15 Tempat Wisata Tersembunyi di Jogja yang Nggak Kalah Asyik

Nggak semua orang suka dengan wisata yang wajib dikunjungi di Jogja. Ada juga, kamu mungkin, yang berniat menjelajahi wisata jogja yang belum terjamah sampai ke seluk beluknya. Well, wisata tersembunyi di Jogja memang nggak bisa dibilang nggak menakjubkan. Tentunya tempat wisata di jogja yang belum terjamah ini punya pesona tersendiri. Ke-15 obyek wisata jogja yang tersembunyi ini membuktikannya ke kamu.

Daftar Lengkap Obyek Wisata Tersembunyi di Jogja

Laut Bekah

Sebagian dari kamu pasti sudah pernah ke Uluwatu Bali ya. Kali ini Jogja nggak mau kalah lho. Dengan adanya Laut Bekah yang sangat menawan, nggak perlu jauh-jauh ke Bali lagi. Tempat ini masih jarang banget dikunjungi. Berupa tebing tinggi yang menawarkan pesona laut selatan yang mempesona. Wajib banget kesini lah kalau kamu ngaku pecinta adventure.

wisata tersembunti di jogja

photo by Jalanmakanindonesia.blogspot.com16

  • Alamat: Giripurwo, Purwosari, Temon, Giripurwo, Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 7.000
  • Maps>> https://goo.gl/maps/PcP9FdjeZNR2

Bukit Pengilon

Bukit Pengilon adalah sebuah bukit yang ditumbuhi rumput hijau asri dan alami. Belum banyak yang tahu tempat ini, jadi cocok sekali buat kamu yang ingin selfie sampai memory card penuh. Bukan hanya pemandangan bukit, laut lepas di bawah sana juga bisa kamu abadikan di wisata alam tersembunyi jogja ini. Pantai Pengilon juga wajib dikunjungi lho.

>> Baca juga: Wisata Pegunungan dan Perbukitan di Jogja yang Indah

  • Alamat Bukit Pengilon: Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 / orang
  • Maps>> https://goo.gl/maps/7UbBKfVbJ2E2

Tanjung Kesirat

Sementara itu Tanjung Kesirat Jogja memiliki keunikan yang lain yaitu menikmati lepas pantai dari atas tebing batu karang. Sunset disini sangat indah, dan kamu bisa menikmati lautan biru luas serta ombak yang bermain. Spot ini juga tempat memancing terbaik di Jogja. Ketika musim migrasi tiba, kabarnya hiu tutul dan bahkan lumba-lumba sering terlihat di pantai ini. Tertarik?

Bukit Kosakora

Puncak Kosakora adalah sebuah bukit yang terdapat di atas sebuah pantai bernama Kesirat. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Drini. Disini kamu bisa melihat pemandangan laut lepas dari atas bukit. Beberapa orang memanfaatkan momen camping untuk berburu sunrise dan sunset. Mungkin ini juga bisa jadi ide bagus agar liburanmu anti mainstream.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @pantai.jogja

  • Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
  • Harga tiket masuk: Rp 10.000 / orang (retribusi)
  • Maps>> https://goo.gl/maps/7SJYoCCs1812

 

Baca juga: Deretan Wisata Pantai Tersembunyi di Jogja

Danau Semin / Telaga Biru Semin

Jogja ini ada-ada saja. Bekas tambang yang digenangi air selama bertahun-tahun jadi tempat wisata. Telaga Biru Semin  atau Danau Semin merupakan tempat wisata baru yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Kalau kamu tahu seperti apa penampakan Danau Kelimutu, ya kira-kira seperti itulah penampakan Telaga Biru Semin, wisata jogja yang masih tersembunyi ini.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @piknikgunungkidul

  • Alamat: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: gratis. Hanya bayar parkir.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/B3NJfkve45m

Watu Giring

Wisata Jogja yg masih tersembunyi berikutnya memang bukan buatan alam. Melainkan buatan manusia yang justru membuatnya unik. Watu Giring adalah bekas tambang batu hitam yang sekarang justru berbentuk tangga berundak. Malah membuatnya seolah peninggalan suku dari peradaban yang sangat tua. Nggak percaya? Lihat saja sendiri. Tempat ini juga sering dijadikan spot photoshoot kok.

Baca juga: Wisata Tebing Breksi, Bekas Tambang yang Jadi Naungan Pecinta Fotografi

wisata tersembunyi di jogja

photo by @dopiknikjogja

  • Alamat: Villa Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: gratis. Hanya bayar parkir.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/uF3WUigEikF2

Puncak Suroloyo

Kamu harus datang ke Puncak Suroloyo. Tempat ini seolah pintu gerbang tersembunyi menuju pemandangan wisata alam Jogja yang belum terjamah. Puncak Suroloyo adalah salah satu wisata gunung di Jogja anti-mainstream. Dengan menaiki puluhan anak tangga, kamu sudah mencapai puncak tertinggi perbukitan Menoreh Kulon Progo. Lihatlah kabut yang bermain-main dan sunrise yang mengawali hari, dan ketika terang kamu bisa melihat alam Jogja yang kaya terbentang dengan lugunya. Main-main juga ya ke wisata Kulon Progo terdekat lainnya.

Destinasi Wisata yang Jarang Dikunjungi di Jogja

Waduk Sermo

Wisatawan sering ke Kalibiru dan Pule Payung, tapi nggak pernah ke Waduk Sermo, hanya melihatnya dari kejauhan di Kalibiru saja. Kamu, mau mampir sekalian ke Waduk Sermo nggak? Di waduk yang cukup luas ini kamu bisa berfoto di tengah waduk dengan menggunakan sampan. Dengan sampan ini kamu dapat mengeksplor waduk dan datang ke spot selfinya.

  • Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 2.000 / orang
  • Maps>> https://goo.gl/maps/paykigkt9bt

Bukit Paralayang Watu Gupit

Memang masih banyak objek wisata tersembunyi di Jogja, seperti misalnya Bukit Parang Endog. Bukit ini adalah tempat untuk mencoba sport paragliding, atau sekedar memanjakan mata dengan sunset nan cantik. Lokasinya ada di atas Pantai Parangtritis.

Baca juga: Jajaran Pantai Pasir Hitam di Bantul Jogja

Goa Kalisuci

Namanya juga goa, pasti cukup tersembunyi dong ya. Tapi Goa Kalisuci memang tempat wisata jarang dikunjungi di Jogja. Padahal keindahannya nggak kalah sama Goa Pindul. Kalau kamu pas ke Gunung Kidul dan ingin coba cave tubing dengan suasana private, Kalisuci juaranya. Disini terdapat lebih banyak spot goa dan air terjun. Wisatawan manca lebih suka kesini.

Baca juga: Goa-Goa di Jogja yang Asyik Buat Adventure

wisata tersembunyi di jogja

photo by @visitmalangadventure

  • Alamat: Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Pacarejo, Kab. Gunung Kidul, DIY
  • Harga tiket masuk: Rp 70.000 / orang, jika satu rombongan diisi 5 orang.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/kWbBXZGojcJ2

Air Terjun Kedung Kandang

Namanya unik ya, Kedung Kandang. Letaknya juga unik, karena air terjun ini berada di tengah sawah. Wisata alam di Jogja yang jarang dikunjungi ini dekat dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Jadi jika kamu mengagendakan ke gunung purba dan embung nglanggeran, mampir dulu ke Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun berlevel ini unik dengan batuan hitamnya dan kolam alami.

Rekomendasi lain: Air Terjun di Jogja Terindah dan Teristimewa

wisata air terjun di jogja

photo by @infojogja.co

Pabrik Gula Madukismo

Nah kalau yang satu ini mungkin asing banget di telingamu. Pabrik Gula Madukismo adalah pabrik gula yang masih beroperasi. Sering juga dibuat syuting loh. Keistimewaannya adalah, jika kamu datang pada bulan giling yaitu Mei-September, ada tur wisata gula yang bisa kamu ikuti. Kamu akan melihat kereta-kereta tua yang masih bisa digunakan dan alat produksi pembuatan gula. Nggak hanya itu, kamu bisa mengikuti upacara Cembengan. Apa itu? Dapatkan jawabannya pas kamu kemari.

  • Alamat: Tromol Pos 49, Jl. Padokan, Rogocolo, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, DIY
  • Harga tiket masuk: Rp 7.000 (untuk tour gula)
  • Maps>> https://goo.gl/maps/V6EtE4j6s7K2

Hutan Mangrove

Kali ini ada hutan mangrove yang berada di kabupaten Kulon Progo. Hutan mangrove ini adalah wisata jogja yg tersembunyi dari keramaian, berada di pinggir pantai yang eksotis dan private. Cobalah kemari untuk menjelajahi hutan dengan jembatan bambu yang eksis dan spot foto, lalu mampir ke pantainya.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @travlrindonesia

  • Alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk: Rp 5.000 / orang.
  • Maps>> https://goo.gl/maps/Dme1u17MMc82

Resoinangun Garden

Kalau tadi sudah wisata alam hingga pabrik gula, sekarang beralih ke Resoinangun Garden. Ini adalah kebun bunga dimana kamu bisa berfoto dengan bunga Celosia dan bunga matahari. Spot-spot foto eksis juga sudah tersedia, mulai dari ayunan, bangku, dan tempat duduk santai, dan lain-lain.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @viskrenus

Blue Lagoon

Tempat wisata tersembunyi Jogja terakhir adalah Blue Lagoon, atau disebut juga sebagai Grojogan Tirta Budi. Kolam Blue Lagoon terbentuk secara alami, dan airnya berasal dari mata air pegunungan. Itulah kenapa jernih dan segar. Di sekitar kolam-kolamnya terdapat gazebo yang diperindah dengan taman.

wisata tersembunyi di jogja

photo by @kurang.piknik.yk

Jadi gimana? Nggak sabar ingin menjelajahi pesona tersembunyi Jogja kan ya? Jangan lupa untuk persiapkan segala sesuatu termasuk transportasinya. Jika kamu bingung mau ke tempat-tempat di atas naik apa, ada sewa mobil di Jogja dan sewa motor Jogja paling terpercaya dan nomor satu. Pamitran Rental Motor Jogja ahlinya urusan travelling. Kamu bisa sewa motor dan mobil disini. Bahkan minibus dan sewa bus besar. Juga ada paket tour termurah di Jogja buatmu. Mau jelajahi penawaran menarik lainnya? Klik di bawah ini:

Atau Hubungi kami segera untuk pemesanan transport dan paket wisata>>>