Destinasi Wisata Wajib di Jogja Dari yang Baru Hingga yang Terpopuler

Liburan adalah aktivitas yang bisa menambah semangat dikala penat melanda. Apalagi jika libur panjang tiba, anda jadi bisa bepergian ke banyak tempat dan melakukan banyak hal di waktu yang luang. Nah kalau anda mau liburan asyik datanglah ke Jogja. Ada puluhan wisata wajib di Jogja yang bisa dikunjungi. Wisata di Jogja yang harus dikunjungi ini adalah favorit turis dan wisatawan domestik.

Ada begitu banyak wisata yang wajib dikunjungi saat ke Jogja. Untuk itulah anda mungkin bisa mempersiapkan secarik kertas dan mulai memasukkan destinasi wisata wajib dikunjungi di Jogja di bawah ini ke dalam daftar anda.

Tujuan Wisata di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Malioboro

Rasanya ada yang kurang jika mengunjungi Jogjakarta tanpa ke Malioboro. Destinasi wisata Jogja yang wajib dikunjungi ini selalu ramai pengunjung tiap harinya. Apalagi ketika libur tiba, wisatawan membludak. Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan pedestrian ini adalah jalan-jalan, belanja, dan foto-foto. Dari pagi hingga malam Malioboro menyediakan beragam hiburan yang akan membuat anda tidak bosan. Cobalah untuk belanja di kawasan pedagang kaki limanya. Anda bisa cari batik, souvenir, dan aksesoris dengan harga yang termurah dan bisa ditawar.

Keraton Yogyakarta

Sama seperti Malioboro, anda akan melewatkan kesempatan langka mengunjungi bekas istana yang sekarang jadi museum dan tempat tinggal Sultan kalau anda tidak ke Keraton Yogyakarta. Keraton ini selalu jadi tempat wajib yang pertama kali akan dikunjungi wisatawan. Dijamin tidak membosankan karena di hari-hari tertentu akan ada pentas seni tradisional yang bisa anda lihat secara gratis.

wisata keraton jogja

photo by @jawatravelfactory

Taman Sari

Dekat dengan Keraton ada wisata Taman Sari Water Castle. Istana air ini juga harus dikunjungi kalau anda sudah sampai ke area Keraton. Bangunan kokoh nan klasiknya masih terawat. Dengan harga masuk yang murah anda bisa menjelajah situs istana air, terowongan, dan kampung seni Tamansari.

tamansari yogyakarta

photo by @overrated_outcast

Kotagede

Yang terkenal dari Kotagede tentu bukan hanya perak. Sekarang bahkan banyak orang yang pergi ke Kotagede untuk lihat situs wisata dan bangunan-bangunan tua yang jarang ditemukan di Indonesia. Kotagede sendiri merupakan tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi backpacker karena untuk pergi ke setiap tempat wisatanya bisa dilakukan dengan jalan kaki atau bersepeda dari satu tempat ke tempat lain dan harganya pun murah-murah.

Tugu Jogja

Masih berkutat di sekitar kota Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi Tugu Jogja. Tugu yang menjadi ikon kota ini berada di tengah jalan dan sering dijadikan spot foto. Nikmati asyiknya semilir angin malam, sambil berfoto unik di tengah hiruk pikuk kendaraan kota.

Gudeg Wijilan

Kalau yang satu ini kuliner wajibnya Jogjakarta. Anda pasti tahu gudeg adalah salah satu makanan khas Jogja yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Sayur yang rasanya sangat manis ini selalu laris kala liburan tiba. Jika anda mau cari gudeg, bisa datang ke daerah Wijilan yang memang terkenal dengan rasa gudeg yang khas.

wisata wajib di jogja

>> Selengkapnya: Kenikmatan Gudeg Jogja dan Dimana Mencarinya

Pasar Beringharjo

Meski bukan berbentuk tempat wisata melainkan pasar tradisional, Pasar Beringharjo nyatanay tetap jadi destinasi wisata wajib di kota Jogja khususnya untuk wisata belanja. Beringharjo ini surga belanja yang terletak di daerah selatan Malioboro. Tak heran jika selalu ramai. Disini anda bisa menemukan batik murah hingga batik berkualitas. Ditambah dengan asesoris unik, tas dan topi etnik, dan semua yang serba Jogjakarta.

oleh oleh jogja murah

photo by @vitarlenology

 Baca Juga: Surga Belanja di Jogja yang Bisa Puaskan Liburan Anda

Candi Prambanan

Sekarang kita beralih ke candi-candi di Yogya. Salah satu candi yang harus didatangi adalah Candi Prambanan. Keindahan candi dan ceritanya sudah mendunia. Tak heran kalau banyak turis manca yang bisa anda temui di candi Prambanan. Kawasan candi yang luas ini ternyata menyimpan candi Roro Jonggrang (candi utama), Candi Sewu, Candi Bubrah, dan Candi Lumbung.

Candi Borobudur

Meski berada di Jawa Tengah, Candi Borobudur tetap jadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dan harus dilihat ketika anda berkunjung ke Jogjakarta. Kalau tadi Prambanan adalah candi Hindu, Borobudur merupakan candi umat Buddha. Keindahannya bahkan membuatnya masuk sebagai tujuh keajaiban dunia UNESCO. Jalan-jalanlah dan nikmati rasanya mengunjungi candi Buddha terbesar sedunia.

candi borobudur jateng

photo by @yvettheworld

Museum Affandi

Jogja adalah kota pendidikan dan seni. Untuk itulah terdapat banyak museum dan rata-rata bentuk serta koleksinya unik-unik. Sebut saja Museum Affandi adalah museum lukis milik maestro lukis kenamaan. Disini anda bisa menikmati seni lukis berkualitas yang mungkin belum pernah anda lihat sebelumnya.

Museum Ullen Sentalu

Sedangkan museum Ullen Sentalu juga adalah museum seni, namun seni tradisional. Disini anda bisa melihat sejarah kerajaan Mataram Islam dan Kesultanan Yogyakarta, serta peninggalan sastra, budaya, dan seni yang berkarakter tinggi.

wisata wajib di jogja

Baca juga: Museum di Jogja Ini Unik dan Terkesan Jauh Dari Kata Membosankan

Menilik Kepopuleran Wisata Alam di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Pantai Parangtritis

Mari kita beralih ke wisata alam yang ada di Jogja. Tempat pertama yang harus anda kunjungi adalah Pantai Parangtritis. Terkenal dengan sebutan Pantai Ratu Selatan, Parangtritis merupakan destinasi yang tepat untuk anda yang berlibur bersama keluarga. Disini ada hiburan naik delman pantai, layangan pantai, dan masakan seafood khas.

>> Selengkapnya: Informasi Lengkap Wisata ke Pantai Parangtritis

Pantai Gunung Kidul

Anda tentu mau ke pantai-pantai Gunung Kidul yang berpasir putih dan kebanyakan masih alami. Pantai-pantai ini merupakan wisata di Jogja yg wajib dikunjungi. Anda jangan sampai ketinggalan kesempatan. Ada puluhan pantai cantik di kawasan ini mulai dari yang sudah terkenal di kalangan masyarakat hingga yang masih baru.

photo by @pantai.jogja

Kawasan Mangunan

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, kawasan hutan pinus dan perbukitan Mangunan. Baik hari libur maupun hari biasa selalu dikunjungi wisatawan. Ada banyak spot wisata jika anda kemari seperti Kebun Buah Mangunan, Bukit Lintang Sewu, Bukit Panguk, Seribu Batu Songgo Langit, Hutan Pinus, Puncak Becici, dan masih banyak lagi.

photo by @bantaldingin

Gumuk Pasir Barchan

Ini dia satu lagi yang cukup unik dari Jogjakarta, Gumuk Pasir Barchan. Sekarang, selain sandboarding, anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti swafoto. Disini juga sudah ada taman bunga berbentuk hati yang tentunya romantis.

wisata wajib di jogja

photo by @jogjabikinlaper

Gunung Merapi/Merapi Lava Tour

Objek wisata di Jogja yang wajib dikunjungi berikutnya adalah kawasan Merapi. Gunung Merapi ketika statusnya aman bisa anda daki lho. Tentu butuh persiapan yang matang karena medan daki Merapi tidak mudah. Jika anda tidak mau mendaki gunung disarankan ambil Jeep Merapi Lava Tour saja. Dengan menggunakan jeep anda akan diantar berpetualang ke tempat-tempat tesembunyi dan terfavorit di sekitar lereng Merapi. Anda pun tinggal pilih paket yang tersedia.

wisata wajib di jogja

photo by @jan.nugroho

Gunung Api Purba Nglanggeran

Bukan hanya Merapi gunung yang ada di Jogja. Meski tak sebesar Merapi, Gunung Api Purba ini unik dan wajib dikunjungi. Anda akan melihat sebuah pegunungan yang dulunya pernah jadi gunung aktif. Jalur pendakian tidak sulit dan hanya memakan waktu singkat sekitar 1,5 jam untuk sampai puncak. Gunung Api Purba ini terletak di desa wisata Nglanggeran. Dan wisata alam yang ditawarkan desa ini selain gunung adalah Air Terjun Kedung Kandang dan Embung Nglanggeran.

Air Terjun Kedung Pedut

Jika sudah panas-panas mendaki gunung, enaknya memang nyebur di air terjun. Kali ini ada air terjun eksotis di Kulon Progo. Wisata Jogja wajib dikunjungi, Air Terjun Kedung Pedut, merupakan salah satu air terjun dengan air terjernih yang pernah ada, dengan kolam-kolam alami, dan pemandangan yang masih sangat asri.

wisata wajib di jogja

photo by @rifkiantariksa

Goa Pindul

Cara selanjutnya untuk rilex dengan bermain air adalah mencoba cave tubing atau river tubing di Goa Pindul. Anda akan menjelejahi goa-goa yang eksotis dan bermain di aliran sungai. Selain Goa Pindul, ada Goa Kalisuci yang lebih alami dan tak kalah indahnya.

wisata wajib di jogja

Tempat Wisata Malam yang Wajib Dikunjungi di Jogja dan Anti Mainstream

Titik Nol Kilometer

Malam hari di Yogyakarta bisa jadi waktu yang sangat menyenangkan dan mengesankan. Ada beberapa tempat untuk menghabiskan malam indah di Jogja. Salah satu tempat itu disebut dengan Titik Nol Kilometer. Berada di ujung selatan Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer akan sangat indah di malam hari. Lampu-lampu yang gemerlapan, jajanan yang murah, serta hiburan musik akan mengiringi santai anda.

malioboro jogja

photo by @doniyustian_578

Angkringan

Jika anda mau cari makan murah di malam hari, angkringan di Yogyakarta sangat disarankan. Bagi anda yang dari luar kota Jogja mungkin jarang menemukan angkringan. Disini hampir disetiap sudut Jogja angkringan ada. Cobalah makan di angkringan top seperti Angkringan KR atau angkringan kopi Joss dekat Stasiun Tugu.

wisata wajib di jogja

>> Selengkapnya: Rekomendasi Angkringan Terenak di Yogyakarta

Alun-Alun Kidul

Alun Alun Kidul atau Alun-Alun Selatang adalah tempat wisata wajib di Jogjakarta untuk menghabiskan malam yang asyik dan berwisata kuliner murah. Disini anda juga bisa menemukan angkringan, jagung bakar, dan snack-snack ringan lainnya. Tentu yang harus anda coba adalah mengayuh mobil odong-odong. Ditemani gemerlapnya lampu dan musik DJ akan membuat anda seru sendiri.

wisata wajib di jogja

Bukit Bintang

Cari yang romantis-romantis di malam hari? Datang saja ke Bukit Bintang. Dari atas bukitnya yang temaram, anda bisa melihat kerlip lampu kota. Lokasi Bukit Bintang ini tidak terlalu jauh dari pusat kota kok.

Wisata Wajib Di Jogjakarta Terbaru dan Sedang Hits

Pantai Teras Kaca

Sudah pernah ke pantai teras kaca Jogja belum? Jika belum ini mungkin saat yang tepat untuk kesana. Tempat ini populer dengan jembatan kaca di pinggir tebingnya serta spot-spot lain seperti kursi raksasa dan kapal.

teras kaca jogja

photo by @adhiiwicaksonoo

The Lost World Castle

Kastil dunia yang hilang ini berlokasi di Cangkringan, lereng Merapi dengan hawa yang sejuk. Berada di sebuah desa yang hilang akibat terjangan lava panas erupsi Merapi. The Lost World Castle mirip seperti Benteng Takeshi. Sekarang sudah banyak spot foto yang bisa dicoba serta penyewaan hanbok bagi yang ingin berfoto di replika bunga sakura. Di wisata yang wajib dikunjungi di Jogja ini juga terdapat Rumah Hobbit yang baru.

the lost world castlr jogja

Photo by @jogjaheppy

The World Landmark Merapi Park

Dan, masih di kawasan Merapi, ada The World Landmark untuk anda. Di kawasan ini anda dapat berfoto bersama replika landmarks terkenal dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Patung Liberty, Pagoda, dan lain-lain. Anda wajib kemari.

the world landmark merapi park

Photo by @chandraant

Museum 3d De Mata Trick Eye

Jika anda bosan ke museum yang biasa, datanglah ke museum 3D Jogja yaitu De Mata. Di De Mata anda bisa berfoto unik dengan lukisan-lukisan 3D yang tampak nyata. Sekalian saa mengunjungi De Arca dengan tiket terusan agar anda bisa berfoto bersama patung tokoh-tokoh terkenal dunia.

de mata trick eye jogja

photo by @annecayer

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Main-main air di Jogja tidak hanya bisa ke pantai atau air terjun lho. Di Jogja sendiri sudah ada beberapa waterpark yang dapat digunakan untuk bermain air bersama keluarga. Yang jelas, main disini lebih aman terutama untuk anak-anak. Dan salah satu waterpark terbaik di Jogja adalah Jogja Bay Pirates Adventure. Dengan tema bajak laut yang unik, watepark ini sukses jadi yagn terbesar se Indonesia.

jogja bay waterpark

photo by @kemanakitaliburan

Kebun Bunga di Jogja

Apakah ada wisata yang baru saja muncul di Jogja? Tentu saja ada. Kebun bunga di Jogja merupakan tempat wisata baru di Jogja yang wajib dikunjungi. Tidak hanya taman bunga matahari saja, di Yogya ternyata sudah ada kebun bunga amarilis, taman bunga celosia, dan taman bunga krisan.

taman bunga di jogja

photo by @tamanbungasri

Kebun Teh Nglinggo

Ngadem di kawasan kebun teh yuk. Kebun Teh Nglinggo ini satu-satunya kawasan kebun teh di Jogja lho. Lokasinya di Kulon Progo. Selain jelajah kebun teh yang cukup luas, anda bisa mendaki puncak-puncak bukit, foto di spot selfie, dan mencoba wahana seru seperti Ayunan Langit.

wisata wajib di jogja

photo by @aliona.ramaneika

Pule Payung

Terakhir ada Pule Payung yang juga masih berada di Kulon Progo. Tempat ini adalah versi terbarunya Kalibiru. Di Pule Payung anda dapat dengan mudah menemukan lebih banyak spot selfie yang unik.

pule payung kulon progo

Jadi gimana? Banyak juga kan tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi? Tapi anda tak perlu khawatir kalau anda mau ke tempat wisata tersebut. Anda bisa sewa kendaraan di Pamitran Rental Motor Jogja. Sesuai dengan namanya tentu kami menyediakan jasa rental motor termurah di Jogja dan terbaik. Tapi bukan hanya motor, kami pun menyediakan sewa mobil Jogja lepas kunci maupun dengan driver. Anda tak perlu ragu menghubungi kami jika menginginkan informasi lebih lanjut. Atau jika sudah mantap ingin mengambil penawaran kami bisa menghubungi via whatsapp juga. Jangan lupa ambil paket wisata di Jogja milik kami juga ya. Selamat berlibur!