Liburan Seru ke Jogja? Wisata Sekitar Merapi Aja Yuk!

Siapa yang tidak tahu gunung paling aktif seantero Jogja, Gunung Merapi. Gunung ini bahkan memiliki ceritanya sendiri. Selain erupsi yang jika terjadi sangat merusak, ternyata di balik semua itu, ada banyak wisata sekitar Merapi lho. Wisata di dekat Merapi yang baru bahkan terkesan anti mainstream. Sebut saja wisata yang dekat merapi seperti The Lost World Castle, Rumah Hobbit, The World Landmark, dan masih banyak lagi.

Kamu mau liburan seru dan unik di Jogjakarta? Nggak usah bingung. Tinggal datang saja ke lereng gunung ini dan kunjungi wisata di sekitar Merapi sebagai berikut.

Baca juga: Tujuan Wisata Alam di Jogja yang Keren

 10 Wisata Dekat Merapi Jogja yang Populer

Batu Alien Cangkringan

Namanya aneh banget kan? Batu alien, bukan berarti sebuah batu yang dari luar angkasa ya, melainkan sebongkah batu besar hasil dari erupsi Gunung Merapi yang berbentuk mirip wajah aneh alien. Daya tarik wisata dekat merapi lava tour ini tentunya nggak hanya si batu tapi juga view gunung yang jika cerah bisa dilihat dari tempat ini.

Bunker Kaliadem

Bunker ini menjadi saksi keganasan erupsi Merapi yang mengerikan. Wisatawan Merapi yang tidak siap saat itu berusaha menyelamatkan diri dengan masuk ke dalam bunker, namun sayangnya bunker terkena luapan lahar dingin dan awan panas yang membuat orang di dalamnya tidak selamat. Jika kamu ke tempat wisata dekat lava tour merapi ini kamu akan diajak masuk ke dalam bunker sambil mendengar cerita tour guide.

Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku, adalah sisa sebuah rumah seorang warga yang sengaja tidak diperbaiki dan dibiarkan agar wisatawan dapat melihat ngerinya letusan Merapi saat itu. Adapun perabot rumah tangga yang tersisa namun terkena dampak awan panas juga disimpan rapi seperti jam dinding yang menunjukkan waktu terjadinya erupsi, perabot rumah, alat-alat dapur, bahkan tulang belulang ternak warga.

The Lost World Castle

Kalau yang satu ini pasti kamu nggak akan sabar mengunjunginya. Objek wisata dekat merapi yang baru The Lost World Castle yang bentuknya seperti benteng Takeshi ini anti mainstream banget. Di bangun di atas tanah sebuah desa yang hilang setelah erupsi Merapi, The Lost World Castle sekarang sudah dilengkapi spot foto yang sangat banyak dan ikonik.

the lost world castlr jogja

Photo by @jogjaheppy

Rumah Hobbit

Bergeser tak jauh dari The Lost World Castle, ada Rumah Hobbit. Kamu tinggal jalan kaki menyeberang dari pintu masuk The Lost World Castle, kemudian naik setelah dari parkiran mobil dan kamu akan sudah menemukan wisata dekat gunung merapi yang satu ini. Rumah hobbit siap menyambutmu dengan pekarangan rumput khas setting film The Hobbit dan tentunya rumah hobbit itu sendiri.

Stonehenge Cangkringan

Tempat wisata dekat merapi berikutnya adalah Stonehenge. Lho kok ada Stonehenge? Bukan Jogja namanya kalau tidak unik. Stonehenge Cangkringan ini bukan asli melainkan buatan tangan warga setempat yang bekerja sebagai pekerja batu dan membuatnya semirip mungkin dengan aslinya. Kesini kamu akan takjub melihat karya mereka.

merapi jeep jogja

Bukit Klangon

Bukit Klangon adalah salah satu spot terbaik untuk memotret Gunung Merapi yang megah ketika hari sedang cerah-cerahnya. Pemandangan lereng Merapi dan puncak yang sempurna bisa terbayang seketika. Bahkan tempat wisata alam sekitar Merapi ini adalah spot terdekat dari Gunung Merapi.

wisata sekitar merapi

Bukit Klangon photo by @ayodolan

Taman Kaliurang

Nah, jauh sebelum kawasan Merapi lainnya terkenal, Kaliurang adalah sebuah area yang selalu dikunjungi wisatawan ketika liburan. Tempat wisata yang dekat Merapi, Taman Kaliurang memang didesain sebagai taman bermain anak. Namun orang dewasa bisa menikmati jajanan khas seperti jagung bakar, jadah tempe, ronde, dan sate kelinci.

Air Terjun Tlogo Muncar

Tak jauh dari taman bermain Kaliurang, ada air terjun yang menarik mata. Lokasinya ada di sentra belanja Tlogo Putri. Air terjun Tlogo Muncar ini cukup tinggi dan berada di balik pasar Tlogo Putri yang menjajakan suvenir dan warung-warung makan.

wisata sekitar merapi

Air Terjun Tlogo Muncar photo by @jan.nugroho

  • Lokasi: Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
  • Harga tiket masuk:Rp 3.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/t4otheS6xWhV56om8

Goa Jepang Kaliurang

Nggak nyangka kan kalau di Kaliurang ini ternyata ada goa jepangnya? Lebih nggak menyangka lagi kalau ternyata menurut ahli keseluruhan goa berjumlah 25, dan tersembunyi di perbukitan Kaliurang. Goa Jepang ini bahkan dijaga dan untuk bisa memasukinya kamu harus ditemani tour guide karena satu pintu masuk berkesinambungan dengan pintu masuk lain yang belum diketahui ujungnya. Untuk kesini pun kamu perlu berusaha menaiki bukit.

  • Lokasi: Jalan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
  • Harga tiket masuk:Rp 2.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/15zTruwqqGT8ZKNXA

Wisata Sekitar Lereng Merapi Favorit Wisatawan

Gardu Pandang Bukit Turgo

Berada tak jauh dari taman lampion, ada tempat wisata sekitar merapi bernama Gardu Pandang Bukit Turgo. Dari gardu pandang ini kamu dapat melihat perbukitan, Gunung Merapi nan jauh disana, dan alam yang indah di sekitar lereng Merapi. Di malam tahun baru, tempat ini akan berubah menjadi Festival of Light, festival taman lampion yang temanya berubah tiap tahun.

Taman Kalikuning

Area Kalikuning tadinya tidak terlalu terekspos oleh wisatawan. Namun sejak erupsi Merapi dan adanya kegiatan Merapi Lava Tour, Kalikuning jadi wisata di sekitar merapi. Ada taman dan juga lembah yang tadinya dialiri sungai. Sampai saat ini masih ada air sungai segar meski hanya sedikit.

wisata sekitar merapi

Kalikuning photo by @exzhadavin

Museum Gunung Merapi

Jika ingin tahu banyak mengenai Gunung Merapi dan letusannya, kamu bisa mengunjungi Museum Gunung Merapi. Museum ini menyimpan jenis batuan dan pasir yang dikeluarkan dari perut Merapi langsung. Ada pengetahuan mengenai bagaimana terhindar dari bencana gempa dan letusan gunung berapi juga yang pastinya sangat penting karena kamu tinggal di Indonesia yang merupakan wilayah Ring of Fire. Kamu pun bisa nonton film dokumenter letusan Merapi 2010 di wisata dekat landmark merapi ini.

The World Landmarks

Sekarang kita ke wisata dekat museum merapi yaitu The World Landmarks. Kamu pasti sudah pernah mendengar namanya. Disini kamu bisa selfie dengan miniatur landmark top dunia seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, dan masih banyak lagi yang baru. The World Landmarks kini sedang jadi primadona spot instagramable di Jogja.

the world landmark merapi park

Photo by @chandraant

Rumah Budaya Omah Petroek

Tak banyak yang tahu ada rumah seni dan budaya di Kaliurang karena tempatnya memang cukup tersembunyi, berada di sekitar rumah warga. Tapi bukan berarti wisata sekitar gunung merapi ini nggak bagus. Namanya Omah Petruk, sering dijadikan gelanggang pementasan seni Jogja. Jika beruntung, kamu bisa melihat kesenian asli jogja yang sedang digelar disini. Namun jika tidak, kamu tetap bisa berpuas ria berfoto bersama jajaran patung-patung hasil seniman patung Jogja yang sangat menakjubkan atau juga menginap disini bersama rombongan.

wisata sekitar merapi

Omah Petruk photo by @bernadetaeliyana

Museum Ullen Sentalu

Kalau kamu cari museum yang unik di Jogja, jawabannya Museum Ullen Sentalu. Letaknya saja di Kaliurang bukan di tengah kota. Museum ini menyimpan seni, sejarah, dan kenangan kejayaan Keraton Yogyakarta dan Mataram. Arsitektur bangunan museum nggak kalah menarik dari koleksi yang disimpan di dalamnya.

museum ullen sentalu jogja

photo by @naomisunggono

Desa Wisata Ledok Sambi

Buat kamu yang mau mengadakan outbound, ada desa wisata Ledok Sambi dimana kamu akan bisa belajar dan melihat kearifan lokal serta seru-seruan bermain wahana outbound. Tapi paling seru sih camping bareng.

desa wisata di jogja

photo by jogjaday.com

  • Lokasi: Jl. Kaliurang KM. 19.2, Dusun Sambi, Desa Pakembinangun, Kec. Pakem, Purwodadi, Pakembinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
  • Maps: https://goo.gl/maps/6G2WYzKYcXS2

Baca juga: Desa Wisata di Jogja yang Asyik

Omah Salak

Nah kalau yang ini wisata buat kamu penyuka makanan. Lereng Merapi terkenal dengan penghasil salak pondoh. Omah Salak ini tempat dimana kamu mendapat pengetahuan tentang dunia salak, memetik sendiri salak dari pohonnya, dan melihat makanan yang bisa dibuat dari buah salak pondoh. Asyik kan?

  • Lokasi: Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng Turi Sleman, Jl. Pojok, Pojok, Wono Kerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551
  • Harga tiket masuk: Rp 50.000 – Rp 90.000 (tergantung paket wisatanya)
  • Maps>> https://goo.gl/maps/RRK8SGYgBVRHLvg86

Jadah Tempe Lereng Merapi

Tapi yang nggak boleh ketinggalan sih cicip-cicip jadah tempe. Selain salak, lereng Merapi terkenal dengan jadah tempe. Kamu harus coba jajanan tradisional yang masih beken sampai sekarang di Jogja. Ada banyak tempat yang menjajakan jadah tempe. Cari saja.

Kopi Merapi/Kopi Klothok

Terakhir adalah buat para pecinta kopi. Tahu dong ya, karena terletak di hawa dingin, maka kopi adalah salah satu komoditas yang menguntungkan disini. Kopi Merapi terkenal lezat lho. Kentalnya beda dengan jenis kopi lain di Indonesia. Rasakan juga sensasi minum kopi klothok. Dan coba tebak apa yang paling menarik? Harganya murah!

wisata sekitar merapi

Kopi Merapi photo by @billqisthi

Itu dia beberapa obyek wisata sekitar Merapi yang kamu wajib tahu. Untuk bisa menikmati itu akan sangat enak kalau kamu sekalian ambil paket Merapi Lava Tour. Tapi kalau kamu lebih tertarik ingin mengunjungi tempat tadi lebih bebas disarankan sewa mobil Jogja aja. Di Pamitran Rental Motor Jogja ya. Bagi kamu yang lebih suka motor-motoran juga bisa sewa motor Jogja-nya disini. Menariknya lagi kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa pesan wisata Merapi Lava Tour dari tempat kami dan sekalian ambil paket tour murah Jogja menarik lainnya. Pokoknya dijamin kamu puas banget. Hubungi kami segera ya!