.gl/maps/nff7FHmzJa37qGxd9

Omah Pring

wisata sekitar borobudur

photo by nyero.id

Ada sebuah tempat wisata di kecamatan Borobudur yang cukup unik dan aneh yaitu Omah Pring. Sesuai dengan namanya yang berarti Rumah Bambu, semua bangunan disini dibuat dari bambu. Dahulu Omah Pring merupakan rest area dan tempat membatik. Berjalannya waktu, kini tempat ini jadi destinasi wisata dimana anda bisa belajar membatik, mencoba kegiatan outdoor, melakukan river tube, dan berselfie di jembatan cinta.

Lokasi: Jl. Borobudur-Sendangsono KM. 3, Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 5.000

Maps>> https://goo.gl/maps/9Bn2xLfhRSBBtgDRA

Sendang Maren

photo by tripcanvas

Jika Pemandian Candi Umbul merupakan pemandian air panas, Sendang Maren adalah kolam dengan air pegunungan yang sangat sejuk. Terletak di Desa Sawangan, Sendang Maren adalah kolam dengan dasar pasir dan kerikil yang akan terlihat jelas. Kedalaman sekitar 3 meter, jadi hati-hati untuk yang tidak bisa berenang. Viewnya sangat menjanjikan dengan pohon-pohon besar seolah anda sedang mandi di tengah hutan. Mungkin akan mengingatkan anda pada Umbul Ponggok.

Lokasi: Butuh Kulon, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481

Tiket masuk: gratis

Maps>> https://goo.gl/maps/wBafGv6MBAuJYhrVA

Wanaprastha

Tempat ini masih belum begitu terkenal, meskipun sebenarnya kecantikannya tiada dua. Wanaprastha merupakan sebuah gardu pandang lengkap dengan cafe kopi yang letaknya tidak jauh dari base camp pendakian Gunung Andong. Uniknya gardu pandang ini terbuat dari bambu. Dari atas pelatarannya anda bisa melihat sawah warga menghijau dan Gunung Andong serta Gunung Merbabu yang mengintip di sebaliknya.

Lokasi: Dusun Srigading, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp 5.000

Maps>> https://goo.gl/maps/hSsZjmmGZeXakU1TA

Kali Progo

wisata sekitar borobudur

photo by usemayjourney-wordpress.com

Buat anda yang suka dengan arung jeram maka wajib ke Kali Progo. Di Kalo Progo ini anda bisa merasakan serunya bermain arung jeram. Cocok juga untuk para pemula. Keamanan sangat terjamin karena peralatan lengkap dan ada pemandunya bagi yang mau. Peserta yang tidak bisa berenang pun tetap bisa ikut dengan syarat umur diatas 15 tahun. Itu berlaku untuk spot Kali Progo atas dan Progo hulu. Namun untuk Progo bawah, tantangannya cukup ekstrim dan mendebarkan. Hanya diperuntukkan pecinta arung jeram handal.

Banyak juga kan objek wisata di Borobudur dan sekitarnya yang bisa dikunjungi? Sepertinya tidak cukup dijelajahi satu hari ya? Namun obyek wisata manapun yang mau anda pilih, jangan lupa sewa mobil Jogja nya di Pamitran Rental Motor Jogja saja. Tidak hanya Borobudur dan Magelang yang bisa dieksplor tentu sekalian Yogyakarta dan wisata di sekitarnya.

Selain sewa mobil, kami juga melayani sewa motor Jogja dengan harga yang lebih terjangkau. Cocok untuk yang mau touring bersama kawan. Untuk lebih mudahnya kami sarankan mengambil paket wisata Jogja. Selain Jogja sebagai destinasinya ada kota-kota lain yang bisa anda kunjungi dengan paket tour ini. Contohnya saja paket wisata Borobudur dimana anda bisa eksplor wisata di sekitaran Magelang. Untuk soal harga tentu murah. Fasilitas? Tidak murahan. Segera hubungi Pamitran Rental Motor Jogja untuk penawaran terbaik yang bisa anda dapatkan.