15 Wisata Seni di Jogja yang Njogja Banget dan Paling Dicari Wisatawan!

Ke Jogja tanpa melihat wisata seni di Jogja tentunya sayang sekali. Kota ini memang pusatnya seni dan budaya sejak dahulu kala. Seninya sering dijadikan tolok ukur kehebatan Indonesia. Maka tak heran jika Jogja jadi rumah bagi ratusan seniman lukis, tari, musik, dan lain-lain. Jika anda memiliki waktu luang dan tak keberatan menyaksikan wisata seni dan budaya di Jogja, maka tak ada salahnya datang ke tempat wisata seni di Jogja berikut ini.

Kesenian adat Jogja cukup beragam. Anda dapat menemukan galeri lukis, galeri seni yang memajang patung, gerabah, dan kerajinan lainnya, serta pertunjukan seni mulai dari teater, wayang, sendratari, dan lain sebagainya. Bagi anda pecinta seni tentu wisata kesenian Jogja ini tak boleh dilewatkan begitu saja.

Rekomendasi: Daftar Wisata Budaya Jogja yang Khas Banget dan Tak Boleh Dilewatkan

Ragam Wisata Kesenian di Jogja Paling Recommended

Sendratari Ramayana

Candi Prambanan adalah salah satu wisata di Yogyakarta yang namanya sudah tersohor ke seluruh dunia. Termasuk Sendratari Ramayana. Jika anda tak mau kalah dengan wisatawan manca yang mewajibkan diri datang ke pertunjukan kesenian Yogyakarta satu ini, maka jangan lupa untuk selalu cek jadwalnya dan saksikan seni tari Jogja termegah yang pernah ada. Dengan berlatar Candi Prambanan, seni pertunjukan jogja dan tari Ramayana Ballet pasti akan membuat anda terkesima.

Wayang Keraton

wisata seni di jogja

photo by tribunnews.com

Tak perlu sangsi, Keraton Yogyakarta merupakan wisata budaya di Jogja. Setiap hari, Keraton punya jadwal pertunjukan seni yang memang dibuka untuk umum. Jadi anda bisa menonton. Seperti misalnya seni wayang Jogja. Ada 3 kesenian wayang Yogyakarta yang ditampilkan yaitu Wayang Orang, Wayang Golek, dan Wayang Kulit. Jadwalnya adalah:

Wayang Orang à Minggu, pukul 09.30 WIB

Wayang Kulit à Sabtu, pukul 09.30 WIB

Wayang Golek Menak à Rabu, pukul 10.00 WIB

Tari Klasik Keraton

photo by my magz

Tidak hanya Prambanan yang menyelenggarakan seni tari. Tari kesenian khas Jogja bisa diadakan di tempat-tempat lain seperti Tembi Rumah Budaya, Taman Budaya Yogyakarta, dan salah satu yang rutin digelar adalah di Keraton. Nah, tari tradisional yang jadi pertunjukan kesenian keraton yogyakarta ini ternyata jenis tariannya bervariasi. Berbeda-beda tiap minggunya ditampilkan. Jadi pastikan anda cek jadwalnya lebih lagi. Namun tari klasik Keraton ini diadakan tiap hari Kamis pukul 10.00 WIB.

Gamelan Keraton

Mau lihat seni tradisional Jogja yang juga sudah terkenal ke seluruh dunia yaitu gamelan? Anda bisa datang ke Keraton Yogyakarta tiap hari Senin dan Selasa pukul 10.00 WIB. Disini anda akan mendengarkan dan melihat sendiri bagaimana para pemain musik dan sinden bernyanyi dan memadu harmoni. Jangan salahkan jika anda seperti tersihir. Tapi kesenian gamelan Yogyakarta tak hanya bisa dilihat di Keraton. Ada pun festival gamelan seperti Yogyakarta Gamelan Festival yang diselenggarakan rutin tiap tahunnya.

Musik Jazz Mben Senen

Namanya unik bukan? Ya, buat para penggemar musik jazz selain Prambanan Jazz yang hanya diadakan setahun sekali di Prambanan, anda bisa menggapai kerinduan akan kesenian musik Jogja di Bentang Budaya. Tempat ini sebenarnya adalah galeri seni. Namun tiap hari Senin akan mengadakan pertunjukan Musik Jazz Mben Senen. Lihat sendiri aksi seniman musik lokal Jogja yang nggak kalah dengan seniman lain. Meski tempatnya kecil tapi anda bebas kesini alias tak perlu bayar tiket.

Papermoon Puppet Show

wisata seni di jogja

papermoon puppet

Kesenian khas Yogyakarta selanjutnya terutama yang sudah sangat jarang sekali ada di Indonesia adalah teater boneka. Anda bisa melihat pementasan seni yang jalan ceritanya asyik dan menarik di Papermoon Puppet Theatre. Kesenian ini bahkan pernah masuk dalam film AADC 2. Tak hanya menampilkan performance, grup Papermoon Puppet bahkan sering membuat workshop agar lebih menarik.

Seni Lukis Museum Affandi

photo by @diarychintya88_h

Bagi anda yang suka dengan seni lukis, bisa mengunjungi Museum Affandi. Siapa yagn tidak mengenal maestro lukis Indonesia ini? Namanya bahkan berkibar di dunia internasional. Anda bisa melihat seluruh karya kesenian yogya ini di museumnya yaitu Museum Affandi. Jangan ngaku pecinta seni lukis Jogja kalau belum kemari.

Jogja Gallery

Untuk yang pasti-pasti datang saja ke galeri atau art space. Jogjakarta punya banyak art space saat ini mulai dari yang besar hingga kecil. Salah satu yang cukup terkenal adalah Jogja Gallery, merupakan sebuah galeri seni visual yang diresmikan Sri Sultan Hamengku Buwono X. Anda bisa menikmati seni rupa, lukisan, dan juga pemutaran film.

Jogja National Museum

photo by genpi.co

Bagi yang suka dengan seni kontemporer ada galeri seni di Jogja yang berdiri di bekas kampus Akademi Seni Rupa Indonesia. Jogja National Museum, begitulah namanya adalah tempat bagi puluhan pajangan lukisan, patung, dan seni kriya. Jika anda penasaran dengan karya seniman muda Jogja maka tak ada salahnya kemari.

FKY (Festival Kesenian Yogyakarta)

festival tahunan yogyakarta

photo by hipwee.com

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu. Festival Kesenian Yogyakarta atau yang disebut FKY merupakan festival paling diminati oleh warga lokal bahkan wisatawan yang datang ke kota gudeg. Pasar kesenian Jogja ini adalah tempatnya anda mendengarkan musik, melihat pertunjukan teater, tari, dan juga melihat pajangan karya seni lukis, seni pahat, seni patung, kerajinan, bahkan beberapa makanan tradisional Jogja. Anda tentu saja bisa membeli barang-barang kesenian ini.

Lihat juga>> Festival Seru yang Ada di Jogja yang Bisa Anda Ikuti

Acara Adat di Puro Pakualaman

Puro Pakualaman boleh jadi hanyalah secuil kadipaten di dalam Kesultanan Yogyakarta. Tetapi jika anda hendak mencari seni dan budaya tradisional yang cukup asli juga bisa ditemukan disini. Karena Puro Pakualaman merupakan tempat tinggal keturunan kerajaan tak heran jika ada pementasan ada seperti kesenian jathilan yogyakarta, gerebeg, jemparingan (memanah dengan duduk), dan lain sebagainya.

Demo Membatik di Tembi Rumah Budaya

batik di jogja terkenal

photo by sooperboy

Anda tentu sudah kenal dengan batik ya? Nah, selain belanja batik, ternyata anda bisa lho mengikuti kelas kesenian dari Yogyakarta bertema batik. Di Tembi Rumah Budaya anda bisa melihat kesenian kota yogyakarta ini dan belajar membuatnya. Hasil karya anda bisa dibawa pulang lho. Yakin nggak mau coba?

Pembuatan Keris dan Perak Kotagede

wisata seni di jogja

photo by kebudayaan. kemdikbud.go.id

Seni logam Jogja juga memiliki daya tariknya sendiri. Tak hanya perak yang jadi pesona wisata di Kotagede, logam berupa tembaga, kuningan, dan lain-lain biasa dibuat kerajinan dan disajikan dengan gaya klasik. Biasanya lalu jadi hiasan rumah. Untuk anda yang ingin melihat kesenian tradisional yogyakarta berupa logam ini bisa datang ke Kotagede. Disana anda bisa melihat pembuatan perak dan bahkan memesan perhiasan perak sesuai kemauan anda. Lalu ada lagi yang cukup unik yaitu Desa Banyusumurup yang ahli dalam membuat keris. Jangan salah, keris saat ini cukup banyak peminatnya sebagai hiasan. Jika anda mau anda bisa pesan dan lihat sendiri pembuatan kerisnya di Banyusumurup, sebuah desa peninggalan kerajaan Majapahit.

Baca juga>> Kunjungi Desa Wisata Jogja Ini Untuk Kenal dengan Budaya dan Seni Asli

Sekaten

Kesenian di Yogyakarta itu tak hanya tentang tari dan musik, bahkan sampai pasar rakyat pun yang masih tetap ada di zaman sekarang juga bisa disebut perhelatan seni. Sekaten, pasar rakyat yang masih eksis hingga saat ini dan bahkan semakin diminati orang bisa jadi salah satu cara anda menilik seni budaya Jogja. Karena tak hanya pasar seni, seminggu sebelum Sekaten diadakan akan ada banyak ritual serta festival yang diadakan di Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu

Beranjak dari tengah kota, anda dapat mengunjungi Museum Ullen Sentalu sebagai alternatif melihat seni Jogja. Museum ini tentu didapuk jadi obyek wisata seni Jogja karena memajang karya seni tradisional mulai dari tari, karya lukis, sastra, batik, gamelan, dan kerajinan lainnya, yang semua itu dibuat oleh keluarga Kesultanan Keraton Yogyakarta tempo dulu. Bikin penasaran?

museum ullen sentalu jogja

photo by @nonianaprana

Sebenarnya masih ada sangat banyak agenda kesenian Jogja yang ada karena kota ini memang pusatnya budaya dan seni. Tiap bulannya selalu ada event yang bisa anda cari. Festival pun bukan sesuatu hal yang aneh disini. Bisa dibilang lumrah malahan. Terkadang beberapa diselenggarakan di Jalan Malioboro yang jadi pusat wisata.

Jika anda mau lihat festival dan pertunjukan seni khas Yogyakarta, yuk segera datang kemari. Apabila membutuhkan bantuan untuk liburan selama di Jogja ada Pamitran Rental Motor Jogja yang siap membantu anda. Bagi yang membutuhkan transportasi pribadi bisa sewa motor Jogja murah dan sewa mobil Jogja di tempat kami. Atau bagi yang ingin trip nya lebih efisien dan terencana ada paket wisata Jogja yang bisa diikuti. Pokoknya Pamitran Rental Motor Jogja siap menampung segala kebutuhan liburan anda. Kami tunggu ordernya.